Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Software Akuntansi? Cek di Sini!

Follow @romel_tea
Memilih Software Akuntansi


Para pebisnis dituntut untuk terus mengikuti perkembangan teknolog agar bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat seperti sekarang. 

Untuk itu, Anda perlu menggunakan software akuntansi untuk membantu mengelola usaha agar lebih efektif dan efisien. 

Namun sebelum itu, perhatikan pertimbangan berikut ini sebelum memilih aplikasi akuntansi untuk perusahaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Akuntansi

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Hanya sekadar ikut menggunakan aplikasi akuntansi bukan jawaban yang tepat untuk bersaing di pasaran. Pasalnya hal ini bisa membuat pengaplikasian perangkat lunak tersebut lantas tidak optimal, sehingga perusahaan kurang mendapatkan manfaatnya. Namun Anda perlu menyesuaikan software yang dipilih dengan kebutuhan bisnis.

Sebab masing masing bidang usaha bisa memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu sama lain. Sehingga fitur yang akan digunakan pada accounting software pun pasti berbeda pula, misalnya antara perusahaan dagang dengan perusahaan jasa, jelas berbeda bukan ? Maka dari itu, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan bisnis.

2. Online atau Offline

Hal lainnya yang perlu anda pertimbangkan saat memilih software akuntansi yaitu apakah ingin menggunakan yang berbasis online atau offline. 

Keduanya mempunyai kelebihan tersendiri yang mana manfaatnya bisa menjadi maksimal jika disesuaikan dengan kondisi bisnis. Jadi anda juga perlu mengenali perusahaan dengan baik sebelum memilih software.

Untuk saat ini, sebagian besar perusahaan memang mengadopsi accounting software online atau yang berbasis cloud. 

Alasannya adalah karena bisa menyajikan data secara real time dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Namun bagi anda yang tidak mempunyai konektivitas internet di lokasi bisnis dan bergerak di toko ritel, mungkin akan lebih cocok dengan sistem point of sale offline.

3. Sesuaikan dengan Anggaran

Selain menyesuaikan fitur dan bentuk software dengan kebutuhan serta kondisi perusahaan, anda juga perlu menyesuaikan pilihan terhadap anggaran yang ada. Jangan sampai anda mengeluarkan dana besar untuk sebuah perangkat lunak, namun ternyata ada banyak fitur yang tidak digunakan.

Bukannya malah membantu, ini bisa membuat anggaran menjadi tidak efektif dan boros. Selain itu, saat ini anda sudah bisa menemukan vendor aplikasi accounting yang menawarkan paket perangkat lunak dengan harga yang bervariasi. Jadi, sebaiknya teliti lebih jauh terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Antarmuka untuk Pengguna

Satu lagi pertimbangan yang harus diperhatikan ketika mencari software akuntansi, yakni terkait dengan antarmuka pengguna dari perangkat lunak tersebut. Karena tidak semua pemilik bisnis mempunyai latar belakang akuntansi, sehingga tampilan yang rumit akan membuat pengoperasiannya menjadi sulit. Maka dari itu, sebaiknya software mempunyai interface yang user friendly.

Itulah beberapa pertimbangan yang sebaiknya anda perhatikan dalam memilih sebuah aplikasi akuntansi untuk kebutuhan perusahaan. 

Bukan tidak mungkin untuk menemukan yang terbaik, contohnya seperti perangkat lunak dari Soltius Indonesia. Tersedia beragam paket dengan harga menarik yang bisa anda jadikan pilihan.

Info selengkapnya: www.soltius.co.id


Thanks for reading Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Software Akuntansi? Cek di Sini! | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Software Akuntansi? Cek di Sini!

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.