November 3, 2013

3 Cara Jitu Mengatasi Grogi atau Gugup Saat Public Speaking

By Romeltea | Published: November 3, 2013

3 Cara Jitu Mengatasi Grogi atau Gugup Saat Public Speaking
Grogi adalah merasa canggung atau takut berhadapan dengan orang banyak (KBBI). Istilah yang serupa dengan grogi adalah gugup, yaitu berbuat atau berkata dl keadaan tidak tenang; gagap; sangat tergesa-gesa; bingung.

Grogi, gugup, atau nerveous dalam bahasa Inggris menjadi perhatian tersendiri dalam dunia public speaking. Banyak atau bahkan kebanyakan orang merasa grogi saat public speaking, terutama bagi yang tidak terbiasa bicara di depan umum.

Grogi disebabkan oleh rasa takut --takut salah, takut tidak menarik, takut memalukan diri sendiri, dan sebagainya. Akibat grogi antara lain napas jadi tidak teratur, deg-degan, nge-blank atau hal yang mau disampaikan jadi lupa, gemeteran, dan keluar keringat dingin.

Dalam istilah lain, grogi adalah "demam panggung".

3 Cara Jitu
Ini dia cara jitu mengatasi grogi atau gugup dalam public speaking, selain tips-tips lain yang bisa Anda temukan di berbagai tempat (online):
1. Banyak Latihan
2. Kuasa Materi
3. Jangan Lihat Mata Audience, Tapi Lihatlah Atas Kepalanya!

Kebanyakan orang yang grogi panggung disebabkan karena pengaruh terlalu banyak sorot mata yang memperhatikan. Kalau Anda "tidak kuat" melihat sekian ribu pasang mata yang menyoroti , maka tak perlu "membalas" dengan melihat mata mereka! Tapi, lihatlah atas kepala mereka!

Sudah, itu saja cara jitu mengatasi grogi atau gugup dalam publc speaking atau berbicara di depan umum. Yakin, jika ketiga hal itu And lakukan, grogi/gugup akan teratasi! Good luck!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on 3 Cara Jitu Mengatasi Grogi atau Gugup Saat Public Speaking

Contact Form

Name

Email *

Message *