June 30, 2018

Perbedaan Harimau, Macan, dan Singa

By Romeltea | Published: June 30, 2018

Perbedaan Harimau, Macan, dan Singa
Singa | Macan | Harimau.*
Perbedaan Harimau dan Macan. Apa bedanya dengan Singa?

POSTING ini saya tulis saat #PersibDay trending di Twitter, Sabtu 30 Juni 2018, terkait pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion PTIK Jakarta.

Tiap Persib main memang tagar #PersibDay selalu TT di Twitter.

Julukan Persija adalah Macan Kemayoran. Julukan Persib Bandung adalah Maung Bandung. Maung adalah bahasa Sunda Harimau. Duel Persija vs Persib disebut juga duel Macan Kemayoran vs Maung Bandung --diambil dari nama julukan kedua tim.

Saya pun penasaran, apa bedanya Harimau dan Macan? Ada juga Singa yang menjadi julukan Arema FC, Singo Edan. Hanya tiga tim ini yang berjuluk nama hewan yang serupa tapi tak sama: harimau, macan, singa.

Ok, sekarang apa Perbedaan Harimau dan Macan? 

Menurut KBBI, harimau adalah binatang buas, pemakan daging, wujud seperti kucing besar. Macan menurut KBB adalah harimau. Jadi, secara bahasa, harimau = macan.

Namun, dikutip Kumparan dari website Taman Safari Indonesia, harimau dan macan merupakan dua spesies yang berbeda

Harimau atau yang memiliki nama latin panthera tigris merupakan salah satu spesies dari kelompok kucing besar (big cat). Harimau diketahui memiliki corak loreng dengan warna beragam, mulai dari hitam, cokelat, hingga putih.

Macan merupakan spesies dari kelompok kucing sedang (middle cat). Berbeda dengan harimau yang memiliki corak loreng, macan bercorak tutul-tutul. Macan juga memiliki tubuh yang lebih ramping dan ekor yang panjang.

Kalau singa? 

Singa (bahasa Sanskerta: Siṃha, atau dalam bahasa Latin: Panthera leo) adalah spesies hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing juga seperti halnya harimau dan macan.

Menurut KBBI, singa adalah binatang buas, bentuknya hampir sama dengan macan, pada singa jantan terdapat bulu panjang di muka (sebagian kepala bagian depan).

Nah, itu dia perbedaan harimau, macan, dan singa. Perhatikan kembali gambar di atas biar yakin :) Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Perbedaan Harimau, Macan, dan Singa

  1. Fakta menariknya, Singa bukan raja hutan karena raja hutan yang sebenarnya adalah Harimau.

    Dari segi ukuran dan kekuatan fisik, Harimau menang melawan Singa. Sayangnya, ketika Harimau dilepaskan di gurun afrika yang terkenal akan kejamnya kehidupan, Harimau tidak bisa dan tidak akan sanggup bertahan hidup.

    Singa = tidak layak hidup di hutan, dan dia bukan raja hutan; Singa adalah rajanya dataran Afrika - karena mayoritas singa saat ini berada di Afrika dan India

    Harimau = bakal mati jika hidup di dataran Afrika karena fisiknya diciptakan bukan bertahan hidup sekejam-kejamnya kehidupan di dataran Afrika; tapi lebih kuat dan besar dibandingkan Singa

    Macan? Spesialis manjat pohon dan berburu diam-diam di malam hari. Cheetah? Top Speed-nya gede mencapai 180km/jam, sayangnya Cheetah punya rahang kecil. Hyena? Doyan maling makanan milik Singa, dilakukan secara berkelompok (20-40 ekor) makanya selalu bisa nyuri makanan milik singa.

    Cheetah merupakan binatang darat dengan kecepatan tertinggi di dunia (160-180km/jam), sedangkan burung elang Peregrine merupakan hewan tercepat di udara dengan kecepatan 320km/jam.

    Info ini saya dapat langsugn dari tontonan NatGEO di TV - Saya pria, AG :')

    ReplyDelete
  2. Yaa sempat bingung sih dngn Harimau.

    Yaa klau harimau itu macan bru skrg saya paham.

    Klau singa sih tidak ada masalah..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *