Cara Mendapat Uang dari Internet, Peluang Bisnis Online

Follow @romel_tea
Internet bisa menghasilkan uang. Minimal uangnya buat biaya internetan, beli kuota atau bayar langganan ke ISP. Artikel ini mengulas Peluang Bisnis Online bagi Pemula.

Cara Mendapat Uang dari Internet, Peluang Bisnis Online

CARA mendapat uang dari internet dalam bahasa Inggris biasa disebut Make Money Online. Laman Save The Student menyebutkan ada 40 cara menghasilkan uang di internet.

Namun, laman Entrepreneur menyebutkan 7 cara realistis untuk mendapatkan uang dari internet. Artikel inilah yang saya jadikan sumber dalam mengulas Cara Mendapat Uang dari Internet sekaligus Peluang Bisnis Online ini.

Penghasilan Pasif

Siapa pun yang tertarik untuk menghasilkan uang secara online, harus mengejar pendapatan pasif (passive income), sebagai penghasilan sampingan dari pendapatan aktif (gaji bekerja).

Ada banyak cara untuk menghasilkan pendapatan secara pasif di internet, banyak di antaranya dimulai dengan fondasi memiliki blog, menghasilkan lalu lintas pengunjung (traffic) substansial dan membangun audiens. Itu tidak mudah, tetapi itu sepadan dengan penghasilan yang bisa diraih.

Anda memang tidak wajib memulai dengan membuat blog untuk menghasilkan uang secara online. Anda bisa memilih rute non-blog-starting, tetapi jika Anda ingin mendapatkan uang dari internet dalam jangka panjang,, maka blog harus menjadi tujuan utama Anda.

Cara Mendapat Uang dari Internet

Berikut ini peluang bisnis online untuk mendapatkan uang dari internet.

1. Memanfaatkan ekonomi aplikasi (App Economy)

Jika Anda mencari untuk mengatasi beberapa kebutuhan keuangan langsung, maka ekonomi aplikasi kemungkinan tepat untuk Anda.

Uber atau Lyft: Jika Anda berada di tempat di mana Anda dapat menemukan Uber atau Lyft, atau salah satu dari banyak pesaing di seluruh dunia, seperti Didi China, jamnya fleksibel dan Anda dapat bekerja sesuai keinginan, menjadikannya sempurna, bahkan jika Anda saat ini memiliki pekerjaan penuh waktu tetapi mencari untuk menghasilkan uang di samping.

Postmates: Anda bahkan tidak perlu kendaraan mobil di beberapa lokasi untuk menghasilkan uang dengan aplikasi ini. Di beberapa daerah metroplitan besar, seperti Manhattan, sepeda sudah cukup.

iBotta: Dapatkan imbalan cash back dengan membeli produk unggulan di pengecer besar. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan rabat, berbelanja, lalu mengambil foto kwitansi Anda untuk mendapatkan uang tunai kembali. Sederhana dan efektif.

Task Rabbit: Aplikasi sederhana dan langsung lainnya untuk menghasilkan sedikit penghasilan tambahan adalah aplikasi Task Rabbit.

Tugas dapat berupa apa saja, dari perbaikan sederhana hingga usaha yang lebih lengkap. Aplikasi ini dengan hati-hati memeriksa setiap penyedia layanan untuk memastikan kualitas tertinggi, dan ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari pihak dengan persyaratan Anda sendiri.

Ebates: Aplikasi ini menawarkan cara sederhana untuk menghasilkan uang secara online dengan membeli apa pun yang sudah Anda beli dan kemudian mendapatkan hadiah uang kembali.

Dengan eBates, tidak ada tanda terima pemindaian. Cukup klik tautan di aplikasi dan beli dari toko. Anda akan secara otomatis dikreditkan hadiah tunai Anda setelah pembelian bersama dengan menerima konfirmasi email.

Swagbucks: Dengan Swagbucks, ada sejumlah cara Anda dapat menghasilkan uang. Anda dapat berbelanja online, menonton video, menjawab survei, dan menjelajahi web. Aplikasi ini memberi Anda uang kembali dan kartu hadiah sebagai hadiah atas upaya Anda.

Inbox Dollars: Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang secara online adalah Inbox Dollars, yang membayar Anda untuk menonton televisi, mengikuti survei, dan berbelanja. Ada penawaran tunai di sini dan itu relatif mirip dengan beberapa aplikasi lain di arena ini.

2. Gunakan situs web yang ada

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan situs web yang ada untuk menghasilkan uang dari internet. Ini termasuk pendapatan aktif dan metode pendapatan pasif.

Misalnya, Anda dapat menjual beberapa barang bekas atau berinvestasi dalam menciptakan beberapa desain digital yang kemudian dapat dijual pada barang dagangan.

Sekali lagi, curahkan sebagian besar waktu Anda untuk penghasilan pasif sehingga Anda dapat secara perlahan membangun penghasilan yang akan tiba dengan autopilot tanpa upaya tambahan.

Tentu saja, sebagian besar dari situs-situs ini memang memiliki aplikasi masing-masing. Tapi ini jelas kurang terlibat dalam ekonomi pertunjukan, dan lebih-lebih dalam proyek jangka panjang yang ada di bidang fotografi, pemasaran online, desain grafis dan pengembangan web, misalnya.

Craigslist: Situs ini telah menjadi sumber daya masuk selama lebih dari satu dekade sekarang untuk orang-orang yang mencari untuk membuat sedikit uang tambahan online.

Anda dapat dengan mudah menjual barang-barang bekas Anda, menyewakan kamar cadangan di rumah atau apartemen Anda, dan menawarkan layanan Anda kepada dunia.

Upwork: Situs web ini menawarkan pasar yang hebat untuk menjual hampir semua layanan profesional. Anda tidak memerlukan akun pedagang, situs web Anda sendiri, atau apa pun lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah dapat memberikan layanan berkualitas tinggi dengan harga yang wajar. Tapi ketahuilah, Anda harus bersaing dengan banyak orang lain yang terus-menerus menawar pekerjaan terbuka.

Cafe Press: Situs web ini memungkinkan Anda untuk membuat desain digital yang kemudian dapat dijual di platform. Anda akan mendapatkan komisi untuk semua yang menjual dan Anda tidak akan pernah harus berurusan dengan logistik seperti percetakan, pergudangan, dan layanan pelanggan.

Jika Anda memiliki beberapa keterampilan desain grafis, maka ini adalah sumber potensial yang bagus untuk penghasilan berbasis web Anda.

Mechanical Turk: Turk Mekanik Amazon adalah sumber daya untuk melakukan tugas kecerdasan manusia, atau seperti yang biasa disebut oleh situs HIT.

Anda dibayar biaya yang sangat kecil untuk setiap HIT yang diberikan dan Anda akan membutuhkan volume yang besar untuk menghasilkan sejumlah besar uang. Tapi itu adalah sumber daya yang dapat Anda gunakan di waktu luang Anda untuk menghasilkan sedikit penghasilan online.

Flippa: Jika Anda memiliki kecenderungan untuk membeli dan menjual barang, Anda bisa menggunakan Flippa, dan rekannya yang lebih tinggi, Deal Flow Brokerage, untuk membeli dan menjual situs web untuk mendapat untung.

Anda harus tahu apa yang Anda lakukan di sini, tetapi Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan yang cukup besar dengan membalik situs web yang menghasilkan pendapatan untuk mendapatkan keuntungan.

Etsy: Sementara popularitas Etsy telah menurun baru-baru ini, itu masih sumber daya yang bagus untuk menjual barang-barang buatan tangan secara online. Tidak perlu untuk situs e-commerce yang kompleks atau akun pedagang atau otomatisasi apa pun.

Perusahaan mengambil komisi dari setiap penjualan dan membebankan biaya daftar kecil per item. Tetapi banyak yang masih menggunakan Etsy sebagai sumber penghasilan utama mereka. Bagian terbaiknya adalah Anda juga dapat menjual produk digital di sini seperti desain poster.

Shutterstock dan iStockPhoto: Punya minat tajam pada fotografi? Mengapa tidak menjual foto di beberapa situs fotografi terkemuka?

Anda akan memerlukan beberapa keterampilan desain perangkat lunak untuk diikuti. Tetapi jika Anda memang memiliki keterampilan di arena ini, itu adalah sumber potensial yang bagus untuk pendapatan pasif.

Threadless: Mirip dengan CafePress, Threadless yang berbasis di Chicago juga memungkinkan Anda untuk menjual desain digital dalam bentuk t-shirt dan barang dagangan lainnya seperti kasing telepon, mug, handuk pantai dan sebagainya.

Zazzle: Sumber daya hebat lainnya untuk berjualan online adalah menggunakan Zazzle milik Robert Beaver. Situs ini agak mirip dengan Etsy dan hampir semua orang dapat menghasilkan uang secara online dengan menjual berbagai barang di sini. Dari seni hingga barang buatan tangan dan produk yang dapat disesuaikan, Anda dapat menjual apa saja di sini.

3. Jual barang Anda sendiri

Jika Anda siap memasuki keributan e-commerce, Anda bisa menjual barang-barang Anda sendiri. Tentu saja, bersama dengan menjual barang-barang Anda sendiri di situs web Anda sendiri (membuat toko online sendiri), banyak tanggung jawab dan konfigurasi serta persyaratan teknis.

Sebagai permulaan, Anda akan memerlukan situs web dan akun hosting. Anda juga akan memerlukan akun pedagang, seperti yang ditawarkan oleh Stripe atau PayPal.

Maka, Anda perlu merancang situs itu dan melakukan pemasaran email.

Anda juga akan membutuhkan lalu lintas pengunjung (trafik). Pikirkan optimisasi mesin pencari (SEO), iklan Facebook, dan kampanye media sosial lainnya.

Shopify: Ingin membangun etalase sendiri? Anda dapat memilih untuk membuat toko Shopify.

Anda juga dapat menginstal WooCommerce sebagai plugin dan menjalankan toko e-commerce Anda dari blog Anda. Anda akan memerlukan sertifikat SSL dan cara untuk memproses pembayaran, tetapi Anda mungkin menemukan ini lebih mudah untuk bangun dan berlari cepat untuk mulai menjual dengan segera.

Fulfilled-by-Amazon (FBA): Anda bisa mulai menjual di toko online terbesar di dunia dan tidak menghabiskan waktu untuk membangun infrastruktur Anda sendiri atau khawatir tentang lalu lintas. Anda perlu membayar komisi, tetapi sebagian besar proses lainnya akan otomatis untuk Anda.

Drop-shipping: Amazon menawarkan satu bentuk pengiriman-drop, tetapi ada sumber daya lain untuk produk-produk pengiriman-drop yang Anda tidak akan pernah benar-benar harus melihat atau menangani sendiri.

Anda hanya perlu menutup penjualan. Penyedia seperti SaleHoo, Worldwide Brands, dan banyak lainnya, menawarkan Anda sumber daya untuk pengiriman produk Anda.

4. Mulai blog

Jika Anda serius ingin menghasilkan uang secara online, buat blog.

Blogging adalah salah satu sumber pendapatan termudah dan paling berkelanjutan. Selama blog diatur dengan cara yang benar, di ceruk (niche) yang tepat, dengan konten yang tepat yang ditargetkan pada audiens yang tepat, dan tawaran itu saling melengkapi dengan konten, Anda bisa membuat banyak yang luar biasa

Sementara beberapa orang mungkin berpikir bahwa memulai sebuah blog adalah upaya yang sulit, ketika Anda memahami langkah-langkah tepat yang perlu Anda ambil, itu menjadi jauh lebih mudah.

Semuanya berawal dari keputusan untuk memilih ceruk yang menguntungkan dan memilih nama domain yang tepat.

Dari sana, Anda perlu membangun penawaran Anda. Anda dapat dengan mudah menjual hal-hal seperti kursus mini-email, pelatihan, dan ebooks.

Jika Anda memilih mendapatkan uang dari internet melalui Blogging, maka Anda menjadi Blogpreneur.

Blogpreneur
Panduan Blogpreneur. Order Buku: Nuansa

5. Pemasaran email

Jika Anda tertarik dengan pemasaran online, siapkan perangkat lunak email dan buat lead magnet yang bisa Anda gunakan dalam saluran penjualan Anda.

Buat daftar itu. Sering dikatakan, Anda dapat mengharapkan untuk menghasilkan sekitar $ 1 per pelanggan per bulan. Jika Anda memiliki daftar 10.000 pelanggan, itu berarti Anda dapat memperoleh sekitar $ 10.000 per bulan.

Anda harus memberikan nilai dan tidak mengirimkannya pada setiap email, tetapi itu adalah tujuan yang sangat dapat dicapai dalam waktu singkat.

Ada banyak cara untuk memasukkan orang ke daftar Anda. Lead magnet adalah salah satu sumber daya tersebut.

Misalnya, Anda dapat membuat ebook, daftar periksa, dan lembar contekan. Tetapi Anda juga dapat melakukan peningkatan konten, seperti versi artikel dari PDF dengan sumber daya tambahan di dalamnya, seri pelatihan video empat bagian, dan banyak lagi.

Pikirkan audiens Anda dan apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka untuk melayani mereka dengan lebih baik, kemudian perlakukan mereka dengan rasa hormat dan pada akhirnya Anda akan menuai hasilnya.

6. Pelatihan webinar

Webinar --seminar melalui website secara online-- sangat mungkin salah satu cara paling ampuh untuk menghasilkan uang online yang sangat tinggi.

Anda akan membutuhkan pendengar untuk dilatih dan Anda harus tahu apa yang Anda bicarakan. Tentu saja, ini biasanya memerlukan memiliki situs web dan beberapa kemiripan kehadiran online.

Namun, orang masih bisa melakukan webinar tanpa semua itu. Misalnya, Anda mungkin memiliki pengikut media sosial yang cukup besar dan Anda melatihnya setiap minggu untuk sesuatu yang berkaitan dengan media sosial.

Tetapi Anda akan membutuhkan produk untuk disematkan dan dijual di beberapa titik. Jangan khawatir tentang itu di awal. Dalam pengalaman saya, platform webinar terbaik di luar sana adalah GoToWebinar.

Tidak peduli metode apa yang Anda pilih untuk menghasilkan uang secara online, pahamilah bahwa Anda mungkin dapat menghasilkan uang dengan cepat, tetapi untuk pengembalian yang cukup besar, Anda akan membutuhkan ekuitas keringat yang signifikan.

Namun, setahun dari sekarang, Anda akan senang Anda mulai hari ini. Ingat, waktu jauh lebih berharga daripada uang. Fokus untuk menciptakan aliran pendapatan pasif yang akan membebaskan waktu Anda sehingga Anda dapat keluar dari perlombaan tikus dan fokus pada hal-hal yang penting.

7. Mengikuti Program Afiliasi (Affiliate Marketing)

Ada banyak sumber daya untuk menghasilkan uang secara online sebagai afiliasi. Anda dapat mencari produk dari ClickBank, Commission Junction, Pemasaran Rakuten, Share-a-Sale, Impact Radius dan banyak lainnya.

Plus, banyak perusahaan besar yang memiliki program afiliasi sendiri juga. Lakukan uji tuntas Anda dan temukan perusahaan yang tepat dengan produk atau layanan yang relevan untuk audiens Anda yang dapat Anda jual sebagai afiliasi.

Dalam beberapa kasus, Anda akan memerlukan situs web aktif dengan lalu lintas substansial untuk disetujui. Menjual sebagai afiliasi tidak mudah dengan cara apa pun, tetapi jika Anda memiliki audiens, itu pasti dapat berjumlah sejumlah besar pendapatan.

Salah satu Program Affiliate Marketing yang mulai berkembang adalah program Affiliate Marketing dari dr.cash.

Dr.cash merupakan adalah platform program afiliasi berbasis Cost Per Action (CPA). CPA artinya kita baru akan mendapatkan komisi jika berhasil melakukan penjualan.

Program afiliasi dr.crash fokus pada kategori kesehatan dan kecantikan (health & beauty). Cocok banget untuk blog dengan niche kesehatan (healt blog) dan/atau kecantikan (beauty blog).

Penutup

Demikian ulasan Cara Mendapat Uang dari Internet, Peluang Bisnis Online. Tips termudah adalah mulai membuat blog, tekuni, isi dengan konten berkualitas, dan jika sudah banyak pengunjung Anda bisa mengikuti program Google AdSense.

Jika blog ramai pengunjung, memiliki reputasi, maka akan banyak datang content marketer yang akan pasang iklan di blog Anda. Percayalah!

Selamat berbisnis online, menghasilkan uang dari internet. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Mendapat Uang dari Internet, Peluang Bisnis Online | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

1 komentar on Cara Mendapat Uang dari Internet, Peluang Bisnis Online

  1. Bisa juga monetise fanpage facebook (adblade dan article instant)... Untuk program itu saya perhatikan belum banyak yang geluti. Persyaratan juga relatif tidak terlalu sulit... Tapi saya yakin adblade akan menjadi saingan adsense youtube, dan instant article menjadi saingan adsense konten (Blog)... Apapun itu yang penting passive income jalan terus. ^_^

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.