Cara Membuat Website Pribadi untuk Personal Branding

Follow @romel_tea
Cara Membuat Website Pribadi untuk Personal Branding

Di era internet ini, kita harus punya "rumah maya" berupa website pribadi atau blog. Personal web ini berfungsi sebagai media atau sarana personal branding atau pembentukan citra pribadi secara online di internet).

Memiliki web pribadi memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman dan pemikiran, juga share info dan tips menarik, membangun jaringan (networking), mendapatkan teman baru, menemukan teman lama.

Orang yang memiliki media online berupa website pribadi akan mudah ditemukan dan dihubungi. Google biasanya menempatkan web pribadi di peringkat teratas, ketika pengguna internet mencari atau mengetik nama di Google Search.

Jika orang tersebut tidak punya website, maka biasanya yang ditampilkan Google adalah halaman atau akun media sosialnya, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Website berperan membentuk personal branding. Citra positif kita akan terbentuk di dunia maya dengan kehadiran media online berupa website milik kita sendiri.

Dalam konteks digital marketing, website adalah HUB atau pusat produksi dan publikasi konten marketing. Demikian pula dalam konteks pribadi. Kita bisa mempublikasikan konten yang kita buat di website, lalu dibagikan di media sosial.

Postingan atau konten yang kita buat di web pribadi, akan mencerminkan siapa kita, keahlian kita, kompetensi, dan akhirnya kita akan dikenal sebagai ahli apa atau penyuka apa.

Selain personal branding, website pribadi juga bisa menjadi media bisnis untuk jualan atau promosi online. Jika kita punya produk, buku misalnya, maka akan dengan leluasa kita promosikan di web pribadi.

Web pribadi juga bisa menjadi sumber penghasilan, menghasilkan uang, alias dimonetisasi, misalnya menjadi penayang iklan Google (AdSense) dan program afiliasi (affiliate program). Kita bisa promosikan link web kita di media sosial, grup WhatsApp, dll. 

Cara Membuat Website Pribadi

Membuat website sangat mudah. Anda bahkan tidak memerlukan keahlian coding atau pemrograman jika membuatnya di platform blog seperti Blogger, WordPress, atau Medium.

Bahkan, jika Anda membuat website dengan nama domain dan hosting sendiri, lalu membangunnya dengan WordPress, website pribadi Anda langsung jadi saat order domain hosting dibayar lunas. 

Untuk bisa otomatis webnya jadi saat doman dan hosting Anda aktif, silakan order di Niagahoster.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara membuat website yang akan saya share ini adalah tutorial membuat website dengan menggunakan CMS WordPress, platform web terpopuler di dunia. Contoh web pribadi yang dibuat dengan WP adalah romeltea.com.

Cara Membuat Website wp

Berikut ini langkah cara membuat website pribadi untuk personal branding dengan CMS WordPress.

1. Pilih nama domain

Nama domain adalah alamat website Anda. Misalnya: romelteamedia.com atau senikomunikasi.com. Anda bisa gunakan nama Anda sebagai nama domain, seperti ahmadfulan.com.

2. Order nama domain dan hosting

Setelah menentukan nama domain, saatnya order domain dan hosting.  Untuk bisa otomatis webnya jadi saat doman dan hosting Anda aktif, silakan order di Niagahoster.

3. Install WP

Jika ordernya di link tadi, langkah ini bisa dilewati karena web Anda sudah jadi.

Setelah Anda menyewa domain & hosting, Anda akan diberi akses ke CPanel. Nah, silakan buka atau login ke provider hosting Anda untuk menginstal WordPress.

- Login ke Akun Hosting Web Anda
- Cari dan klik halaman Control Panel (Cpanel)
- Klik Web Aplication (App) > Softaculous Apps Installer
- Cari dan klik icon WordPress

Cara Membuat Website dengan WordPress

Akan muncul halaman seperti di bawah ini. Silakan diisi dan klik INSTALL.

Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula


Catatan:

Cara membuat website dengan wordpress umumnya seperti di atas di webhosting mana pun. Masing-masing webhosting atau provider domain-hosting punya panduan khusus instal wp. Anda tinggal minta linknya.

4. Ganti Tema & Pasang Plugin

Setelah instalasi WP selesai, website Anda sudah jadi. Langkah berikutnya antara lain:

- Mengganti Tampilan dengan Tema WP Terbaik
Memasang Plugin
- Mengisinya dengan konten berkualitas.

Untuk mengganti tampilan, tinggal klik Tema di Dashboard WP dan pilih tema yang ada atau upload hasil download.

pasang tema wordpress
pasang tema wordpress


Setelah proses instalasi selesai, silakan untuk aktifkan template dengan menekan tombol Activate.

Demikian cara membuat website pribadi dengan CMS WordPress. Jika ingin gratisan, atau sekadar latihan dulu, Anda bisa coba blog gratis di wordpress.com.

Cara Membuat Website dengan Blogger

Selain bisa membuat website pribadi di wordpress, kita juga bisa membuat web di platform blog milik Google, yaitu Blogger.

Untuk membuat website berbasis Blogger --hosting gratis di Google Blogger, silakan buka dan ikuti panduan ini: Cara Membuat Blog di Blogger.

Itu dia tips cara membuat website pribadi untuk personal branding. Postingan, tulisan, atau isi blog akan mencerminkan kepribadian dan keahlian Anda, juga pengalaman dan potensi.Wasalam.*

Simak Video Pentingnya Website Pribadi dan Bisnis

Thanks for reading Cara Membuat Website Pribadi untuk Personal Branding | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Cara Membuat Website Pribadi untuk Personal Branding

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.