Menulis

Jenis-Jenis Blog

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Jenis-Jenis Blog
BLOG yang dikenal sebagai web, website, atau situs pribadi (personal website) itu banyak macamnya. Jenis-jenis blog bisa diklasifikasikan berdasarkan platform (templat ngeblog) dan content (konten/isi).

Jenis Blog Berdasarkan Platform

Berdasarkan platform atau templat ngeblog, blog dibagi menjadi 5 jenis:

1. Free Blog
Ini jenis blog terpopuler dan sepenuhnya gratis, seperti blogger/blogspot, wordpress, thumblr, dll. Contoh: http://blogromeltea.blogspot.com.

2. Self-Hosting Blog
In jenis blog dengan nama domain sendiri, hosting sendiri, namun menggunakan Content Management System (CMS) gratis, seperti Wordpress.org, Joomla, Drupal, dll. Doman dan hostingnya menyewa ke provider domain-hosting, mulai harga Rp100 ribu hingga jutaan rupiah per bulan. Contoh selfhosting blog dengan CMS Wordpress: http://www.romeltea.com.

3. Citizen Journalism Blog
Ini juga gratis, sama seperti jenis blog nomor 1. Disebut blog jurnalisme warga karena blog ini disediakan oleh media online komersial. Jurnalisme warga adalah jurnalistik (pemberitaan, penulisan) yang dilakukan oleh warga biasa (bukan wartawan). Contoh jenis blog ini yang paling populer adalah Kompasiana (Kompas) dan Blogdetik (Detik.com).

4. Corporate Blog
Corporate Blog adalah jenis "blog dalam website", yaitu blog yang terintegrasi dalam sebuah website perusahaan (corporate website) atau website lembaga. Selain menampilkan profil, kontak, produk/jasa, website perusahaan/lembaga biasanya juga memiliki kategori BLOG untuk memuat berita-berita terkini seputar dinamika perusahaan atau opini terkait perusahaan.

5. Micro Blog 
Dinekal dengan sebutan microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note yang berfungsi sama dengan blog.

Jenis Blog Berdasarkan Konten

Berdasarkan isinya, jenis blog dibagi dua:
  1. Niche Blog, yaitu blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, blog komunikasi, blog agama, blog bisnis (toko online), dll. Ilustrasi jenis-jenis blog yang ada di posting ini, yang dikutip dari ProBlogger, juga menunjukkan ragam jenis Niche Blog.
  2. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu, biasanya blog pribadi untuk "curhat" pemikiran atau gagasan tentang berbagai hal.
Berdasarkan FORMAT konten, blog dibagi lagi menjadi beberapa jenis:
  1. Vlog (Video Blog) atau Vlogging (Video Blogging), yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Phlog (Photoblog), yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog. Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Spol (Spam Blog) atau Blog Pengganggu. Ini jenis blog yang menjadi "common enemy" para blogger. Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).
Jika kita Googling dengan kata kunci "Types of Blogs", maka akan ditemukan lagi jenis atau kategori blog lainnya, seperti:

  • Blog Ahli (Expert Blog)
  • Blog Tutorial (Tutorial Blog)
  • Blog Pendidikan (Educational Blog)
  • Blog Selebritas (Celebrity Blog) atau blognya para artis/aktor, dan masih banyak lagi.
Wordpress juga membuat posting khusus tentang jenis-jenis blog (Types of Blogs) sebagai panduan bagi usernya.

Wuihhh.....! Banyak juga ya jenis-jenis blog? CMIIW.... :) Blog Anda masuk jenis mana? Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Blog"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.