Pengertian Invoice dan Quotation, Invois dan Kuotasi

Follow @romel_tea

Pengertian Invoice dan Quotation, Invois dan Kuotasi, secara bahasa dan istilah bisnis.

Pengertian Invoice dan Quotation, Invois dan Kuotasi

Saya sudah lama mengerti dan sering membuat invoice (invois), terutama di PayPal untuk penagihan pembayan content placement atau sponsored post.

Namun, untuk quotation atau kuotasi, jujur baru tahu dan baru sekali bikin. Itu terjadi ketika ada SEO Intern sebuah situs web populer kontak saya untuk content placement.

"Dear Mas Romel, Mohon bantuannya untuk mengirimkan quotation penawaran yaa. Untuk harga, apakah bisa dinego lagi ya?" tulisnya di email.

Selama ini, saya mamahami Quotation sebagai "kutipan". Artinya memang itu dalam bahasa Inggris. Contohnya kutipan pernyataan narasumber dalam berita jurnalistik.

Setelah saya "Googling", ternyata Quotation itu mirip Price List atau daftar harga, dalam hal ini daftar harga iklan di web saya.

Inilah salah satu hikmah ngeblog (blogging). Banyak hal baru atau baru "ngeh" yang didapat, selain bisa "sedekah ilmu", pengalaman, pengetahuan, dan... dapat cuan! Alhamdulillah.

Berikut ini Pengertian Invoice dan Quotation.

Pengertian Invoice, Invois

Kata invoice tidak ditemukan dalam KBBI karena ia bahasa Inggris yang artinya faktur. 

Dalam bahasa Indonesia, invoice disebut invois, yang artinya "daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar oleh pembeli (pemesan); faktur".

Pengertian faktur menurut KBBI adalah "daftar barang kiriman yang dilengkapi keterangan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar; invois).

Secara istilah, berikut ini beberapa pengertian invoice:
  • Invoice adalah dokumen yang memuat rincian transaksi dan pembayaran dari penjual kepada pembeli (kompas.com).
  • Investopedia, invoice adalah dokumen komersial yang mencantumkan rincian waktu dan catatan transaksi antara pembeli dan penjual. (Investopedia)
  • Invoice biasa adalah dokumen penagihan hutang yang paling umum. Biasanya catatan ini digunakan untuk transaksi yang sederhana (cpssoft.com).
  • Secara bahasa, faktur atau invoice adalah lembar daftar tagihan yang dikeluarkan penjual ke pembeli. Biasanya invoice muncul saat pembeli menyelesaikan pemesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. (prospeku.com)
Biasanya, dalam invoice dicantumkan item atau produk/jasa yang harus dibayar beserta nominalnya, jumlah item, nomor invoice, kontak perusahaan, jumlah pajak, termasuk ketentuan periode kapan pembeli harus membayar barang yang dikirimkan. 

Invoice akan dicetak oleh perusahaan penjual setelah barang dikirimkan. Di mana pembeli harus membayarnya sesuai dengan ketentuan yang ada pada invoice. 

Contoh invoice dan cara membuatnya dengan mudah bisa dilihat di Invoice Home. Di PayPal, membuat invoice lebih mudah lagi. Sudah ada template yang tinggal isi dan kirim (Send).

Pengertian Quotation, Kuotasi

Secara bahasa, Quotation (Inggris) artinya pungutan; petikan; nukilan; sitat. 

"Kutipan adalah pengulangan kalimat, frasa, atau bagian dari pidato atau teks yang dikatakan atau ditulis seseorang. Dalam pidato lisan, itu adalah representasi dari sebuah ucapan yang diperkenalkan oleh penanda kutipan, seperti kata kerja mengatakan." (Wikipedia)

Dalam konteks bisnis, kata quotation diadopsi KBBI menjadi kuotasi yang artinya "penawaran harga terhadap produk atau jasa yang ditawarkan".

Berikut ini beberapa definisi quotation atau kuotasi secara istilah:

  • Quotation adalah surat penawaran pertama sebelum terjadinya persetujuan mengenai harga, fitur, dan lingkup pekerjaan antara dua perusahaan. (promise.co.id)
  • Quotation adalah surat penawaran yang diberikan kepada pelanggan setelah adanya suatu permintaan. (qwords.com)
  • Quotation adalah surat penawaran yang diberikan kepada pelanggan setelah adanya permintaan. Fungsinya adalah sebagai penawaran. (linovhr.com)
Jadi, quotation adalah penawaran harga dari penjual ke pembeli. Quotation merupakan hasil dari aktivitas pre-sales. Informasi yang terdapat dalam quotation adalah nama prospek/customer, jenis barang, jumlah barang, harga barang, term of payment (jangka waktu pembayaran), tanggal pengiriman, masa berlaku quotation tersebut, dan lain-lain.

Contoh dan cara membuat Quotation bisa dilihat di laman Quotation Templates.

Itu dia Pengertian Invoice dan Quotation secara bahasa, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan arti invois dan kuotasi dalam konteks bisnis, transaksi, atau perdagangan.*


Thanks for reading Pengertian Invoice dan Quotation, Invois dan Kuotasi | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Invoice dan Quotation, Invois dan Kuotasi

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.