January 17, 2023

Pengalaman Blogging Pertama Kali, Awal Mula Jadi Blogger Profesional

By Romeltea | Published: January 17, 2023

Kisah Awal Pertama Memulai Dunia Blogging dan Dapat Penghasilan dari Google AdSense. Awal mula saya jadi full time blogger atau blogger pro atau blogpreneuer.

Kisah Awal Pertama Memulai Dunia Blogging


"Kisah Anda awal pertama memulai dunia blogging, Kang. Susah-senangnya bagaimana? Terima kasih." Demikian pertanyaan salah seorang pengunjung blog romelteamedia.com di laman About.

Saya jawab dan janjikan "akan saya bikin posting soal itu". Ini dia janji terpenuhi. Saya akan ceritakan kisah awal mula memulai blogging atau menekuni profesi blogger --full time blogger atau blogpreneur.

Seingat saya, saya memulai blogging dengan membuat blog di WordPress.com, yaitu romeltea.wordpress.com. Wuih! Rame banget awal-awal saya ngeblog itu! Banyak komentar masuk. Mayoritas "welcome".

Seingat saya itu tahun 2009. Saat itu saya masih menjadi wartawan dan penyiar aktif, juga masih "kerja kantoran" masuk jam 8 AM pulang jam 4 PM. Masih absen sidik jari di mesin absensi digital.

Postingan saya seputar topik yang saya kuasai dan jalani --komunikasi, jurnalistik, media, radio siaran, bahasa. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman soal kepenulisan, kewartawanan, dan kepenyiaran radio.

Saat itu blogging bukan hanya bikin postingan, tapi juga "blogwalking" --jalan-jalan ke blog orang lain. Suatu hari saya menemukan blog milik seorang blogger yang mengklaim "professional blogger" atau "full time blogger".

Weh... ternyata blogger bisa jadi profesi alias kerjaan ya! Saya pun tanya bagaimana caranya tuh jadi blogger profesional? Dia hanya jawab "bagus sekali Anda ingin jadi blogger pro".

Halah, gitu doang? Pelit amat si lu?

Sejak 2009 itu, saya ngeblog "sesempetnya" aja. Apalagi blognya belum bisa menghasilkan uang (Google AdSense).

Dari blog gratisan, saya ke next level dengan membeli naman domain romeltea.com. Beli domain doang. Tidak sama hostingnya. Saya pake hosting gratisan di 000Webhost.

Karena gratisan, lambat dan ribet juga ketika saya pakai CMS WordPress. Maka, saya ke level berikutnya: beli hosting juga! Jadilah romeltea.com sebagai blog selfhosted dengan CMS WordPress.

Sempat juga utak-atik CMS Joomla, tapi saya pakai buat website lembaga tempat saya ngantor. 

Nah, ketika menjadi blog selfhosted itulah, romeltea.com banyak pengunjung. 

Trafik meledak ketika saya menggunakan sebuah tema Genesis dari Studio Press. Waktu itu padahal pakai yang "Null" alias "bajakan". Seingat saya waktu itu tahun 2012. Tiga tahun setelah saya ngeblog.

Gajian dari Google AdSense

Saat itu pula blog saya diterima Google AdSense. Saya menerima bayaran pertama dari AdSense itu pada Desember 2012, setelah penghasilan mencapai batas minimal pembayaran US$100.

Karena sudah menghasilkan, blogging makin semangat dong! Ya gak? Maka, sejak 2012 itu pula saya mulai "serius" blogging dan bahkan akhirnya berani mengundurkan diri dari kerjaan "ngantor".

Saya memutuskan menjadi full time blogger karena waktu itu order jadi pemateri pelatihan juga masih ramai. Minimal dalam sebulan ada sekali lah dengan honor yang bisa mencapai Upah Minimum Kota (UMK) Bandung saat itu, bahkan seringnya lebih dari UMK.

Itu kisah awal saya memulai blogging. O iya, suka-dukanya ya. Susah-senangnya adalah merasa susah kalau pengunjung sedikit dan senang kalau trafik tinggi. Trafik kan pengaruhi pendapatan AdSense.

Susahnya juga kalau blognya error. Di website WordPress 'kan banyak error tuh, mulai error 301, 404, 500, dan banyak lagi dah! Nah, karena sering error itu pula, saya bikin lagi tuh blog baru di Blogger, yaitu blog ini, romelteamedia.com.

Jad, saya kelola dua blog. Web WordPress romeltea.com dan web di Blogger romelteamedia.com ini. Selain kedua blog ini, ada juga blog lain seperti komunikasipraktis.com.

Makin banyak blog, makin banyak pula pemasukan dari AdSense. Konten atau postingan mah mirip-mirip lah. Racik ada redaksionalnya. Macam situs berita jaringan yang "saling copas"! :)

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengalaman Blogging Pertama Kali, Awal Mula Jadi Blogger Profesional

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *