August 31, 2014

Mendapatkan Backlink Blog dengan Komentar

By Romeltea | Published: August 31, 2014

Mendapatkan Backlink Blog dengan Komentar

BANYAK
blogger rajin berburu untuk mendapatkan tautan balik atau backlink dengan komentar di blog orang lain. Dalam dunia blogging ini disebut "blog walking" --jalan-kalan ke blog orang lain lalu kasih komentar.

Namun, seringkali komentarnya "asal" dan berbau "spam" (spammy comment), bahkan "komentar sampah" (junk comment).

Komentar terkesan "asal" itu seperti "nice info", "nice artikel", "great post", "infonya berguna banget", dan sebagainya, terkesan "basa-basi", lalu diiringin dengan link atau kalimat "ditunggu kunbalnya" dsb.

Apa Backlink dan Buat Apa?

Backlink adalah tautan balik dari web atau blog orang lain ke blog kita. Backlink masih merupakan faktor peringkat web utama dalam SEO Google, setelah kualitas konten.

Backlink adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web atau website lain, biasanya digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta kontennya. 

Link ini mirip dengan hyperlink, namun bisa membantu memaksimalkan SEO website dan bukan sekadar menautkan resource.

Komentar Cara Jitu Dapat Backlink 

Mendapatkan backlink (tautan balik) dengan rajin komentar di blog lain memang merupakan cara jitu. Namun, jika komentarnya berbau "spam" dan "junk", sama sekali tidak berguna, useless, bahkan hanya menunjukkan "keamatiran" sang komentator di dunia blogging.

"If you leave comments that don’t say much more than “great post!” then you’re wasting your time (and everyone else’s)," kata Daily Blog Tips seraya memberikan 5 tips komentar yang baik dan berkualitas.

Kebanyakan blog atau website menerapkan "rel=nofollow" dalam setting komentarnya. Artinya, tidak memberikan backlink, hanya berupa "link effect", yaitu tetap membuka peluang blog Anda dikunjungi blogger lain, minimal oleh blogger yang blognya Anda komentari.

Maka, kata Daily Blog Tips, komentarlah "dengan sepenuh hati", relevan alias "nyambung" dengan tulisan yang dikomentari, diskusi di sana, jika perlu kritisi! Makin berkualitas komentar Anda, kian tertariklah pengunjung lain untuk membuka blog Anda --ini yang dimaksud Link Effect.

Banyak komentar di blog Romeltea Media ini yang terpaksa dihapus. Selain komentarnya berbau "spam" dan "junk", link blognya juga ternyata berupa blog dengan konten negatif, seperti pornografi dan perjudian. Hiiii..... ngeri! Bisa-bisa kena banned deh Google Adsense gw :)

Mendapatkan Backlink Blog dengan Komentar itu bagus banget, selama komentarnya berkualitas dan berkomentar di blog "dofollow" yang sangat langka. 

Tapi, lebih bagus lagi adalah membuat tulisan, posting, atau konten berkualitas di blog. Itu cara terbaik meningkatkan popularitas blog dan mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian (SERP) Google. 

Cara jitu banet mendapatkan backlink adalah content placement atau memasang postingan di blog orang lain. Dulu disebut "guest post" atau posting tamu.

Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Ilustrasi pengertian backlink by collegeofmarketing.com

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

77 comments on Mendapatkan Backlink Blog dengan Komentar

  1. Ane sependapat dengan agan.. Kebanyakan komentartor di blog hanya nyepam saja dengan tujuan biar dapat backlink saja.. Padahal gak ada salahnya jika kita benar2 membaca dulu artikel yang disajikan, kemudian berkomnetar jika ada hal yg ingin disampaikan :D

    ReplyDelete
  2. Saya sering banget mengalami ini. Orang-orang yang komentar di situs kami isinya spam dan junk. Karena itu saking emosinya, saya set auto delete saja antispam di wordpress kami.

    ReplyDelete
  3. cara komentar yang bagus supaya dianggap backlink? trus yg nilai komentar kita backlink atau spam google apa pemilik situs? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Maka, kata Daily Blog Tips, komentarlah "dengan sepenuh hati", relevan alias "nyambung" dengan tulisan yang dikomentari, diskusi di sana, jika perlu kritisi! Makin berkualitas komentar Anda, kian tertariklah pengunjung lain untuk membuka blog Anda --ini yang dimaksud Link Effect.

      2. Google dan pemilik situs, dua-duanya.

      Delete
  4. komen pendek seperti "mantap gan" dan sebagainya tanpa meninggalkan signature / alamat blog pribadi milik nya juga termasuk spam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's SPAMMY, berbau spam..... Not Absolutely Spam....

      Delete
    2. bukannya setiap mau komentar dapat mengatur nama dan alamat website ? sehingga ketika klik link profile dapat mengarah ke website utama ?

      Delete
  5. Apakah mungkin hanya mengandalkan konten yang berkualitas tanpa backlink? Saya masih mencari trik terbaik buat backlink yang berkualitas.
    Salam dari penulis usaha sampingan
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Semua saling berkaitan dan berhubungan baik konten dan backlink tidak bisa dipisahkan seperti pasangan suami istri, thanks

    ReplyDelete
  7. Untuk web berbasis blogspot/blogger bukannya secara default link "rel=nofollow" yah?

    ReplyDelete
  8. Mas, boleh minta tolong bisikin ga link blog yang reputasinya sudah ok? maklum newbie mas..hehe. thanks :)

    ReplyDelete
  9. oke gan terima kasih infornasinya

    ReplyDelete
  10. Kalo misalnya sewa jasa backlink gimama gan,apakah bgus menurut google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google bilang, hanya menilai backlink natural dan dari situs terpercaya, misalnya Wikipedia atau media sosial

      Delete
    2. Klo nyimpan backlink di wikipedia kayak nya harus hati2,klo tdk ingin di anggap zpam

      Delete
  11. Mohon Contohnya suhu, Seperti Apa Komentar yang berkualitas tersebut? dan standar kategori Backlink yang bekualitas bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam tulisan di atas sudah dijelaskan, silakan simak lagi :)

      Delete
  12. pakah mungkin hanya mengandalkan konten yang berkualitas tanpa backlink? Saya masih mencari trik terbaik buat backlink yang berkualitas.
    Salam dari penulis ini gan :)
    ijin share juga ya gan blog ane :)
    Situs Poker Terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin banget, banyak blog #1 Google tanpa backlink sama sekali, don't worry about backlink, content is king!

      Delete
  13. Seni pasang backlink ya gini,harus hati2 klo tdk ingin di anggap spam hehe

    ReplyDelete
  14. Jadi terlalu banyak spam di website kita memberikan dampak buruk.

    Backlink yang bagus adalah dofollow
    backlink nofollow juga backlink tapi kualitasnya rendah..

    ReplyDelete
  15. Gan, ane ada pertanyaan nih.
    Kalo seumpama ane komen dengan mencantumkan link ane di kolom komen kayak gini, apa link itu juga bakal dikenali Google sebagai backlink? Terus cara taunya itu udah jadi backlink gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya backlink juga namanya, namun umumnya di kolom komentar blog / web mana pun sudah disetting "nofollow" sehingga disebut "backlink nofollow".

      Delete
  16. Terima kasih ya infonya sangat membantu,
    share sedikit Zinc oxide indonesia

    ReplyDelete
  17. mau tanya gan, se-efektif apa sih backlink komertar di tahun ini?

    ReplyDelete
  18. Apakah cara tersebut masih relevan hingga saat ini? terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  19. mantap gan sangat bermanfaat, tinggal praktek

    ReplyDelete
  20. menurut saya komen yang hanya mengatakan "artikel nya bagvus blabla bla " yang intinya cuman menyanjung penulis, saya mikirnya pasti mereka hany komemtar tanpa membaca artikelnya . jadi seperti cari aman saja komentarnya . maaf tidak berniat menyinggung pihak mamapun :)

    ReplyDelete
  21. terima kasih info tentang backlinknya...gan gambar diperbanyak spy lebih jelas lagi infomasinya Reading Head starts

    ReplyDelete
  22. Setuju dengan artikel ini.. Begitu pun dengan blog saya, banyak sekali terkadang muncul komen2 kurang enak dilihat mulai dari perjudian, iklan alat2 esek2 dan banyak lagi. Terkadang kita yang sedikit repot untuk hapus2 nya.

    Btw tks loh artikel nya bagus..

    Salam blogger

    ReplyDelete
  23. Apakah ada footprint tertentu untuk mencari sumber backlink gan?

    ReplyDelete
  24. Paling bagus yg backlink komentar wkwkwkwk

    ReplyDelete
  25. Artikel anda sangat membantu untuk cari solusi backlink

    ReplyDelete
  26. Saya sering kali pada saat ingin meletakkan backlink membaca komentar orang yang selalu mengatakan nice info keep updated dan lain lain, itu menurut saya yang mengerjakan bukanlah manusia, melainkan menggunakan robot atau program yang di rancang untuk mencari backlink dan menempelkan backlink di setiap stisu yang mreka crawl.

    ReplyDelete
  27. Setuju dengan artikel ini.. Begitu pun dengan blog saya, banyak sekali terkadang muncul komen2 kurang enak dilihat mulai dari perjudian, iklan alat2 esek2 dan banyak lagi. Terkadang kita yang sedikit repot untuk hapus2 nya.

    Btw tks loh artikel nya bagus..

    Salam blogger

    ReplyDelete
  28. seberapa besar sih pengaruh backlink ke seo???

    ReplyDelete
  29. Lagi belajar SEO, ini yang paling sulit dalam membangun Website

    ReplyDelete
  30. Gan untuk sekarang apakah cara ini masih efektif untuk seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih, backlink masih jadi elemen SEO penting...

      Delete
  31. apa ada list blog yg bvisa diisi komentar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, ketik aja Daftar Blog Populer di Google

      Delete
  32. Gan, apakah backlink itu harus yang sesuai dengan Niche yang kita pilih... Misalnya nih, saya punya Blog Otomotif... apakah harus yang sesuai agar mendapat manfaat dari backlink tsb?

    ReplyDelete
  33. Artikel Yang Sangat menarik gan

    ReplyDelete
  34. menurut saya komentar yang hanya mengatakan "artikel nya bagvus blabla bla " yang intinya cuman menyanjung penulis, saya mikirnya pasti mereka hanya komentar tanpa membaca artikelnya . Jadi seperti cari aman saja komentarnya

    ReplyDelete
  35. terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  36. BISMILLAH GAS, MAKASIH MIN

    ReplyDelete
  37. Mas saya baru membuat blog, Niche cerita atau cerpen, bisa Ndak dengan backlink ini dan keyword hasil pencarian blog kita bisa meningkat,?

    Terimakasih wasallam

    ReplyDelete
  38. Hal yang sulit dalam blog sekiraku adalah backlink. backlink juga sangat berpengaruh sebagai sumber traffic blog, sampai sekarang blog belum tau gimana caranya backlink.

    ReplyDelete
  39. Terimakasih Info yang anda berikan sangat bermanfaat.

    Salam Dari Pusat Material

    ReplyDelete
  40. Info yang menarik ini yang akan di praktekan.

    ReplyDelete
  41. Mencari Blog komen yang berkualitas itu gampang2 susah, namun di sini admin telah membantu kami.

    terimakasih

    ReplyDelete
  42. diblog mana pun yang saya lihat dan baca semua sama tetap disisipkan backlink hanya saja jika komentar nya bagus dan bisa diterima kemungkinan besar akan di berikan backlink dofoolow

    ReplyDelete
  43. Informasinya mencerahkan. Salam kenal bosque..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga demikian. Salam kenal kembali...

      Delete
  44. Dari kemaren lagi nyari tau tentang backlink komen akhirnya dapat pencerahan di sini

    ReplyDelete
  45. Izin bertanya, apakah kita harus memberikan komentar di blog yang sesuai dengan niche kita? apakah bebas komen di beragam situs, namun tidak sesuai apa yang kita bahas di blog?

    Saya pernah komentar di artikel terbaru yang membahas "meta", komen tersebut sama MOZ telah diindeks lebih cepat. Dibanding dengan komen di blog DA PA tinggi luar negeri yang sebulan lebih terindeks, mungkin ini yang dimaksud rometeamedia komen mengandung spam, isi komentarnya sangat banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sebaiknya sesuai niche blog kita... Komentarnya juga baiknya memperkuat atau mengoreksi postingan

      Delete
  46. Bikin bingung juga ya,, mana sebenarnya cara yang terbaik menurur google, kadang kita nari backlink asala asalan eeh nonggol di top one .

    ReplyDelete
  47. KAMPUNG BURGER bertujuan menciptakan sensasi baru di dunia kuliner Indonesia khususnya burger, diawali dari penggunaan daging premium serta bahan baku yang berkualitas lainnya sehingga menciptakan rasa burger yang spesial serta mudah diterima di lidah orang Indonesia dan memiliki harga yang cocok untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Satu visi kami yaitu BURGER CITA RASA INDONESIA, kedepanya akan mengembangkan menu burger tradisional, serta sebagai pelopor pertama burger bercirikhas Indonesia.
    Kami berharap anda dapat bergabung dengan kami karena dengan harga kemitraan yang cukup murah jadi KARYAWAN BISA JADI BOSS jadi tunggu apa lagi
    jenis jenis burger di seluruh dunia bagaimana menarik bukan jenis jenis burger yang ada diseluruh dunia, ini bisa disebabkan oleh culture,budaya dan juga marketing dari setiap negara

    ReplyDelete
  48. Romelteamedia adalah salah satu blog yang hampir saya kunjungi tiap hari.Penjelasannya sangat mudah di cerna.beberapa kali juga saya kujungi cahennel youtubenya, walaupun masih berisi sedikit video.Sukses terus ya bang.Oh ya bang, nyediain jasa backlink juga nggak ya?..sy minat gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, juga doanya.
      Iya, nyedian jasa backlink (sponsored post dan link insert)
      Thanks.

      Delete
  49. apakah dengan meniggalkan komentar untuk mendapatkan backlink juga akan mendapatkan link juice dari keyword di komentar2 sebelumnya ?? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  50. Tips berkembang untuk pemilik blogger.

    Login ke Google Search Console kita, dan lihat berapa jumlah External link masuk ke blog atau website kita.

    Selepas itu, tingkatkan jumlah itu setiap hari dengan mengomen ke dalam blog orang lain.

    Semoga sukess

    ReplyDelete
  51. Ilmu yang sangat bermanfaat bagaimana pengaruh backlink bisa jadi positif dan negatif, luar biasa cara menjelaskannya.

    ReplyDelete
  52. Oo jadi komentar itu juga bisa jadi backlink ya gan, pantas blog gw banyak banget komen tp ngga relevan sama isi artikel gw. Komen judi paling banyak si asli. Thanks gan infonya mantep

    ReplyDelete
  53. di tahun 2022 ini apakah backlink masih perlu, karena setahu saya sekarang yang terpemting adalah kontent

    ReplyDelete
    Replies
    1. Content is King (Media). Backlink is King (SEO). Jadi? Masih perlu banget. Jasa SEO (Backlink) pun makin banyak.

      Delete
  54. terima kasih banyak gan, untuk infonya.

    ReplyDelete
  55. Hmmm... Berarti komentar yang baik itu komentar yang tidak cuma sekedar kata-kata pujian tapi juga dibarengi ama pertanyaan atau usulan positif kepada penulisnya, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kira-kira, kalau komentarnya panjang dan bagus, misalnya melengkapi, maka akan mengundang pembaca kunjungi blog Anda.

      Delete
  56. berarti harus berkomentar sesuai dengan topik blok ya kak,. makasih kak sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *