Blogger Juga Wartawan, Medianya Blog

Follow @romel_tea
Blogger Juga Wartawan, Medianya Blog

Narablog atau blogger juga wartawan, medianya adalah blog. Itu kata Joshua Micah Marshall, seorang wartawan Amerika sekaligus blogger yang mengelola blog Talking Points Memo.

"I think of us as journalists; the medium we work in is blogging," katanya seperti dikutip Icome Mediary. Artinya: "Saya menganggap kami sebagai jurnalis; media tempat kami bekerja adalah blogging.”

Blogger juga jurnalis (wartawan), secara teknis. Medianya adalah blog. Hanya saja, blogger tidak menulis berita, tapi esai, artikel opini, atau feature (tips).

Jurnalis menuliskan apa yang mereka lihat (peristiwa). Blogger menuliskan apa yang mereka alami dan pikirkan.

Jika jurnalis mempublikasikan karyanya melalui blog, saya menyebutnya "jurnalisme blog" (blog journalism). Tapi sangat jarang wartawan yang punya blog.

Blogger dan jurnalis sama-sama content creator dan publisher. Yang membedakan adalah medianya.

  • Media blogger adalah blog yang identik degan situs pribadi (personal website). Gaya penulisannya pun informal dan conversational. 
  • Media jurnalis adalah situs berita atau media yang didirikan sebuah badan hukum lembaga pers atau perusahaan pers.

Per definisi, blogger (bloger) adalah orang yang mengelola blog. Ia menuliskan pengalaman, pemikiran, atau pengetahuan. Jenis tulisannya biasa berupa esai, artikel opini, atau feature dengan gaya informal.

Wartawan adalah orang yang melakukan aktivitas jurnalistik secara rutin. Ia bekerja di sebuah media massa resmi (berbadan hukum), mendapatkan gaji bulanan layaknya pekerja sebuah perusahaan.

Blog sebenarnya membuka peluang bagi para wartawan untuk membuat media sendiri, berbasis blog, seperti yang dilakukan Arianna Huffington dkk. yang sukses membuat blog berita Huffpost.

Jadi, apakah blogger juga wartawan? Secara teknis, ya. Namun, secara legal-formal, blogger bukan wartawan.

Blogger adalah penulis lepas yang mengelola jurnal online, juga dikenal sebagai blog. Jurnal online ini dibagikan oleh orang-orang yang memposting entri tentang berbagai topik. 

Blog biasanya sangat sering diupdate, dan posting dipelihara dalam urutan kronologis.

Blogger dapat memilih untuk menulis tentang apa saja mulai dari sastra, mode, dan gaya hidup, hingga teknologi dan masalah sosial.*


Thanks for reading Blogger Juga Wartawan, Medianya Blog | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Blogger Juga Wartawan, Medianya Blog

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.