Ini Dia Tips Membangun Branding Produk

Follow @romel_tea
Ini Dia Tips Membangun Branding Produk


Saat Anda memulai bisnis, membangun merek atau branding produk merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan pertama kali. 

Dengan branding produk yang baik, maka produk Anda akan melekat di pikiran para pelanggan.

Semakin kuat kesadaran merek produk Anda ditanamkan di hati dan pikiran pelanggan, maka semakin sering pelanggan akan menemukan dan menggunakan produk Anda. 

Tips Membangun Branding Produk

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat branding produk yang baik.

1. Menganalisis Audiens dan Pesaing anda

Memasarkan produk ke target audiens yang tepat tentunya dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dan juga meningkatkan penjualan. 

Ada banyak cara untuk bisa menganalisa target audience atau pemasaran Anda, salah satunya dengan mencari tahu melalui kompetitor atau kompetitor.

Cobalah untuk menemukan pesaing yang telah melakukan bisnis serupa dengan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mencari melalui situs web atau akun media sosial mereka. Ini adalah cara yang tepat untuk menganalisis pelanggan dan menggunakannya untuk promosi dan program branding lainnya.

2. Nama Merek Menarik dan Mudah Diingat

Untuk membangun branding yang baik, jangan lupa membuat nama merek menarik dan mudah diingat. Nama merek tentunya harus mewakili produk atau jasa yang ditawarkan. Lebih baik jika nama tersebut unik dan meninggalkan kesan mendalam.

Penggunaan nama merek unik tentunya mudah menarik pelanggan, namun harus mudah diucapkan. Untuk mendapatkan nama ini, Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai nama merek yang sudah ada, namun harus dimodifikasi, diubah atau digabungkan, bahkan disesuaikan dengan karakteristik perusahaan anda sendiri.

Hindari menggunakan nama yang mirip dengan nama dari merek lain. Jika Anda kesulitan menentukan nama merek sendiri, tak ada salahnya berkonsultasi dengan konsultan merek atau digital agency yang sudah terbiasa mengelola perusahaan branding.

3. Buat Slogan

Tidak hanya nama merek yang penting dalam branding produk, tetapi juga slogan produk. Ketika nama merek Anda mencerminkan produk, maka slogan akan memberikan penjelasan lebih detail tentang produk tersebut. 

Oleh karena itu, memilih slogan yang mewakili produk sangat penting untuk Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan kata sederhana tetapi memiliki arti keseluruhan dari merek anda. Anda juga bisa membuat slogannya dalam bentuk lagu pendek yang asyik dan bisa menarik perhatian para target anda.

Dengan demikian pelanggan dapat memahami tujuan dari kehadiran produk Anda hanya dengan membaca atau mendengar slogan tersebut. Contoh brand awareness yang sukses dari slogan antara lain adalah menghubungkan orang.

4. Desain Logo Merek

Mendesain logo brand juga perlu Anda perhatikan. Dalam membuat logo, Anda bebas memasukkan kata, gambar, dan angka untuk menjadi satu kesatuan logo. 

Pilihan warna dan bentuk juga merupakan bagian penting dari desain logo, karena nantinya warna yang digunakan pada logo anda akan menjadi identitas branding produk.

Seperti warna logo operator telekomunikasi yang dominan merah, Anda akan segera mengetahui setiap nama mereknya. Mendesain logo harus sesuai dengan filosofi nama mereknya. Meski terlihat sepele, sebuah logo brand perlu memiliki makna tersendiri yang dalam agar mudah diingat oleh pelanggan.

Agar pembuatan dan pembangunan branding produk secara keseluruhan bisa maksimal, tidak ada salahnya melakukan survey terlebih dahulu dengan menggunakan jasa desain brand yang terpercaya agar proses membangun branding produk yang tertanam di hati pelanggan dapat anda lakukan dengan baik.*

Thanks for reading Ini Dia Tips Membangun Branding Produk | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Ini Dia Tips Membangun Branding Produk

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.