September 24, 2015

Desain Situs Web Instansi/Perusahaan yang Baik

By Romeltea | Published: September 24, 2015

desain website dan manajemen konten
DIUNDANG berbicara oleh sebuah instansi soal desain dan manajemen konten website "memaksa" saya melakukan "riset online" tentang Desain Situs Web Instansi/Perusahaan yang Baik.

Saya menemukan contoh website yang dinilai terbaik oleh Forbes karena tampilannya menarik dengan navigasi yang bagus (ramah pengguna/user friendly).

Saya juga menemukan 15 desain halaman depan situs web terbaik versi Hubspot karena unik, menarik, dilengkapi link ke berbagai halaman, dan TANPA ANIMASI ataupun Slider yang hanya "memusingkan" pengguna.

(There aren't "flashy" objects that get in the way of browsing, such as flash banners, animations, pop-ups, or overly-complicated and unnecessary elements... flash banners, animations, pop-ups, or overly-complicated and unnecessary elements)

Situs web instansi/perusahaan, menurut Hubspot, hendaknya secara jelas menjawab pertanyaan "siapa saya", "apa yang saya lakukan", dan/atau "apa yang bisa Anda (pengunjung) lakukan di situs ini" (Clearly answers "Who I am," "What I do," and/or "What can you (the visitor) do here").

Keriteria tersebut sesuai dengan rekomendasi pakar web usability di NN Group yang menyatakan: jelaskan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan --Make the Site's Purpose Clear: Explain Who You Are and What You Do.

Website adalah kantor yang buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Humas (PR) modern bukan hanya wajib menguasai keterampilam menulis, termasuk menulis online, tapi juga mengelola website instansi/perusahaannya dengan baik. Saya sudah share daftar skill yang wajib dimiliki humas modern.

Baca Juga:
Website instansi/perusahaan wajib menampilkan menu About yang menunjukkan identitas atau profil, juga kontak yang memberikan infomasi bagaiman pengguna bisa menghubungi.

Menu akun media sosial, seperti Facebook dan Twitter, juga wajib mudah ditemukan untuk di-like dan di-follow.

Daftar desain situs web instansi/perusahaan yang baik yang bisa kita temukan di Forbes dan Hubsot di atas menunjukkan desain situs-situs itu sangat menarik dan ramah pengguna (user friendly), termasuk dilengkapi berita terbaru tentang dinamika lembaga dan produk terbaru (perusahaan).

Sejak diberlakukannya UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik), instansi pemerintah atau badan publik WAJIB menyediakan informasi bagi publik.

Website menjadi sarana terbaik saat ini untuk menyediakan informasi tersebut, sekaligus dinamika lembaga "plat merah" untuk menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa mereka bekerja, tidak hanya terima gaji dari APBN. 

Bukan informasi "asal ada", tapi dikemas semenarik mungkin agar enak dibaca. Website instansi mesti menarik karena ada anggaran dari negara/rakyat untuk membuatnya, juga isinya mesti menarik, bermanfaat, dan update juga karena ada anggarannya dari uang pajak rakyat.

Kalangan humas pemerintah, dengan demikian, wajib menguasai desain web dan mengelola isinya (content management) dengan baik, termasuk cara menulis berita yang baik. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*


Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Desain Situs Web Instansi/Perusahaan yang Baik

  1. Wihh manteb gan info nya, makasih gan
    website nya rapih
    kunjung balik gan, banyak artikel tentang kesehatan dan pengobatan penyakit
    Golden Gamat

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *