7 Cara Menjadi Content Creator

Follow @romel_tea
Content creator identik dengan vlogger atau Youtuber. Padahal, penulis, blogger, podacster, dan pembuat konten digital lainnya juga termasuk content creator. Berikut ini cara menjadi content creator.

Cara Menjadi Content Creator


Apa itu content creator atau kreator konten? Bagaimana cara menjadi content creator? Postingan ini membahas kreasi konten yang populer di era digital ini.

Pengertian Content Creator

Content Creator adalah orang yang membuat konten edukatif atau menghibur sesuai keinginan audiens. Konten yang dibuat oleh Content Creator bisa macam-macam, bisa foto, video, podcast, tulisan, digital art, dan lainnya.

Jadi, content creator adalah pelaku pembuatan konten atau kreasi konten (content creation). Kreasi konten hakikatnya adalah komunikasi, yaitu menyampaikan pesan kepada audiens.

Komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berbicara (speaking) dan menulis (writing). Saluran atau media komunikasinya terdiri dari media cetak, penyiaran, dan media online (internet).

Demikian pula kreasi konten. Maka, untuk menjadi content creator kita memilih salah satu cara berkomunikasi tadi, berbicara atau menulis.

Untuk berbicara, format kontennya adalah berupa audio, yaitu podcast, atau video. Anda bisa membuat konten berupa podcast (menjadi podcaster) atau membuat video (vlogger).

Untuk menulis atau kreasi konten tulisan, format kontennya adalah berupa tulisan atau artikel. Kreasi konten berupa tulisan ini dikenal dengan blogging atau ngeblog, yaitu membuat website pribadi dan mengisinya dengan tulisan.

Namun, ada juga konten berupa gambar atau foto. Maka, fotografer dan desainer grafis juga termasuk content creator jika hasil karyanya dipublikasikan di website atau internet.

Cara Menjadi Content Creator

Bagaimana cara menjadi content creator? Berikut ini tips dari lama gramedia.

1. Ide

Kumpulkan ide, data, serta melakukan riset dan membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten yang menarik untuk khalayak

2. Riset

Riset Audiens untuk mengetahui berbagai kebutuhan audiens yang kamu miliki. FYI, Kreativitasmu harus terus mengikuti pola kebutuhan audiens, karenanya pahami audiensmu dengan sebaik mungkin
Sesuaikan konten dengan platform yang dipilih. 

Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya yang multi-platform. Tidak hanya bermodalkan kemampuan menulis, membuat konten video, dan bahkan menjadi dubber. 

3. SEO

Seorang Content Creator harus mengerti hal-hal terkait SEO, sebab melalui manajemen SEO yang baik kontenmu akan dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari google dan akan sangat berpengaruh terhadap traffic

4. Evaluasi

Evaluasi ulang setiap konten yang telah ditayangkan, dan analisa konten seperti apa yang dibutuhkan dan disukai oleh para audiensmu.

5. Update

Usahakanlah untuk selalu update dengan segala hal yang terjadi di dalam industrimu. Misalnya, jika kamu adalah seorang Content Creator dalam kategori food vloging, maka pastikanlah kamu mengikuti tren cafe atau makanan yang sedang hits saat itu

6. Konten Berkualitas

Menghasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan, juga berkualitas. Sebagai ahli pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan kepada para audiensmu.

7. Menguasai Tools Creator

Skill dan pemahaman yang baik perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik.

Kesimpulan

Content Creator atau Kreator Konten adalah orang yang membuat konten website (termasuk media sosial) dan aplikasi (app). Konten yang dibuat berupa tulisan, suara (audio), gambar (foto), ataupun video.

Blogger, vlogger, youtuber, podcaster, dan pengguna aktif media sosial termasuk content creator. Dari pengertian dan contoh content creator, kita sudah paham bagaimana cara menjadi content creator.*

Video Cara Menjadi Content Creator



Thanks for reading 7 Cara Menjadi Content Creator | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on 7 Cara Menjadi Content Creator

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.