Pengertian dan Tips Presentasi

November 02, 2013 Follow @romel_tea
Pengertian dan Tips Presentasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Presentasi termasuk bentuk komunikasi public speaking atau berbicara di depan umum.

Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat, atau informasi kepada orang lain.

Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.

Tujuan Presentasi

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi(biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Tips Presentasi

1. Membuka dengan kalimat yang memukau
2. Kuasai materi dengan banyak latihan
3.Siapkan Slide atau materi presentasi dengan baik
4. Awali presentasi dengan senyum ramah.

Berikut ini beberapa Tips Sukses Presentasi

1. Ketahui dengan baik PAL (purpose, audience, logistics).
Purpose : Presentasi Anda itu untuk apa? Sebagai bagian dari fit and proper test, memberi informasi tentang suatu hal, membujuk orang lain, atau bertujuan menghibur?

Audience: Siapakah audience Anda saat itu? Mewakili kelompok tertentu kah? Di mana mereka tinggal? Bagaimana mereka biasa bersikap?

Logistics: Ini adalah hal-hal yang harus Anda organisir dengan baik. Anda harus tahu berapa menit harus berbicara. Bagaimana seting ruangan tempat Anda presentasi.

2. Perhatikan waktu.
Rencanakan, persiapkan, dan berlatihlah untuk mengisi 75 persen waktu yang diberikan kepada Anda. Jika presentasi Anda berakhir lebih awal, tak ada orang yang keberatan.

Sebaliknya, kalau molor, Anda terbukti tak merencanakannya dengan baik. Jika Anda ingin melibatkan audience, pakai waktu berbicara sebanyak 50 persen dari yang dialokasikan, sisanya yang 25 persen gunakan untuk mengajak yang hadir untuk berinteraksi.

3. Tetap relevan.
Ketika mempersiapkan presentasi, pertimbangkan hal-hal yang 'harus Anda ketahui,' yang 'sebaiknya diketahui,' dan yang 'dapat diketahui.' Batasi materi presentasi sesuai hanya waktu yang dialokasikan dan minat aundience.

4. Mainkan tombol emosional.
Masukkan unsur kisah, anekdot, analogi, dan metafora untuk memperkuat poin-poin presentasi Anda. Dengan ini Anda memiliki lebih dampak daripada sekadar memakai data murni.

5. Ciptakan catatan yang mudah Anda lakukan.
Seperti yang pernah diucapkan Winston Churchill ketika ditanya mengapa ia membawa catatan tapi jarang menggunakannya, ''Saya membawa asuransi kebakaran tapi saya tak berharap rumah saya terbakar".

Jadi, gunakan poin-poin penting ketimbang menuliskan kalimat. Buatlah teks yang mudah dibaca. Pakai pena yang berujung tebal, atau print catatan Anda pada huruf ber-font minimal 18, dan tebalkan. Gunakan hanya dua pertiga halaman agar tak perlu meng-klik sampai bawah. (ROL)

Tips Sukses Presentasi ala Stev Jobs


CEO Apple Steve Jobs banyak disebut sebagai salah satu orang di dunia yang paling sukses dalam penyampaian materi presentasi.

Bukan hanya sukses membuat orang terpaku mendengarkan apa yang ia sampaikan, cara berpresentasi yang disampaikan Jobs bahkan menjadi rujukan jutaan orang di dunia.

Agar kemampuan berbicara di depan umum terus mengalami peningkatan, tidak ada salahnya kita intip tips dari sosok legendaris ini. Dikutip dari BussinessWeek.com berikut rahasia presentasi sukses ala Steve Jobs:

 1. Buat tema khusus
Sebelum memulai presentasi, siapkan satu tema khusus yang akan kita hadirkan ke tengah-tengah audiens pada hari itu. Tidak perlu membuat tema yang ribet, cukup fokuskan pada pesan atau fokus yang menjadi inti dari materi kita pada saat tampil.

 2. Tunjukkan antusiasme
Agar pendengar tidak terkantuk-kantuk sepanjang sesi presentasi, orang yang berbicara harus menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi yang disampaikan.

Dalam tiap presentasinya, Jobs sering menggunakan kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan berbagai fitur yang dimiliki perangkat andalannya saat itu.

3. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan
Sebelum mulai presentasi, Jobs selalu menjelaskan kepada audiensnya ada beberapa poin penting yang ingin ia sampaikan dalam presentasinya saat itu.

Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih mudah menyimak materi yang disampaikan.

4. Buat angka menjadi berarti
Kalau kita punya data berupa angka yang dapat menunjang presentasi, manfaatkanlah sampai optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang kita sampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan penasaran untuk terus menyimak.

5. Latihan, latihan, latihan
Agar materi yang disampaikan dapat dibicarakan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Kesuksesan presentasi yang dilakukan Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terus menerus penyampaian presentasinya. Jangan lupakan juga detil penting, seperti slide yang menarik atau tulisan yang jelas terbaca sebagai bagian dari persiapan.

6. Jangan pusingkan hal kecil
Persiapan puluhan jam boleh saja dilakukan tapi ketika saatnya tampil bukan tidak mungkin ada hal yang tidak diinginkan malah terjadi. Kalau muncul kejadian di luar rencana, santai saja.

Ketika ada salah satu slide interaktifnya tidak berfungsi, Jobs ternyata hanya memilih tertawa dan sesegera mungkin beralih ke topik selanjutnya. Yang penting mencoba tetap have fun. (ROL)

Demikian pengertian dan tips presentasi.*

Thanks for reading Pengertian dan Tips Presentasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.