Menulis

Cara Membuat Radio Online

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Cara Membuat Radio Online
Radio Online --disebut juga Radio Internet, Website Radio, Radio Streaming-- termasuk media online, yaitu media yang tersaji secara online di internet. Banyaknya situs penyedia radio online gratis, membuat radio internet ini bermunculan, baik milik pribadi maupun lembaga, bahkan milik radio "konvensional".

Sebagaimana semua orang bisa menjadi penyiar, kini semua orang juga bisa punya radio sendiri, misalnya untuk sekadar berbagi lagu enak secara online.

Saat menulis posting ini, saya juga sedang "on air" di Romeltea Online Radio. Klik saja untuk melihat demo Radio Online. Anda juga bisa membuatnya di Caster atay Listen2 My Radio

Cara Membuat Radio Online

Berikut ini langkah-langkah membuat radio online di myradiostream:
1. Siapkan lagu-lagu dan materi siaran lainnya, dalam format file MP3, di komputer Anda.
2. Install Winamp di komputer Anda.
3. Install juga Shoutcast DSP plugin.
4. Buka situs MyRadioStream.
5. Klik menu ‘Start your own radio station” di bagian atas. 
6. Tunggu konfirmasi dan lakukan aktivasi via email Anda.

Cara Siaran Online

Panduan berikut ini secara lengkap plus gambar, bisa Anda dapatkan (dalam bahasa Inggris) setelah login ke MyRadioStream. (Lihat: How to Stream).

Dalam panduan itu, Anda harus melakukan sejumlah seting, seperti setingan Winamp, DSP Plugin, Konfigurasi Plugin, General Information” tentang radio online Anda

Mau ngomong? Siaran maksudnya…. Disebutnya “DJing live” dengan peralatan eksternal (seperti CD Player/Mixer), Anda harus pilih Soundcard Input sebagaimana dipandu My Radio Stream.

Kini Radio Anda siap “mengudara”, eh… “meng-online” keles ya…:)

1. Connect to your server. Klik lagi Output dan klik Connect. Nanti akan tampak counter start di kotak Status - yang menunjukkan Anda sudah connected ke server SHOUTcast.

Jika akan mengatur mixer di PC, klik tab Input dan klik Open Mixer. Akan ada dua windows (Volume Control dan Recording Control). Tutup Volume control.

2. Langkah pamungkas: promosikan radio Anda! 

Gunakan Facebook, Twitter, SMS, HP, Blog, apa pun lah untuk promosikan radio online agar mendatangkan banyak pendengar. 

Manfaatkan Sound Cloud

Anda juga bisa memanfaatkan Sound Cloud untuk membuat Radio Online. Di sana kita bisa "recording", merekam suara secara langsung, online, dan save and share saat itu juga.

Anda juga bisa menyusun playlist dan upload lagu (file MP3) untuk disimpan dan di-share di sana. Sound Cloud biasa dimanfaatkan oleh "calon" penyanyi dan penyiar untuk "testing" suara merdu mereka. Good luck! (www.romelteamedia.com).

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
2 Komentar untuk "Cara Membuat Radio Online"

boss, kenapa ya kok radioku dinyatakan QUEENA IS NOT CURRENTLY STREAMING

Salam pak. Kalau memasukkan streaming radio yg sdh ada (Bukan radio yg dibuat sendiri) caranya gimana??? Trimakasih

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.