November 1, 2013

Dasar-Dasar Siaran Radio

By Romeltea | Published: November 1, 2013

dasar-dasar siaran radio
Dasar-dasar siaran radio (basic announcing) adalah hal-hal mendasar yang harus dipahami dan dikuasai penyiar radio. Penyiar radio tidak "asal" ngomong di ruang siaran. Ada dasar-dasar siaran radio yang mesti diperhatikan sehingga bisa siaran radio dengan baik dan benar.

Dasar-dasar siaran radio minimal lima:

1. SMILE. Senyum. Awali dengan senyum sebelum dan sambil membuka siaran (opening) --salam, sapa pendengar, dll.-- sehingga melahirkan "Smiling Voice" yang terdengar akrab, hangat, enak didengar.

2. VISUALISASI 1. Bayangkan pendengar hanya SATU orang dan DI DEPAN kita. Visualisasi demikian akan melahirkan volume suara yang pelan namun powerful dan hangat.

3. VISUALISASI 2. Bayangkan pendengar satu orang yang di depan kita itu adalah TEMAN AKRAB, intimate friend, best friend, sehingga kita bicara ramah, asyik, menyenangkan, dan ceria. Bicaralah layaknya ngobrol mengasyikkan dengan dia.

4. TEKNIK VOKAL. Bicaralah dengan SUARA DIAFRAGMA. Duduk tegak, jangan membungkuk, dan rileks! Bicaralah dengan artikulasi yang baik (jelas), aksenstuasi (stressing pada kata-kata tertentu), tidak monoton, tidak terlalu cepat (speed) dsb.

5.  AIR PERSONALITY. Kepribadian di udara, yaitu attitude (sikap) dan gaya berbicara sesuai dengan format radio, format acara, dan gaya siaran (ceria, serius, humoris).

Demikian Lima Dasar-Dasar Siaran Radio. Kenapa cuma lima? Karena Pancasila juga lima sila, he he...

Tentu masih banyak dasar-dasar siaran radio lainnya, seperti pemahaman format radio, format clock, penguasaan alat siaran, pemahaman visi-misi program acara, dan sebagainya. Stay tuned aja di blog ini ya biar gak ketinggalan! Salam Broadcter!

Sumber: Buku Dasar-Dasar Siaran Radio (Basic Announcing) karangan Asep Syamsul M. Romli, Penerbit Nuansa Cendikia Bandung.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Dasar-Dasar Siaran Radio

Contact Form

Name

Email *

Message *