September 19, 2015

Cara Melindungi Tulisan Blog dari Plagiator - Copas

By Romeltea | Published: September 19, 2015

Cara Melindungi Tulisan Blog dari Plagiator - Copas
BANYAK blog atau situs web yang memasang Kode Anti Copas - Disable Klik Kanan Mouse untuk melindungi konten dari "pencurian" para "copaser".

Namun, sejauh ini tidak ada kode atau cara ampuh melindungi tulisan dari plagiator atau aksi copy-paste.

Kode anti-copas/disble klik kanan masih bisa diatasi dengan Disable Javascript di browser atau menggunakan Print Friendly.

Bisa juga dengan cara tradisional: ketik ulang (retype/rewrite).

Menurut laman copyscape.com, plagiarism merupakan masalah serius dan meluas di dunia maya.

"Kapan saja seseorang dapat menyalin isi situs Anda untuk dimuat di situsnya sendiri. Setelah melakukan perubahan alakadarnya, mereka akan mengklaim tulisan Anda sebagai tulisan mereka.”

[Plagiarism is a serious and growing problem on the Web. At any moment, anyone in the world can copy your online content and instantly paste it onto their own site. After making minor changes, they will claim your content as their own.]

Copas bukan kejahatan selama menyebutkan sumber. Copas yang tidak menyebutkan sumber disebut plagiarism atau plagiat karena "mengklaim" karya orang lain sebagai karya sendiri. Dalam "bahasa hukum" itu namanya pelanggaran hak cipta (copyright).

Laporkan ke Google!

Jika Anda rela tulisan di blog Anda di-copas alias "dicuri" (diposting ulang tanpa izin atau tanpa menyebutkan sumber) di blog orang lain, maka tidak ada masalah. Let it be, kata The Beatles.

Namun, jika Anda tidak rela  tulisan  di blog Anda di-copas tanpa menyebutkan sumber, Anda bisa melaporkannya kepada Google.

Blogger yang memasang ulang tulisan di blog Anda tanpa menyebutkan sumber itu bisa dihapus, diblokir, atau dibanned Google.

Anda bisa melaporkan kasus plagiarisme konten blog Anda itu kepada Google DMCA (Digital Millennium Copyright Act), yaitu layanan untuk menghapus berbagai konten yang ada di Google yang telah melanggar peraturan.

Copas, meski menyebutkan sumber, tidak disukai Google. Mesin pencari terpopuler di dunia ini mengutamakan konten segar (fresh content) alias baru, orisinal, asli tulisan sendiri, dan "lengkap". Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Cara Melindungi Tulisan Blog dari Plagiator - Copas

  1. yoi bro,,,ane bln lalu udah ngelaporin 100 url...
    bulan ini kyaknya akan 100 url lg nih,,,
    mari blogger sejati bersatu melenyapkan blogger copas, dng selalu melaporkan artikel qt yg dicopast.....insy jika semua bersatu dlm 1-3 bulan blogger copast akan habis... trims

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *