7 Tips Menulis Artikel Bagus dengan Cepat

Follow @romel_tea
7 Tips Menulis Artikel Bagus dengan Cepat


Artikel adalah salah satu karya jurnalistik, selain berita dan feature. Karena berisi pendapat subjektif penulisnya, artikel sering juga disebut "artikel opini" atau "opini" saja.

Menulis artikel yang baik membutuhkan dua hal: konten yang baik dan teknik yang baik. Berikut ini tips menulis artikel yang bagus atau baik.

Artikel dalam postingan ini merujuk pada segala jenis tulisan non-berita, termasuk postingan di blog atau tulisan untuk website yang umumnya berbentuk esai (essay).

Saat ini siapa pun dapat menulis sesuatu, mempostingnya, dan menyebutnya sebagai artikel. Dulu, sebelum era internet, seorang penulis harus "antre" dan bersaing ketat agar tulisannya dimuat di surat kabat, tabloid, atau majalah.

Kini semua orang bisa menuliskan pemikiran, analisis, pengalaman, atau pengetahuannya tanpa harus mengirimkannya kepada sebuah media agar dipublikasikan. 

Semua orang bisa membuat blog atau website dan memiliki akun media sosial untuk publikasi tulisannya.  

Masalahnya adalah bagaimana cara menulis artikel yang baik, sehingga enak dibaca, mudah dipahami, dan banyak dibaca orang. 

Menulis Itu Komunikasi

Sebelum membahas aturan menulis yang baik, kita pahami dulu bahwa menulis itu hakikatnya komunikasi, yakni proses penyampaian pesan.

Orang menulis karena ada pesan yang mau disampaikan kepada pembaca. Pesan itu bisa berupa informasi, pemikiran, ataupun ide (gagasan).

Pesan tersebut lalu di-encoding dalam bentuk susunan kata/kalimat yang kemudian menjadi sebuah tulisan (artikel).

Untuk sampai ke pembaca, tulisan itu dimuat atau dipublikasikan di media massa. Bisa juga dimuat di sebuah blog atau website pribadi.

Agar enak dibaca, mudah dipahami, dan berdampak, diperlukan teknis menulis artikel yang baik. 

Di era internet, penulis artikel yang bisa menghasilkan konten bagus dalam waktu singkat semakin diminati. 

Namun, menulis artikel atau blogging di bawah tenggat waktu yang ketat tidak boleh mengorbankan tulisan yang bagus. 

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang penuh dengan tips hebat untuk membantu Anda menulis artikel yang bagus dalam waktu singkat.

7 Tips Menulis Artikel yang Bagus

Sebuah artikel yang baik bisa mengubah pikiran, mendapatkan pengikut, mendatangkan rasa hormat. 

Berikut ini aturan (rule) atau lebih tepatnya ide untuk menulis artikel yang bagus. Saya sadur dari Master Class.

1. Simpan daftar ide yang berguna. 

Anda tidak pernah tahu kapan "blok penulis" (writer's block)  atau hambatan penulis akan terjadi. Itulah mengapa penting untuk menyimpan daftar ide untuk artikel potensial yang dapat dikembangkan menjadi esai.

Setiap kali Anda memiliki ide, tuliskan di buku catatan atau dokumen Word di komputer Anda. Dengan begitu, ketika tiba saatnya untuk mulai menulis, Anda sudah memiliki tempat untuk memulai.

2. Hilangkan gangguan. 

Banyak orang mengaku bekerja lebih baik saat multitasking. Jarang terjadi, terutama jika tujuannya adalah untuk menulis seluruh artikel dalam waktu singkat. 

Artikel yang baik membutuhkan perhatian yang lengkap alias fokus dan tidak terbagi. Sebelum Anda mulai menulis kalimat pertama, matikan TV dan bisukan HP dan media sosial agar Anda dapat fokus hanya pada penulisan artikel.

3. Penelitian secara efisien. 

Penelitian penting untuk setiap tulisan, tetapi juga mudah jatuh ke dalam perangkap menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meneliti dan tidak cukup waktu untuk menulis draf pertama Anda. 

