Custom Domain Blogger

5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog.

SEO --singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari-- adalah proses, teknik, atau trik agar situs web atau blog kita mudah dan cepat terindeks Google dan tampil di posisi teratas Halaman Hasil Pencarian Mesin Telusur (Search Engine Result Page).

Jika blog atau link tulisan blog kita tampil di halaman depan  atau halaman satu (page one) Google, apalagi di peringkat teratas, maka potensial mendapatkan banyak kunjungan. Itulah tujuan SEO.

Para blogger dan web developer biasanya "sibuk" mencari plugin, script, atau Tools SEO agar situs web atau blognya mudah dan cepat terindeks mesin pencari, utamanya Google, sehingga banyak pengunjung.

Tips, trik, atau teknik SEO intinya mencari cara untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu.

"Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung."
(Wikipedia).

Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Banyak teknik, tips, dan trik ditawarkan para pakar dan pemerhati SEO, namun yang utama adalah “buatlah website yang bagus dengan isi yang bagus pula”. Buatlah konten atau tulisan yang baru, asli tulisan sendiri, unik, dan berguna bagi orang banyak.

Jadi, SEO terbaik sebenarnya cuma satu, yaitu membuat posting atau menulis konten berkualitas sebagaimana Panduan Google: unik, bermanfaat, asli, orisinal, buatan sendiri, aktual, penting, dan bermanfaat.

Prinsip Dasar SEO menurut Google

  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna (user), bukan untuk mesin telusur (search engine).
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

Tips SEO #1Artikel Berkualitas, Lengkap.

 SEO menurut Google
Fakta menunjukkan, posting menjadi faktor SEO utama. Banyak blog yang terkesan "asal jadi", dengan menggunakan template bawaan blogger, tanpa Meta Tags SEO Friendly, bahkan tanpa Preferensi Penelusuran, namun tampil di peringkat teratas halaman pertama Google.

Mengapa bisa begitu? Karena postingan, artikel, atau tulisannya unik, lengkap, bahkan "ilmiah", misalnya tugas makalah kuliah atau.

Dari situ kita bisa ambil kesimpulan, Teknik SEO Terbaik adalah KONTEN BERKUALITAS atau tulisan yang lengkap, detail, disertai gambar, foto, atau grafis bahkan video, sehingga diindeks dengan baik oleh mesin telusur dan disukai pengguna.

Banyak pakar SEO menyarankan kita menulis postingan panjang, antara 1000 hingga 3000 kata, meskipun tulisan pendek pun bisa tampil di halaman satu Google jika unik, asli, dan cocok dengan yang dicari pengguna.

Membuat artikel berkualitas, lengkap, memang butuh ketekunan, kesabaran, tidak bisa cepat. Apalagi jika dilengkapi dengan gambar, ilustrasi, audio, video, dan sebagainya. Namun, kerja keras akan menghasilkan kesuksesan.

Tips SEO #2 Tampilan Fast Loading, Ringan

Tampilan Fast Loading
Fakta juga menunjukkan, banyak postingan blog atau artikel yang muncul di posisi teratas halaman satu Google, padahal ringkas, tidak lengkap, bahkan "ngaco".

Rupanya, postingan itu memenuhi faktor SEO yang lain, yakni desain template atau tampilan yang ringan, cepat, fast loading!

Maka, pilihlah tema atau template blog yang fast loading. Kita bisa mengecek kecepatan tampilan blog di GT Metrix, plus perbaikan yang harus dilakukan jika masih berat.

Anda bisa cari di Google "Template Blogger Paling Cepat" untuk Blogger dan "Tema Wordpress Paling Cepat" untuk blog WordPress.

Tips SEO #3  Linkbaiting: Internal, External, Backlink

Linkbaiting: Internal, External, Backlink
Linkbaiting atau linkbuilding yaitu membuat tautan internal (internal link) dan tautan eksternal (external link) dalam postingan blog Anda.

Untuk memudahkan pemahaman sekaligus contoh, lihatlah artikel-artikel yang ada di Wikipedia yang kaya hyperlink yang relevan dengan konten.

Internal Link adalah tautan ke postingan blog Anda yang lain. Eksternal link adalah tautan ke postingan atau situs orang lain, misalnya sumber atau tambahan data.

Dapatkan pula tautan masuk (backlink) berkualitas, seperti dari media sosial. Buatlah akun media sosial --Facebook, Twitter, Instagram, dll.-- dan pastikan alamat blog Anda ada di profil.

"Link to internal pages on your site and Link to other websites with relevant content. Have other websites link to you."

Tips SEO #4 Social Signal

tiga pilar SEO
Share atau bagikan posting blog Anda di media sosial --Facebook, Twitter, Pinterest, Google Plus. Buatlah pula Fanspage untuk mendistribusikan konten blog Anda.

Menurut Forbes, Social Signal adalah satu dari tiga pilar SEO, selain Links dan Content.


Google memberikan nilai lebih dan lebih untuk penampilan Social Media Anda. Semakin Anda menyebarkan situs Anda di semua platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan LinkedIn semakin banyak lalu lintas Anda akan mendapatkan.

Peringkat website Anda akan meningkat dan otoritas situs akan dinaikkan. Contoh social signal adalah berbagi di Facebook. Jika pengguna merekomendasikan situs Anda, maka dihitung sebagai social signal untuk SEO Blog Anda.

Tips SEO #5 Update!

Google menyukai konten yang fresh. Kian sering update, maka kian banyak postingan blog Anda yang terindeks Google. Kian beragam pula pilihan bagi mesin telusur dan pengguna untuk indexing dan mengeksplorasi konten blog Anda.

Jika bingung mau nulis apa, saya sudah share 25 Inspirasi Blogging untuk Blogger Pemula.

Capek juga ni nulis postingan. Kita akhiri sampai di sini. Katanya, faktor SEO  itu mencapai 200. Banyak ya? Saya bahas lima saja, daripada lieur sendiri :)

Demikian ulasan kita tentang 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Gambar & Referensi:
https://goinswriter.com/website-seo-tips/
http://neilpatel.com/blog/10-most-important-seo-tips-you-need-to-know/
https://moz.com/blog/your-guide-to-social-signals-for-seo

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 Komentar untuk "5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.