Content Creator Tools: Daftar Alat untuk Membuat Konten Audio Video

Follow @romel_tea
Content Creator Tools: Daftar Alat untuk Membuat Konten


Mau jadi content creator atau pembuat konten? Berikut ini Content Creator Tools atau alat-alat untuk membuat konten versi saya atau alat yang saya miliki. Standar saja, murah, tapi cukup berkualitas.

Belakangan saya menjadi "buyer online aktif". Bisa dibilang sering belanja online alat-alat rekaman dan syuting untuk membuat konten video dan/atau audio.

Untuk menjadi content creator berupa tulisan, termasuk blogging, alat yang diperlukan "hanya" komputer (laptop). Belakangan, saya juga "dituntut" membuat konten video dan audio (podcast). Tuntutan zaman.

Menurut hasil studi soal konten internet, konten video paling diminati pengguna internet. Itulah sebabnya Youtube dan kini TikTok, Youtube Short, dan Instagram Reels sangat populer.

Statistik membuktikannya. Video mendapat banyak perhatian online di semua kelompok umur dan diprediksi akan menjadi 82% dari lalu lintas online pada tahun 2021

Konten dengan gambar mendapat lebih banyak penayangan dan lebih banyak dibagikan daripada konten lainnya

Gambar membantu pemasaran Anda berkonversi, meningkatkan pendaftaran dalam satu kasus sebanyak 329%. Video dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan.

Daftar Alat untuk Membuat Konten

Berikut ini Daftar Alat untuk Membuat Konten yang saya miliki. Anda mungkin memiliki alat yang sama atau berbeda. 

1. Microphone Fifine K669B

Alat pertama yang saya beli adalah mikrofon. Mereknya: Fifine K669B Mic Condenser USB Mic. Harga Rp 650.000. Microphone ini saya beli karena mic laptop sudah tidak berfungsi normal.

Microphone Fifine K669B

Ini alat utama saya untuk membuat konten audio berupa podcast. Belakangan, mikrofon ini juga sering saya gunakan untuk Zoom Meeting dan Pelatihan Online.

Spesifikasi Fifine K669B Mic menurut penjualnya sebagai berikut.

Pro:

- Kualitas rekaman luar biasa
- Build Quality yang sangat baik
- Dapat dipasang ke Stand mikrofon Nroadcast
- Dilengkapi dengan dudukan yang praktis

Cons:

- Sensitivitas lebih rendah daripada yang saya inginkan-Anda harus tetap dekat dengan diri sendiri agar audio menjadi sangat keras
- Kabel USB terpasang di dalam, dan tidak terlalu panjang. Perlu diingat saat menggunakannya pada arm mount
- Panjang Kabel USB : Kurang Lebih 175cm (kabel USB Tidak bisa dilepas dari mic)

2. Speaker Aktif RS200

Karena saya masih menggunakan laptop Acer lama, audionya sudah error. Suara speaker kecil. Saya pun beli Speaker Aktif Stereo Gaming 3.5mm ROBOT RS200. Harga Rp 102.000. Memiliki efek lampu RGB atraktif.

Speaker Aktif RS200

Dilengkapi 2 channel speaker 52mm, untuk menghasilkan kualitas audio stereo dan dentuman bass yang powerful. Dibekali tombol pengaturan volume. Sumber power melalui USB. Dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat yang memiliki port AUX 3.5mm.

Output power: 6W. Speaker specifications: 52mm. Frequency response range: 100Hz ~ 18KHz. Signal to noise ratio: =70dB. Power input: USB 5V 1A. Product size: 155mm x 110mmx 74mm (single).

Speaker aktif ini belakangan tidak saya gunakan, seiring kedatangan laptop baru dengan kualitas audio yang bagus.

3. Headphone/Headset Sound KM-520 XY-911

Headset ini saya beli offline. Namanya Earphone Sound KM-520 XY-911. Harganya Rp 121.500. 