Jika Anda mencari fakta atau statistik untuk mendukung argumen Anda, cobalah untuk sespesifik mungkin dalam istilah pencarian Anda. 

Jika Anda tidak menemukan dukungan yang Anda cari, kesimpulannya mungkin Anda perlu menyesuaikan tesis atau materi pelajaran Anda.

Catatan: penelitian dalam konteks ini adalah mengembangkan ide, dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Baca, pahami, dan catat poin penting. Penyebab utama menulis terhambat adalah kekurangan bahan atau referensi.

4. Tetap sederhana. 

Rentang perhatian pembaca umumnya pendek, jadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai penulis adalah menjaga artikel Anda tetap langsung dan ringkas. 

Memiliki target jumlah kata maksimum akan membantu Anda tidak hanya membantu Anda menyelesaikan tulisan Anda lebih cepat, tetapi juga akan menghasilkan artikel yang disederhanakan yang berfokus pada poin-poin utama sambil menghilangkan kesalahan.

Tulisan yang baik mengacu pada prinsip KISS, Keep It Simple and Short. Sederhana dan ringkas. Pembaca tidak suka tulisan panjang lebar, meski mesin pencari justru suka "long post".

5. Coba tulis dalam poin-poin. 

Menulis dalam poin-poin dapat membantu Anda mengatur pemikiran Anda dan menyelesaikan artikel lebih cepat. 

Selain itu, artikel berpoin sering mendorong lalu lintas yang lebih tinggi, karena algoritme mesin telusur cenderung memprioritaskan artikel dengan poin berbutir dan subjudul. 

Menulis dalam poin-poin tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan artikel Anda menjangkau audiens target Anda.

6. Edit setelah menulis. 

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan penulis adalah mencoba mengedit saat mereka menulis. Tahan dorongan ini. 

Mencoba mengedit saat dalam proses penulisan dapat memperlambat Anda, meningkatkan kemungkinan Anda bahkan tidak akan berhasil melewati intro. 

Penulis yang baik tahu bahwa menulis dan mengedit adalah dua proses yang berbeda dan terpisah. 

Setelah Anda mencapai akhir, maka Anda dapat kembali dan fokus untuk menulis baris pertama yang sempurna, mempertajam paragraf pertama Anda, atau menyatukan semuanya dengan penendang yang cerdas.

Ada ungkapan, penulis yang baik adalah penulis ulang yang baik. A good writer is a good rewriter. Jangan malas editing dan proofreading. Periksa dan sunting artikel Anda aga lebih baik.

7. Setel pengatur waktu. 

Cara terbaik untuk menjadi penulis yang lebih cepat dan efisien adalah dengan berlatih menulis ke pengatur waktu. 

Atur timer selama 30 menit dan lihat seberapa banyak yang bisa Anda selesaikan. Anda akan terkejut betapa banyak yang dapat Anda hasilkan selama setengah jam penulisan yang terfokus dan tidak terputus.

Poin 7 ini opsional. Terpenting, Anda menulis dalam waktu khusus dan senggang. Banyak orang menulis dengan baik di malam hari sebelum tidur, atau di pagi hari, sebelum memulai aktivitas lain.

Itu dia 7 Tips Menulis Artikel Bagus dengan Cepat. Jangan khawatir soal gaya tulisan Anda. Natural saja. Mengalir. Anda akan menemukan gaya tulisan setelah banyak menulis. 

Dari sisi tema atau topik, Anda akan menulis artikel bagus jika topiknya Anda kuasai atau Anda pahami. Menulis tentang yang kita pahami/kuasai, akan membuat kita menulis secara "alami", natural, mengalir.

Blogging adalah cara terbaik menjadi penulis hebat. Bikin blog dan buat tulisan sebanyak mungkin. Blog adalah jurnal pribadi. Anda bebas mengisinya, selama tidak melanggar norma dan aturan yang berlaku.

Khusus untuk artikel dengan sentuhan SEO, silakan cek: Cara Menulis Artikel SEO untuk Website. Selamat menulis artikel yang bagus! Good Luck!


Thanks for reading 7 Tips Menulis Artikel Bagus dengan Cepat | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on 7 Tips Menulis Artikel Bagus dengan Cepat

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.