Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya

Follow @romel_tea
Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya dari sisi Bahasa, Format, Komunikasi, dan Pembelajaran.

Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya

KATA atau istilah "media" sangat populer, khususnya media yang merupakan singkatan dari media massa dan terkait dengan jurnalistik dan pers.

Gaya hidup kekinian juga tidak lepas dari media, yakni media sosial (medsos) sebagai salah satu jenis media online atau media siber.

Kita sudah familiar juga dengan istilah-istilah media cetak, media penyiaran, bahkan "media abal-abal". Di dunia pendidikan kita mengenal istilah "media pembelajaran".

Apa sebenarnya pengertian media? Berikut ini Pengertian media dan jenis-jenisnya.

Pengertian Media

Secara bahasa, media artinya alat; alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk; perantara; penghubung.

Selain itu, media juga berarti yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya); zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan sebagainya, baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan; serta bahan yang digunakan dalam pemasukan dan penyimpanan data di komputer, atau dalam perekaman hasil komputer. 

Dalam Cambridge Dictionary disebutkan, media adalah sarana komunikasi seperti internet, surat kabar (newspapers), majalah (magazines), televisi, dll.

Media juga merujuk pada video, musik, dan foto yang disimpan sebagai jenis khusus file di komputer.

Media adalah kata jamak (plural) dari medium yang artinya "metode atau cara mengekspesikan sesuatu" (a method or way of expressing something).

Medium juga berarti "berada di tengah-tengah antara jumlah, ukuran, derajat, atau nilai atas dan bawah" dan "(daging) dimasak agar bagian tengahnya tidak lagi merah." (being in the middle between an upper and lower amount, size, degree, or value; [of meat] cooked so that it is no longer red in the middle).

Kata media atau medium berasal dan bahasa Latin, medius yang berarti "tengah". Dalam bahasa Indonesia, kata medium dapat diartikan sebagai “antara “atau “sedang”.

Umumnya pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi “pesan” antara sumber “pemberi pesan” dan penerima pesan. 

Kamus Besar Ilmu Pengetahuan (Dagun, 2006) menyebutkan, media merupakan perantara atau penghubung yang terletak antara dua pihak, atau sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. 

Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dpaat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.

Pengertian praktis dan terpopuler, media adalah alat atau sarana komunikasi, juga sarana pembelajaran di dunia pendidikan. 

Pengertian Media Menurut Ahli

Para ahli, akademisi, atau praktisi yang memberikan definisi media umumnya dari kalangan pakar komunikasi dan pendidikan. 

Dalam Pengantar Ilmu Komunikasi (Rosda, 2004), pakar komunikasi Dedy Mulyana menyebutkan, media merupakan alat atau saran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. 

Pakar komunikasi massa, Wilbur Schramm, berpendapat, media merupakan teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.

Pengertian senada dikemukakan ahli komunikasi lain, seeprti Heinich, Molenda, dan Russel (1996:8) yang menyebutkan media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram, materi tercetak, komputer, dan instruktur.

Bovee (1997) juga mengatakan, media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan.

Dari dunia pendidikan atau pengertian media dalam perspektif pembelajaran, Gagne menyebutkan media pendidikan merupakan komponen yang ada pada lingkungan siswa yang dapat merangsang kemauan belajar siswa.

Miarso menjelaskan media dapat diartikan sebagai setiap hal yang bisa dipakai untuk menyalurkan pesan yang dapat menciptakan rangsangan pada pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.

Lembaga Nasional Education Asociation (NEA) menjelaskan, media merupakan salah satu sarana komunikasi dalam bentuk cetak atau pun audio visual, serta termasuk juga berbagai macam perangkat kerasnya.

Menurut Asociation of Education Comunication Technology (AECT), media merupakan setiap bentuk saluran yang dipakai dalam proses penyampaian atau pun penyaluran pesan.

Jenis-Jenis Media

Secara garis besar, jenis-jenis media dibagi dua, yaitu media komunikasi dan media pembelajaran.

Media dalam pegertian media massa, ada tiga jenis:
  1. Media cetak --surat kabar, tabloid, majalah.
  2. Media penyiaran --televisi, radio, film.
  3. Media siber atau media online --portal berita di internet.
Dari segi format, Rudy Brets dalam A Taxonomy of Communication Media (1971), menyebutkan klasifikasi media sebagai berikut:
  1. Audio visual gerak: film bersuara, film pada televisi, televisi, dan animasi. 
  2. Audio visual diam: slide. 
  3. Audio semi gerak: tulisan bergerak bersuara. 
  4. Visual bergerak: film bisu. 
  5. Visual diam: slide bisu, halaman cetak, foto. 
  6. Visual semi gerak
  7. Audio: radio, telepon, pita audio. 
  8. Media cetak: buku, modul.
Menurut Rudi Bretz, pembagian media didasarkan pada indera yang terlibat, yaitu terdiri dari tiga unsur pokok sebagai dasar dari media, meliputi suara, visual, dan gerak. 

Unsur suara adalah unsur yang melibatkan indera pendengaran. Unsur visual adalah unsur yang melibatkan indera penglihatan. 

Bentuk visual dibaginya menjadi gambar, garis (line graphic) dengan media rekam (recording) dan media cetak.

Anderson (1976) dalam Media Pembelajaran mengelompokkan media menjadi 10 golongan:
  1. Audio: kaset audio,siaran radio, CD, telepon
  2. Cetak: buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
  3. Audio-cetak: kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
  4. Proyeksi visual diam: overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
  5. Proyeksi Audio visual diam: film bingkai (slide) bersuara
  6. Visual gerak: film bisu
  7. Audio Visual gerak: film gerak bersuara, video/VCD, televisi
  8. Obyek fisik: benda nyata, model, specimen
  9. Manusia dan lingkungan: guru, [ustakawan, laboran
  10. Komputer: CAI (Computer Assisted Instructional=Pembelajaran berbantuan komputer), CMI (Computer Managed Instructional).
Dari beberapa pengelompokan di atas, dapat disimpulkan bahwa media terdiri dari:
  1. Media Visual: yaitu media yang hanya dapat dilihat, seperti foto, gambar, poster, kartun, grafik.
  2. Media Audio: media berupa suara yang hanya dapat didengar saja, seperti kaset audio, mp3, radio. 
  3. Media Audio Visual: media yang dapat didengar sekaligus dilihat, seperti film bersuara, video, televisi, sound slide
  4. Multimedia: media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer dan internet. 
  5. Media Realita: yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti : binatang, spesimen, herbarium dll.
Media modern hadir dalam berbagai format, termasuk media cetak (buku, majalah, surat kabar), televisi, film, video game, musik, telepon seluler, berbagai jenis perangkat lunak, dan Internet. 

Setiap jenis media melibatkan konten, dan juga perangkat atau objek yang digunakan untuk menyampaikan konten tersebut.

Demikian pengertian dan jenis-jenis media.*

Thanks for reading Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya | Tags: | Follow @Romeltea on Twitter

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.