January 18, 2023

Netiket: Kode Etik Warganet dalam Komunikasi di Media Internet

By Romeltea | Published: January 18, 2023

Netiket: Kode Etik Warganet dalam Komunikasi di Media Internet

Saya sudah posting tentang netiket dalam Etika Komunikasi di Internet. Kode etik warganet (warga internet) dalam "10 Aturan Dasar Netiket" itu veri Virginia Shea dalam buku Netiquette (Albion Books, 1994).

Saya juga sudah posting ulasan terkait netiket di artikel Manifesto Internet. Kali ini saya share lagi soal netike ini, namun sumbernya dari laman Kaspersky.

Netiket ini berisi 20 aturan komunikasi di internet atau kode etik warga internet, termasuk netiket bagi anak-anak. 

Poin pentingnya adalah kita harus menggunakan internet dengan aman, nyaman, dan ketika berinteraksi dengan sesama pengguna internet harus beretika, sopan-santun, saling menghargai.

Apa itu netiket?

Netiket (netiquette) merupakan kata gabungan yang dibuat dari kata net dan etiket (etiquette). Netiket menjelaskan aturan perilaku untuk komunikasi yang sopan dan pantas di internet.

Netiket sering disebut sebagai etiket berinternet. Etiket adalah tata cara (adat sopan santun, dan sebagainya) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antara sesama manusia (KBBI).

Dengan demikian, netiket adalah tata krama dalam komunikasi di media internet, termasuk di media sosial, forum online, dan WhatsApp.

Kode Etik Warganet ini bukan aturan yang mengikat secara hukum, tetapi tata krama yang direkomendasikan. Netiket sebagian besar digunakan untuk berurusan dengan orang tak dikenal di internet. 

Aturan netiket sangat bergantung pada platform dan pesertanya. Secara umum, tergantung pada operator situs web atau aplikasi komunikasi untuk menentukan jenis dan cakupan netiket. Mereka juga bertanggung jawab untuk memantau kepatuhan terhadap peraturan dasar ini dan menghukum pelanggarannya.

Netiket: Aturan Perilaku Umum

Saat berkomunikasi di internet, Anda harus selalu ingat bahwa Anda berkomunikasi dengan orang dan bukan hanya dengan komputer atau smartphone. Seperti di dunia nyata, aturan etiket diperlukan di internet. Oleh karena itu, netiket penting untuk menghindari konsekuensi yang merugikan.

Di bawah ini 20 rekomendasi umum perilaku di internet yang harus Anda ikuti saat berkomunikasi online.

1. Patuhi aturan perilaku online yang Anda ikuti dalam kehidupan nyata

Saat berkomunikasi online, ingatlah aturan etiket yang Anda ikuti dalam kehidupan sehari-hari. Menahan diri dari menghina, memprovokasi, mengancam atau menghina orang lain. 

Hormati pendapat rekan obrolan Anda dan ungkapkan kritik yang membangun. Ingatlah bahwa Anda dapat dituntut karena menghina orang secara online.

2. Pikirkan orangnya

Pikirkan orang di belakang komputer saat Anda menulis pesan. Anda tidak berkomunikasi dengan mesin, tetapi dengan orang sungguhan. 

Pertimbangkan juga apa dan bagaimana Anda menulis. Karena internet tidak melupakan apa pun! Tangkapan layar atau salinan pesan Anda dibuat dengan cepat dan tetap ada bahkan jika Anda menghapus pesan sesudahnya.

3. Tunjukkan sisi terbaik Anda secara online

Komunikasi di internet hadir dengan anonimitas tertentu yang tidak ada dalam kehidupan nyata saat Anda berbicara dengan seseorang secara langsung. 

Seringkali anonimitas ini mengarah ke ambang batas yang lebih rendah untuk banyak pengguna dan mereka berperilaku kasar secara online jika, misalnya, Anda tidak setuju dengan mereka.

Pastikan Anda menunjukkan sisi terbaik Anda secara online. Tetap ramah dan hormat, bahkan jika Anda tidak setuju. Netiket yang baik ditandai dengan rasa hormat, kesopanan, dan profesionalisme.

Kiat: Secara umum, Anda harus menahan diri untuk tidak menulis pesan atau kata satu per satu seluruhnya dalam huruf kapital – bahkan jika Anda ingin memberi lebih banyak ekspresi pada bagian ini.  Lagi pula, huruf KAPITAL di internet berarti berteriak dan umumnya dianggap tidak sopan.

Huruf Kapital Artike Berteriak


4. Baca dulu, baru tanya

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang sesuatu? Kemudian luangkan waktu untuk membaca dengan cermat jawaban di postingan diskusi sebelumnya terlebih dahulu. Ada kemungkinan besar seseorang telah menjawab pertanyaan Anda. 

Jika Anda menulis jawaban yang mirip dengan jawaban orang lain, ini menunjukkan kepada peserta obrolan lain bahwa Anda kurang memperhatikan percakapan selama ini.

Ingatlah bahwa percakapan online dapat terjadi dengan sangat cepat. Oleh karena itu penting untuk mengumpulkan semua informasi sebelum menjawab atau mengajukan pertanyaan.

5. Perhatikan tata bahasa dan tanda baca

Netiket berikutnya adalah luangkan waktu untuk membaca kembali jawaban Anda. Periksa tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang benar. 

Orang lain bisa sangat frustrasi jika mereka harus menguraikan kalimat yang ditulis dengan buruk untuk memahami makna di baliknya. Selain itu, tata bahasa yang salah mengalihkan perhatian dari tujuan pesan Anda.

Tata bahasa, ejaan, dan tanda baca menjadi sangat penting saat menulis email atau korespondensi lain yang Anda serahkan kepada kolega atau atasan. Jika Anda memiliki kelemahan dalam tata bahasa dan ejaan, jangan berkecil hati. Gunakan alat bantu ejaan sebelum Anda mengirim pesan.

Kiat: Saat menulis email, selalu ingat untuk menggunakan rumus salam dan perpisahan yang tepat juga. Ini juga bagian dari netiket.

6. Hormati privasi orang lain

Aturan ini harus diikuti tidak hanya dalam penggunaan komunikasi online sehari-hari, tetapi juga di tempat kerja. 

Jangan hanya meneruskan informasi yang telah dikirimkan kepada Anda tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengirim aslinya. 

Saat mengirim email pribadi ke banyak penerima, gunakan BCC (Blind Carbon Copy) alih-alih CC (Carbon Copy). Banyak orang tidak suka nama dan alamat email mereka diteruskan ke orang yang tidak mereka kenal.

Aturan di internet ini juga berlaku untuk mengunggah dan membagikan foto atau video yang memperlihatkan orang lain. Sebelum mengedarkan file pribadi tersebut, pastikan untuk memeriksa dengan orang yang bersangkutan sebelum melakukannya.

Last but not least: Hormati privasi orang lain dan jangan mendaftar ke buletin, forum, atau sejenisnya dengan nama atau alamat email orang lain.

7. Hormati waktu dan bandwidth orang lain

Kita hidup di dunia yang jauh lebih cepat daripada yang biasa dilakukan orang tua atau kakek nenek kita. Informasi dapat dikirim ke orang yang berbeda di sekitar world dalam hitungan detik – dan tanpa banyak usaha. 

Namun demikian, bandwidth, yaitu kapasitas informasi kabel dan saluran, terbatas. Hal ini mirip dengan manusia. Pikirkan penerimaan informasi yang terbatas ini ketika Anda mengirim pesan ke teman, kolega, atau atasan Anda.

Apakah Anda langsung ke intinya dengan cukup cepat di email Anda? Apakah argumen Anda dirumuskan dengan benar dan dapat dikenali dengan jelas? 

Tidak ada yang mau membuang waktu yang tidak perlu pada email yang pesan intinya hanya ada di akhir email. Itu menghabiskan waktu dan tenaga, dan hanya mengganggu. 

Juga, pertimbangkan siapa yang benar-benar perlu ada dalam daftar penerima. Lagi pula, menghormati waktu dan bandwidth orang lain juga merupakan bagian dari netiket.

8. Maafkan kesalahan orang lain

Setiap orang yang online ke forum dan jaringan pernah menjadi pemula. Seperti di bidang lain, Anda bisa membuat kesalahan sebagai pemula. Dalam komunikasi online, ini bisa berupa kurangnya etiket atau tata krama.

Seringkali ini adalah kesalahan ejaan, pertanyaan atau jawaban yang terlalu panjang. Dengan pemikiran ini, penting untuk memaafkan kesalahan rekan Anda. 

Jika itu hanya kesalahan kecil, yang terbaik adalah tidak bereaksi sama sekali. Jika terjadi kesalahan besar, misalnya kutipan yang salah, pesan yang ditulis hanya dengan huruf kapital atau tata bahasa dan tanda baca yang hilang, maka yang terbaik adalah menunjukkannya kepada orang tersebut melalui pesan pribadi.

Kiat: Sarkasme dalam bentuk tertulis tidak selalu dapat dikenali oleh semua orang di internet. Karena itu lebih baik tetap objektif. 

Jika Anda masih ingin mengungkapkan sarkasme di antara teman atau kolega dekat, gunakan emoji seperti smiley atau GIF. Dipilih dengan hati-hati, emoji dapat memperkuat pesan Anda.

9. Netiket: Jangan menyalahgunakan kekuasaan Anda

Di internet, seperti dalam kehidupan nyata, beberapa orang memiliki kekuatan lebih dari yang lain. Moderator di forum, pakar di perusahaan atau administrator sistem. 

Jika Anda memiliki kekuatan lebih dari yang lain, Anda tidak memiliki hak untuk mengeksploitasi kekuatan ini.

Jangan memata-matai kolega atau peserta obrolan hanya karena Anda memiliki sarana teknis untuk melakukannya. Misalnya, administrator sistem tidak boleh membaca email pribadi atau mencari tahu tentang struktur gaji di perusahaan.

10. Membantu mengendalikan 'perang api'

'Perang api' adalah pesan yang berisi kritik atau serangan pribadi yang agresif terhadap seseorang. Dalam obrolan grup, diskusi panas sering berubah menjadi apa yang disebut perang api. 

Jika Anda terlibat dalam diskusi seperti itu, Anda harus menjauhinya. Ingatlah selalu bahwa Anda harus memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Kata-kata kotor bukan bagian dari netiket.

Ingatlah juga bahwa hinaan dan ancaman di internet dapat menimbulkan konsekuensi hukum bagi Anda. Oleh karena itu, jangan tergoda untuk berkomentar seperti itu, bahkan dalam diskusi yang memanas. Sebaliknya, tunjukkan perilaku teladan di internet.

11. Ketahui keberadaan Anda

Netiket ditafsirkan secara berbeda di berbagai tempat di internet. Misalnya, menyebarkan gosip di grup diskusi TV adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda melakukan ini dalam grup diskusi yang serius, Anda akan segera membuat diri Anda tidak populer. Oleh karena itu penting bahwa Anda tahu di mana Anda berada di internet.

Ini juga berarti bahwa jika Anda berada di area baru yang tidak Anda kenal, Anda perlu melihat-lihat dan mempelajari seluk-beluknya. Dapatkan gambaran tentang bagaimana orang lain di area dunia maya ini berkomunikasi satu sama lain dan beradaptasi dengan mereka.

12. Ujaran kebencian dan netiket

Apa yang disebut ujaran kebencian (hate speech) di internet menjadi masalah yang semakin meningkat, terutama di media sosial. Itu sering ditemukan dalam komentar ofensif di bawah foto atau posting. 

Namun, berkali-kali ada tindakan terkoordinasi oleh aktor tertentu yang bergabung untuk tujuan menyebarkan komentar kebencian. Tidak jarang, kelompok sosial atau agama, orang asing atau orang kulit hitam menjadi korban dari tindakan tersebut.

Apa yang dapat Anda lakukan terhadap ujaran kebencian? Jika Anda menemukan pernyataan seperti itu di internet, Anda harus melaporkannya ke penyedia situs web. 

Seringkali Anda akan menemukan opsi untuk melaporkan postingan langsung di bawahnya di media sosial. Penyedia berkewajiban secara hukum untuk menghapus konten yang terbukti ilegal dalam waktu 24 jam.

Selain itu, Anda dapat secara aktif mendekati para penyebar ujaran kebencian dan mencoba untuk mengingkari pernyataan mereka dan selanjutnya mengedukasi para pelakunya. 

Dianjurkan untuk menanyakan "fakta" yang dituduhkan dan mengambil posisi yang jelas melawan kebencian. Arahkan diskusi ke arah yang lebih positif. 

Namun, dalam situasi apa pun Anda tidak boleh bereaksi dengan kebencian atau hinaan. Anda juga dapat dimintai pertanggungjawaban untuk ini.

Netiket: Aturan keamanan untuk anak-anak

Internet adalah pengayaan bagi semua orang – dalam kehidupan sehari-hari, di sekolah dan di tempat kerja. Namun, ini membawa beberapa risiko dan kerugian, seperti jaringan gelap. 

Bicaralah dengan anak Anda dan jelaskan kemungkinan risiko internet. Hormati privasi anak Anda dan jelaskan aturan berikut untuk anak-anak di internet:

13. Jangan memberikan informasi pribadi

Saat bermedia sosial, di tengah maraknya pencurian identitas dan rekayasa sosial, merahasiakan informasi pribadi sangatlah penting! 

Dalam keadaan apa pun, anak Anda tidak boleh membagikan kata sandi (password) atau informasi pribadi seperti nama, alamat, atau nomor telepon mereka secara online. Nama sekolah atau klub juga harus dirahasiakan.

14. Gunakan nickname yang netral

Pastikan anak Anda menggunakan nama panggilan netral di ruang obrolan. Dalam keadaan apa pun, hal ini tidak boleh mengungkapkan identitas anak Anda. Selain itu, julukan yang netral memastikan bahwa orang lain tidak merasa terhina atau diejek.

15. Netiket dan postingan bot/troll

Apa yang disebut bot adalah program komputer yang biasanya secara otomatis menindaklanjuti tugas tanpa memerlukan interaksi apa pun dengan manusia. Di saluran media sosial, bot sering memposting komentar atau bahkan postingannya sendiri.

Mereka sering melakukan spam di forum atau di komentar di bawah postingan. Ini menjengkelkan dan memakan waktu, karena respons ini harus diidentifikasi dan dihapus. Oleh karena itu, bot bukan bagian dari netiket dan harus dihindari sebisa mungkin.

16. Jangan percayai peserta obrolan

Anak Anda harus selalu mendekati orang asing dengan sikap skeptis yang sehat. Anda tidak pernah tahu siapa yang sebenarnya bersembunyi di balik nama dan gambar profil yang lucu. 

Misalnya, anak Anda tidak boleh bertemu orang asing hanya karena mereka rukun dalam percakapan obrolan. Bisa jadi orang dewasa dengan niat buruk.

Demikian pula, Anda harus menjelaskan kepada anak Anda bahwa mereka tidak boleh menambahkan orang asing sebagai teman di media sosial seperti Facebook atau Instagram. 

Anak Anda juga tidak boleh hanya membuka email dan pesan lain serta mengunduh lampiran. Dengan demikian, anak Anda dapat secara tidak sengaja mengunduh Trojan atau malware lainnya.

17. Jangan mengecualikan siapa pun

Jika anak Anda berkomunikasi dalam kelompok pribadi, mereka harus menahan diri untuk tidak membuat lelucon orang dalam yang tidak akan dipahami oleh semua orang dalam kelompok tersebut. 

Lebih baik mengirim pesan pribadi ke orang ini. Peserta obrolan lainnya tidak boleh merasa dikecualikan. 

Netiket mencakup nilai-nilai seperti toleransi, rasa hormat, dan suka menolong. Ini juga berarti bahwa hanya bahasa yang digunakan oleh semua orang yang boleh digunakan.

Dalam obrolan grup sekolah, anak Anda harus selalu memastikan bahwa semua anggota obrolan memiliki level yang sama, misalnya saat meninjau atau presentasi. Saat anak Anda menjelaskan topik yang mungkin tidak jelas bagi semua orang, ada baiknya Anda menjawab pertanyaan tentang topik tersebut.

18. Netiket untuk anak-anak: Singkat dan jelas

Posting, jawaban, dan bahkan pertanyaan harus disimpan sesingkat dan sejelas mungkin. Tidak ada yang mau membaca teks dalam jumlah yang tidak perlu yang tidak berkontribusi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Bahasa yang rumit dan pengulangan hanya menyumbat obrolan dan forum; selain itu, kesalahan ejaan dapat mempersulit untuk membaca dan memahami apa yang dikatakan. Meneruskan surat berantai juga tidak memiliki tempat dalam komunikasi online yang terhormat.

19. Netiket dan pembelajaran online (tips untuk murid)

Setelah pandemi, sebagian besar pengajaran di sekolah dilakukan secara daring. Apa yang disebut homeschooling – mengajar dari rumah – adalah tantangan baru yang harus diatasi bersama oleh siswa, guru, dan orang tua. 

Berikut tips belajar dari rumah:
  • Anak-anak harus saling mendukung, misalnya dengan menanggapi pertanyaan teman sekelas di utas obrolan.
  • Instruksikan anak-anak Anda untuk tidak merekam secara digital atau mengambil tangkapan layar pelajaran tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin guru.
  • Nada yang sopan dan hormat adalah keharusan mutlak dalam homeschooling
  • Kata sandi dan kredensial yang diberikan oleh sekolah tidak boleh diberikan oleh anak-anak kepada pihak ketiga dalam keadaan apa pun.
Anak-anak harus siap beberapa menit sebelum kelas dimulai agar dapat dimulai tepat waktu. Bahan ajar harus siap dan kamera untuk konferensi video harus selalu dihidupkan. Anda juga harus memastikan bahwa anak Anda berpakaian seperti yang akan terlihat di sekolah.

Siswa harus berbicara jika mereka memiliki pertanyaan atau komentar. Setelah itu, mereka harus membisukan mikrofon mereka lagi agar tidak mengganggu pelajaran dengan kebisingan latar belakang.

20. Percayai anak Anda

Last but not least, aturan paling penting untuk penggunaan internet oleh anak-anak: Percayai anak Anda. 

Lagi pula, Anda tidak dapat terus-menerus melihat ke belakang, apakah anak Anda belajar melalui komputer, ponsel cerdas, atau tablet. 

Anak Anda belajar paling baik melalui pengalaman mereka sendiri. Percayalah pada kemampuan anak Anda, dan jangan terus memantau aktivitas internet mereka. Biasanya cukup mengetahui bahwa anak Anda dapat meminta bantuan Anda jika hal terburuk terjadi.

Kesimpulan

Jika Anda mengikuti aturan netiket di atas, Anda tidak akan mengalami masalah dengan komunikasi online dalam kehidupan sehari-hari, di kelas, atau di tempat kerja. 

Selain itu, perilaku hormat dan ramah Anda akan diperhatikan secara positif oleh rekan kerja dan atasan Anda.

Khusus untuk anak-anak, penting untuk mempelajari aturan etiket yang benar di internet sejak usia dini. Interaksi sosial dan aturan yang benaretiket dan perilaku di internet sama pentingnya dengan di kehidupan nyata.

Demikian pengertian dan aturan netiket, kode etik warganet dalam komunikasi di media internet, termasuk netiket khusus anak-anak. Semuanya demi kebaikan, keamanan, dan kenyamanan dalam menggunakan teknologi internet dengan segala platfom digitalnya.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Netiket: Kode Etik Warganet dalam Komunikasi di Media Internet

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *