December 16, 2020

Waspada Penipuan Email Scammer Mengatasnamakan Yahoo!

By Romeltea | Published: December 16, 2020

Waspada Penipuan Email Scammer Mengatasnamakan Yahoo!


DI postingan sebelumnya saya sudah berbagi tentang Penipuan Email Scam PayPal. Kali ini saya berbagi tentang penipuan email oleh scammer mengatasnamakan Yahoo

Sang penipu alias scammer bin hacker itu, berusaha menipu Anda untuk membajak akun email Yahoo Anda.

Saya masih aktif menggunakan email Yahoo! (yang membuat saya disebut "jadul"), yaitu romeltea@yahoo.com, selain email di Google: asmromli@gmail.com.

Hari ini saya mendapat email, yang kelihatannya dari Yahoo. Isi email mengatakan, "Apakah Anda mencoba masuk? Jika demikian, gunakan kode ini untuk menyelesaikan masuk".

Email itu memiliki ikon resmi Yahoo, warna ungu. Jika kurang teliti, maka kita akan menyangka itu resmi dari Yahoo. Apalagi website dan media sosialnya juga menggunakan web dan medos resmi milik Yahoo.

Namun, pengalaman mengatakan, jika menerima email yang "aneh" atau asing, termasuk jika email dari brand (merek) terkenal seperti Yahoo, Google, atau Facebook, Twitter, dan lainnya, maka hal pertama diteliti adalah email pengirim.

Benar! Cek dulu email pengirim. Jika mengatasnamakan Yahoo, maka pastikan bahwa email Yahoo selalu diakhiri @yahoo.com

Kali ini saya menerima email dari no-reply@cc.yahoo-inc.com mirip Yahoo banget. Yang mencurigakan, kenapa ada tambagan cc dan inc. Aha...! Rek nipu aing siah!

Waspada Penipuan Email Scam Mengatasnamakan Yahoo!

Setelah yakin itu penipuan, maka saya abaikan email tersebut. Saya juga buka kembai halaman resmi bantuan Yahoo.

Disebutkan di bagian "Mengidentifikasi situs web, permintaan, dan komunikasi Yahoo yang sah", scammer --yaitu penipu online--selalu mencari cara untuk mendapatkan info pribadi dengan niat jahat. 

Ketahui cara mengenali situs web, permintaan, dan komunikasi Yahoo yang sah untuk menjaga keamanan akun Anda.

Situs web Yahoo

Jika Anda sedang membuka situs web Yahoo, URL-nya memuat “yahoo.com”. Indikasi lainnya bahwa situs tersebut aman adalah adanya ikon gembok  di bilah alamat.

Permintaan Yahoo

Kami tidak pernah meminta info pribadi, seperti kartu kredit atau kata sandi, di dalam email. Akan tetapi, kami sewaktu-waktu akan meminta Anda memperbarui info pemulihan setelah masuk. Anda juga akan menerima notifikasi yang berjudul “Informasi akun Yahoo Anda telah berubah” jika info di pengaturan akun diperbarui.

Nah itu dia soal penipuan email scam mengatasnamakan Yahoo. Scammer memang musuh bersama warganet. Harus dibasmi.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Waspada Penipuan Email Scammer Mengatasnamakan Yahoo!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *