September 24, 2017

Mengintip Penghasilan Media Online - Situs Berita Indonesia

By Romeltea | Published: September 24, 2017

Penghasilan Media Online - Situs Berita Indonesia
Mengintip Penghasilan Media Online (Situs Berita).

DULU, sumber pendapatan media cetak (suratkabar/majalah) adalah iklan dan penjualan (sirkulasi, oplah). Sumber penghasilan media cetak (radio dan televisi) murni iklan, plus kegiatan off air --iklan juga karena mengandalkan sponsor.

Kini, sumber penghasilan media cetak dan elektronik masih sama, utamanya iklan. Banyak media cetak bahkan gulung tikar karena kalah bersaing dengan media baru era internet: media online (situs berita).

Dari mana penghasilan media online? Sama, iklan juga! Itu pun bukan iklan sendiri, tapi iklan Google, yakni Googl AdSense. Situs-situs berita menjadi penayang iklan Google dan mendapatkan komisi dari Google.

Jarang media online menayangkan ilklan lokal, dalam arti pasang langsung di situs berita, karena pemasang iklan lebih memilih memasang iklan di Google agar tersebar luas di berbagai media online, termasuk blog.

Google Adsense menjadi andalan pendapatan media online. Karenanya, media-media online berusaha dengan "berbagai cara" agar trafik situsnya tinggi, pengunjungnya banyak, pembacanya ramai. Trafik berpengaruh pada penghasilan, sebagaimana oplah dan iklan di media cetak.

Salah satu cara "tidak etis" meningkatkan jumlah pengunjung adalah menulis judul berita umpan klik (clickbait journalism) yang mencederai nilai-nilai jurnalistik. Baca deh: Jurnalisme Umpan Klik.

Berapa penghasilan media-media Online di Indonesia?
Kita bisa mengintip penghasilan Media Online melalui StatShow. Akurat atau tidak, urusan belakangan. namanya juga estimasi atau perkiraan.

Namun, menurut saya, akurasi StatShow lumayan OK. Blog romelteamedia.com misalnya, diperkirakan menghasilkan uang US$18 per hari dengan data sebagai berikut:

Website Worth: $6,705.05
Daily Pageviews: 6,333
Daily Visitors: 2,878
Daily Ads Revenue: $18.3

Nah, data itu "mendekati kebenaran". Saya hanya bisa mengaminkan saja. Amin...!

Deskripsinya begini: 

"romelteamedia.com rank has increased 19% over the last 3 months. romelteamedia.com was launched at January 31, 2014 and is 3 years and 237 days. It reaches roughly 86,340 users and delivers about 189,990 pageviews each month. Its estimated monthly revenue is $551.10. We estimate the value of romelteamedia.com to be around $6,705.05. The domain romelteamedia.com uses a Commercial suffix and its server(s) are located in United States with the IP number 216.239.36.21. romelteamedia.com is not listed on Dmoz."

Penghasilan perbulannya --dari AdSense-- katanya sekitar US$551.10 atau Rp7,3 juta per bulan! Amin....! Akurat? Nyaris! Belum nyampe!!!

Mengintip Penghasilan Media Online di Indonesia

Sekarang mari kita Mengintip Penghasilan Media Online atau beberapa Situs Berita di Indonesia. Jika blog prubadi semacam romelteamedia.com yang hanya dikunjungi dua ribuan pengunjung per hasi sudah bisa menghasilkan Rp7 juta per bulan, bagaimana dengan situs berita yang jumlah pengunjungnya mencapai jutaan user per hari?

Penghasilan Detik
Kita intip detik.com. Hasilnya begini:

Website Worth: $24,516,831.00
Daily Pageviews: 7,720,619
Daily Visitors: 1,838,242
Daily Ads Revenue: $22,389.80

Wow!  Pengdapatkan AdSense detik.com mencapai Rp297,5 juta per hari! Wajar saja, pengunjungnya juga mencapat 1,8 juta per hari dengan pageviews 7,7 juta per hari.

Penghasilan Kompas.com
Kinta intip sekarang kompas.com, hasilnya:

Website Worth: $11,497,521.90
Daily Pageviews: 3,620,696
Daily Visitors: 1,448,278
Daily Ads Revenue: $10,500.02


Penghasilan kompas.com per hari  sekitar Rp 139,5 juta.

Mau tahu penghasilan situs berita lainnya? Silakan cek sendiri di StatShow. Anda juga bisa mengecek statistik pengunjung dan estimasi penghasilan blog Anda di sana. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

10 comments on Mengintip Penghasilan Media Online - Situs Berita Indonesia

  1. Ulasannya bermanfaat Bapak, salam

    ReplyDelete
  2. Menambah info untuk mendirikan situs resmi

    ReplyDelete
  3. Wah gede juga ya pendapatan portal detik. Itu punya server sendiri atau masih ikut pihak ketiga ya?

    ReplyDelete
  4. Per hari visitor saya 100-200 tapi dibilang cuma daily visitor 1 doang. SadGirl... Harga web $10 doank, ada yang mau beli wkwkw
    Tapi yang udah pasti salah adalah dibilang web saya diluncurkan tahun 2000, ini salah total. Karena saya buat ini tahun 2015. Anyway, keren gan infonya. Thanks. Moga blog Ayy segera sukses juga kayak agan. Amin

    ReplyDelete
  5. Tetapi, kebanyakan konten atau berita mereka banyak yang ngawur.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *