Menulis

Cari Kerja? Jadilah Online Preneur - Wirausahawan Online!

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Ilustrasi: onlinemoneyexpert.com








CARI kerja sulit? Ya benar. Malah banyak PHK sekarang mah. Bekerja secara online menjadi alternatif, yakni menjadi wirausahawan online (onlinepreneur) alias internet job, online job, atau bekerja secara online.

Dengan internet job kita bisa mengatur jam kerja sendiri, tanpa harus pakai seragam, tanpa harus isi absensi, tanpa harus berpanas-ria dan bermacet-ria di jalanan. Cukup duduk di depan meja kerja sendiri, nyalakan komputer, dan… bekerja! Gajian? Juga tinggal cek saldo dengan internet banking!

Enak ya? Mau? Ini dia “Top 4 Internet Job: Bekerja secara Online di Rumah”. Setidaknya ada empat jenis pekerjaan internet yang membuat Anda “ngantor” di rumah. Top 4 Internet Job ini saya “terjemahkan bebas” dari Make Use Of.


1. Blogging (for Companies)

Blogging (untuk Perusahaan). Anda tentu sudah akrab dengan ungkapan “menghasilkan uang dengan blog” (make money with a blog). Namun, banyak orang lupa, Anda juga dapat menghasilkan uang dengan menulis posting untuk blog orang lain.

Anda mungkin akan membuat lebih banyak uang dengan menulis posting blog bagi perusahaan ketimbang menulis posting blog untuk sendiri.

Internet job nomor 1 ini kini dikenal dengan nama Web Content Editor. Tugasnya menulis atau mengisi website sebuah perusahaan, instansi, lembaga, organisasi, bahkan website pribadi. Untuk mendapatkan pekerjaan jenis ini, langkah pertama adalah… go blogging! Ya, ngeblog dulu, biar paham dunia blogging (website).

2. Transcription

Transkripsi. Transfer audio-video menjaid naskah (teks). Ini jenis pekerjaan yang kian berkembang di era media online sekarang. Pikirkan tentang hal ini. Ada banyak audio dan video di web dan beberapa di antaranya perlu ditranskripsi untuk dicetak.

Untuk pekerjaan ini, Anda mungkin memerlukan transcription software . Anda juga mungkin perlu mengunjungi Focus Forward dan Daily Transcripts. Perusahaan-perusahaan ini menjual jasa transkripsi massal dan sering perlu transcriptionists baru.

3. Search Engine Evaluation

Evaluasi Mesin Pencari. Google bukan hanya sebuah algoritma. Ya, mereka menggunakan “sihir matematika” untuk menentukan halaman mana yang akan ditempatkan di awal.

Anda menerima materi yang memberitahu Anda bagaimana hasilnya harus diperingkat dan diberi tugas - pencarian web - untuk dinilai. Ini berarti Anda akan menghabiskan berjam-jam di komputer. Anda browsing dan memeringkat hasil yang menarik.

Ada tiga perusahaan online besar yang menawarkan pekerjaan ini: Butler Hill, Leapforce, dan Lionbridge . Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi aplikasi online jika mereka membuka lowongan.

4. Online Customer Service

Layanan Pelanggan secara online. Jenis pekerjaan ini tidak jauh berbeda dari layanan pelanggan normal. Anda melayani pelanggan, menjawab pertanyaan, menerima order, dan mengatasi keluhan.

Layanan Pelanggan secara online ini bisa dilakukan di website perusahaan, media komunikasi Yahoo! Messenger, Skype, dan sejenisnya. Di era booming media sosial kini, layanan pelanggan online dilakukan via Facebook dan Twitter. Jadilah Anda sebagai “Admin Media Sosial”,“Humas Online”, bahkan “Online Marketing Communication”.

Jenis Bisnis Online Lainnya

Jika masih merasa kesulitan dengan keempat pekerjaan online di atas, berikut ini jenis bisnis online atau pekerjaan online lainnya yang bisa dicoba. Namun, harap diingat, semuanya diawali dengan BLOGGING. (Bikin Blog Sekarang Juga!).

1. Membuka Toko Online
Blog gratisan di blogspot bisa Anda "sulap" menjadi toko online. Gunakan saja e-commerce template atau template blog untuk toko online. Anda tinggal menjalin kerja sama dengan jasa layanan pengirim barang, atau antar sendiri jika deket. Bisa jadi, Anda merekrut karyawan (kurir) jika ordernya melimpah.

Anda juga bisa Membuat Toko Online di Facebook. Demikian pula ada peluang jualan pulsa online, pulsa kartu telepon ataupun pulsa listrik prabayar.

2. Affiliate Marketing
Bisnis afiliasi. Modalnya blog dan kreativitas. Anda memasarkan, mempromosikan, dan menjualkan produk orang lain. Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Anda bisa mencoba Bisnis Afiliasi Lazada (Daftar  Lazada Affiliate Program).

Lazada Affiliate Program


3. Gogle Adsense Publisher
Menjadi Publisher Google (Google Adsense, Iklan Google) ini sedang saya nikmati sekarang. Caranya, bikin blog, isi degan posting/tulisan menarik dan bermanfaat, lalu promosikan agar dikunjungi banyak orang. 

Jika pengunjung blog Anda sudah minimal 250 pengunjung per hari, daftarkan blog Anda ke Google Adsense dengan cara klik menu "Earning" (Penghasilan) di Dashboar Blogger, lalu kil "Daftar Adsense". Syarat pendaftaran bisa dilihat di Panduan Google Adsense

MASIH KURANG?

Ini dia beberapa link yang share tentang cara cari duit di internet atau bekerja secara online:

So... Cari Kerja? Jadilah Online Preneur - Wirausahawan Online! Good Luck! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Cari Kerja? Jadilah Online Preneur - Wirausahawan Online!"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.