Earphone Sound KM-520 XY-911

Di marketplace,  Headphone/Headset buatan China ini harganya Rp457.303 dan diskon jadi Rp182.921. Headset mode XY-911 Gaming Stereo Lipat Portable Kabel Jack 3.5mm dengan Mic untuk Komputer.

4. Laptop ASUS X441MA

Guna kelancaran dan "semangat baru" bikin konten, baik blogging maupun podcasting, saya ganti laptop. Beli laptop baru dengan spesifikasi punya keunggulan soal audio, yaitu Asus X441MA, keluaran 2016.

Laptop ASUS X441MA

Harganya saat itu Rp 3.840.000. Saya beli online. Kalau offline, kata penjualnnya, Rp4,2 juta. Baru kali ini saya beli Asus. Biasanya, sudah berkali-kali ganti laptop, semuanya merek Acer.

Spesifikasi ASUS X441MA-GA011T Black:
  • Intel Celeron DualCore N4000-1.1"Ghz-2.6Ghz (Intel® Celeron® N4020/4GB/1TB/Windows 10 Home)
  • RAM 4GB,
  • HDD 1TB,
  • DVD/RW , Wiffi , USB 3.0, Buetooth 4.0
  • VGA Intel HD 500,
  • Screen 14",
  • Windows 10
Didukung teknologi ASUS Sonic Studio, sehinga menghasilkan suara yang optimal (fitur unggulan audio-multimedia inilah yang jadi pertimbangan utama saya beli Asus X441MA). 

Fitur unggulan Asus X441MA ini memang kayaknya di kualitas suara (audio). Di web resmi Asus disebutkan keunggulannya a.l.

1. Immersive sound. Powerful Performance.

Notebook seri ASUS X441 dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang mendalam. Didukung oleh prosesor hingga Intel® Core™ generasi ke-8, graphic card berkelas gaming NVIDIA® GeForce®, dan audio SonicMaster yang menggabungkan teknologi eksklusif ICEpower®, X441 memberikan audiovisual yang luar biasa untuk sebuah laptop.

2. Multimedia

Designed for immersive entertainment. Notebook seri ASUS X441 dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia mendalam. Teknologi audio eksklusif seperti ASUS SonicMaster, menggabungkan teknologi ICEpower®, ASUS Splendid, dan ASUS Tru2Life Video membuat film dan musik menjadi lebih hidup.

3. Audio Wizard

AudioWizard-optimized tuning. ASUS AudioWizard memberikan lima pilihan jenis audio (Music, Movie, Gaming, Speech, dan Recording) sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hanya tinggal klik pilihan dari interface AudioWizard yang user-friendly.

5. Cooling Pad

Pendingin, biar gak panas, plus bisa atur ketinggian atau posisi kamera laptop/webcam untuk Zoom atau Video Conference. 

Cooling Pad

Saya beli Cooling Pad Gaming Notebook / KIpas Pendingin Laptop Ergostand M7. Harganya Rp 79.000.

Dilengkapi 2 USB Port : 1 Power, 1 Hub dengan 5 sudut kemiringan. Compatible notebook 10-15 inch plus 1 kipas besar di tengah dengan lampu warna biru. Ukuran 37 x 27 cm

6. HP Samsung Galaxy A10s

HP saya jadul. Merek Samsung produk tahun 2017. Saya beli baru, meski masih jadul juga, yaitu Samsung Produksi 2019 Samsung Galaxy A10s.

Samsung Galaxy A10s

Layar 6.2 inci, 4000 mAh baterai, 2GHz dan 1.5GHz kecepatan CPU, internal memori 32GB, dan kamera 13MP. Kualitas video, audio, dan fotonya lumayan bagus. Baterei bertahan seharian sekali cas full.

HandPhone/Smartphone standar saja, murah, gak mahal. Selain "gak ada duit", saat beli HP ini masih trauma kehilangan HP dan Notebook.

Disebutkan di web resmi Samsung, Galaxy A10s memiliki layar besar 6,2 inci HD+ TFT untuk ponsel yang nyaman ditonton. Infinity-V Display Galaxy A10s mengubah pengalaman Anda hingga seolah Anda ikut berperan. Temukan pengalaman yang seru pada layer v-cut.

Bentuk Galaxy A10s yang ramping berukuran 7,8 mm terasa tercipta untuk genggaman Anda. Finish plastik yang glossy tampak memikat apa adanya, dan tersedia pilihan warna hitam, hijau, biru, atau merah. Untuk membuka kuncinya cukup letakkan jari Anda pada pemindai di belakang.

Dual Camera yang simpel dan mudah digunakan menghasilkan foto yang jernih dan cerah dengan hanya sekali tunjuk dan ketuk. Depth Camera duo 13MP dan 2MP didesain mengikuti cara Anda mengambil gambar sehingga Anda bebas mengekspresikan kreativitas secara spontan.

Baterai yang bertahan lebih lama. Anda memiliki banyak kesibukan, maka Anda perlu ponsel yang tahan lama. Baterai 4.000 mAh (tipikal) Galaxy A10s memberi Anda daya baterai yang tahan lama.

7. Phone Holder 

Untuk selfie dan vlogging, saya beli Takara Holder HP Smartphone Tripod U Mount Vertical Horizontal 360 Por. Harganya Rp 49.989. Namanya Takara Holder U 360 MPH-D.

Phone Holder

Material : ABS Plastic. Color : Black. Size : 8.5cm x 3.5cm x 3.5 cm. Compatible Model: Universal. Thread: 1/4 Inch (Standard Thread). Clamp Width : 55mm - 80mm (5.5cm - 8cm). Holder HP ini support the phone with a maximum size of 8cm. 

Built-in : Dual mounting points (Vertical / Horizontal). Landscape / Portrait

8. Sambungan Tripod HP Holder

Buat jaga-gaja syuting dengan lebih dari satu HP atau kamera. saya beli Sambungan Holder U Tripod Hp 3 Posisi Extension Live Multi Clip Mobile. Harganya Rp 23.500.

Sambungan Tripod HP Holder

Sambungan Holder U Tripod 3 Posisi Extension Live Multi Clip. Bracket 3 in 1 ini memberikan solusi untuk tripod agar tidak hanya menyediakan posisi HP HORIZONTAL (LANDSCAPE) tapi bisa dikonversi menjadi VERTIKAL (PORTRAIT).

Bisa dikombinasikan dengan RING LIGHT di tengah atau dipasang kamera mirrorless di tengah sementara Ring Light di samping

9. Tripod Stand HP Kamera

Belum puas dengan HP holder dan sambungan yang ada, saya beli lagi Stand Tripod Handled Stabilizer Kamera HP DSLR Andoid. Harganya Rp 35.000.

Tripod Stand HP Kamera

Tripod 3 in 1 ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya bisa menjadi stand untuk sesi pemotretan lebih fokus stabilizer supaya ketika merekam video lebih stabil dan tidak goyang. Tongsis biar tambah aksis di mana pun dengan berpotoria.

Tripod ini juga bisa digunakan untuk HO ataupun kamera DSLR karena memiliki bahan yang kuat dan kokoh. Bisa dibilang tripod holder ini portabel dan dinamis. 

10. Kamera Mini SQ11

Ini "iseng" saja. Penasaran kayak apa sih kamera mini ini. Akhirnya gak kepake emang. Gak apa-apa hanya memenuhi rasa "kekepoan" saya aja.

Kamera Mini SQ11

Namanya Kamera CCTV Mini Dv SQ11 Full HD 1080 ORIGINAL. Harga Rp 65.000. Mungkin karena murahnya ini, kamera tidak sesuai spesifikasi yang direview banyak Youtuber.

SPY CAM Camcorder Camera SQ11 HD Mini HD Night Vision Mini Camera 1080P Sports Mini DV Voice Video Recorder HD camera Mini DV

Main Feature
- SQ11 mini 1080P full HD car DVR camera recorder
- High definition full HD1080P
- Support 32GB TF card max. (Memory card not included)
- Image proportion: 4 : 3
- Support system: Windows ME / 2000 / XP / 2003 / Vista, Mac OS, Linux
- Battery capacity: 200mAh
- Working time: About 60 minutes at 1080P 30fps
- Charging time: About 1 - 2 hours
- Charging voltage: DC 5V
- Interface type: Mini 8 pin USB
- Cable length: 80cm
- Built-in lithium battery sustainable camera up to 100 minutes

Model: SQ11. Type: Full HD cam. System requirements: Mac OS x 10.3.6 above,Win 7,Windows 2000 / XP / Vista. Max External Card Supported: TF 32G (not included). Class Rating Requirements: Class 10 or Above. Battery Type: Built-in

Charge way: USB charge by PC. Working Time: About 100 minutes at 1080P 30fps. Camera Pixel : 12MP. Decode Format: MJPG. Video format: AVI. Video Resolution: 1080P (1920 x 1080),720P (1280 x 720)

Video Frame Rate : 30fps. Image Format : JPG. Image resolution: 12M (4032 x 3024). Audio System : Built-in microphone/speacker (AAC). Motion Detection: Yes. USB Function: USB-Disk. Interface Type: Mini USB. Night Version: Yes

11. Phone Holder Folding Desktop L305 

Ini untuk ketiga kalinya beli Phone Holder. Belum merasa pas dengan yang ada. Saya beli Folding Desktop L305 Liftable Foldable Phone Holder Stand Universal HP - Hitam. Harganya Rp 17.500. 

Phone Holder Folding Desktop L305

Spesifikasi:
  • Bahan: Kombinasi Besi dan Plastik
  • Cocok untuk: Ponsel, Tablet, Pad (4.7-12.9inch)
  • Tambahan: dapat dirotasi hingga 35derajat.
  • Cocok dengan: iPhone XS Max / 11/11 Pro, Samsung Galaxy S11 / S11 Plus, Huawei Mate 30 / Mate 30 Pro, Ponsel cerdas atau tablet lainnya
  • Terbuat dari Besi, tahan lama dan elegan.
Cocok digunakan untuk menonton video, membaca dan belajar, bermain game, membuat panggilan telepon video dan konferensi video. Cocok menjadi aksesoris meja yang bagus untuk kantor dan rumah Anda. Kompatibel dengan: Apple / Samsung / Huawei dll. Ponsel pintar atau tablet lainnya.

12. Clip On Mic HP

Sama seperti pembelian kamera mini, saya beli mikrofin mini berupa clip on mi HP ini untuk rasa penasaran aja. Nyobain, kayak gimana sih clip on HP.

Clip On Mic HP

Ukuran 3,5mm microphone with clip mic on for android mic jepit. Harganya Rp 15.900 saja.

Untuk penggunaan di HP, dibutuhkan audio splitter. Microphone untuk berbagai jenis perangkat yang menggunakan 3.5mm port seperti smartphone, PC, laptop, dll. Dengan ini Anda dapat merekam suara yang lebih baik dibanding mic internal pada laptop dan smartphone.

Microphone ini mampu merekam suara dengan kualitas suara yang lebih baik dibanding mic bawaan pada smartphone dan laptop.

Microphone ini terhubung dengan perangkat Anda menggunakan 3.5mm plug. Dapat digunakan untuk semua perangkat yang dapat merekam suara dan memiliki port 3.5mm. Panjang =150cm.

13. Audio Mic Splitter

Ini saya beli supaya bisa menggunakan Clip On HP. Kan memang perlu splitter ini untuk clip on mic HP.

Audio Mic Splitter

Harga Audio Mic Splitter / U shape Audio 3.5mm hanya Rp 6.200. Berat: 0.03 Kg. U Shape Splitter Jack 3.5mm Male ke Dual Female Headphone dan Microphone. Dengan ini Anda dapat menghubungkan headset yang memiliki Microphone ke laptop / PC / gadget Anda.

14. Tripod Light Stand 3118 

Beli tripod-holder lagi! Kali ini berupa besi panjang 1.1 meter, bisa pakai ringlight. Harga Rp 42.000. Tripod 1,1meter *“tipe 3118”* bisa pakai lampu ringlight. 

Tripod Light Stand 3118

Light Stand Tripod adalah tiang kaki 3 dengan tinggi 2 meter yang terdiri dari 3 buah section dan ujungnya ada Screw 1/4" untuk kaki Flash speed lite dan bisa untuk pasang Ballhead serta holder HP sehingga bisa untuk video shooting hape atau Foto shot.

Terbuat dari bahan aluminium yang ringan, kokoh dan dapat menopang beban hingga 2.5 kg.
Cocok untuk menaruh flash speed lite atau menyangga perlengkapan light-ing di Foto studio ataupun rekaman video.

Tripod light stand ini memiliki bahan yang berkualitas, kokoh dan stabil. Mampu menopang beban sberat hingga 2.5kg. Anda menaruh sistem pencahayaan Anda di tripod ini dengan aman.

Flip Lock - Bagian kepala menggunakan flip lock yang berfungsi untuk mengunci tongkat saat sedang dipanjangkan. Peralatan lighting Anda akan stabil dan tidak akan jatuh.

Foldable dan portable - Stand ini dapat dilipat menjadi kecil untuk memudahkan Anda membawa stand kemana saja. Sangat berguna jika Anda ingin melakukan rekaman atau foto di luar ruangan.

15. HP Holder Stand

Lagi-lagi beli holder HP. Kali ini namanya Stand Handphone Holder Blaxk L7 Vlogger Youtuber Standing Phone. Harganya Rp 24.000. Ini yang setia menemani saya di samping laptop. Bisa langsung bikin video pendek pake HP jika ada ide.

HP Holder Stand

Warna: hitam. Bisa diputar 360 derajat. Bisa ditinggikan / dipendekkan. Cocok untuk vlogger dan youtuber. Cocok untuk ditaruh di meja

Panjang standing dlm keadaan tidak ditinggikan 25 cm ( dari bawah sampai atas, dalam keadaan terpasang rapih). Panjang standing dlm keadaan ditinggikan 34 cm( ( dari bawah sampai atas, dalam keadaan terpasang rapih). Cocok untuk HP 5 inc, max 7 inch.

16. Mikrofon BM800 Paket Standar Podcast 

Beli mikrofon lagi. Kali ini plus stand mic yang bisa dipasang di meja. Paket standar buat podcasting. Namanya BM-800 Microphone. Original Full Paket recording Microphone Condenser Live - Hitam.

Mikrofon BM800 Paket Standar Podcast

Harganya murah saja: Rp 175.000. Bisa siaran Smule Full Set yg terdiri dari Mic Bm 800+Stand Mic+Windshield+Splitter U.

Microphone kondenser BM-800 dapat merekam suara dengan kualitas yang baik, cocok untuk rekaman musik, streaming game, vlogging dan lainnya. Terdapat juga scissor arm stand ini sangat berguna untuk keperluan recording lagu, atau bernyanyi sehingga tidak perlu repot memegang microphone.

Microphone kondenser BM-800 dapat merekam suara dengan kualitas yang baik, cocok untuk rekaman musik, streaming game, vlogging dan lainnya.

Dengan stand mikrofon ini Anda dapat bergerak bebas tanpa harus memegang mic ketika bernyanyi atau voice recording.

Microphone BM-800 Full Set dilengkapi Scissor Arm Stand, Windshield (Spon busa Hitam), dan Splitter U.

17. Earphone JBL C150SI

Headset kecil alias earphone JBL C150SI Headphone Earphone with Mic Original Garansi Resmi - Hitam. Harganya Rp 99.000.

Earphone JBL C150SI

Saya beli ini karena earphone yang saya gunakan tanpa merek. Saya mau coba yang bermerek. Setelah Googling, saya mendapatkan rekomendasi earphone JBL yang populer ini.

Deskripsinya di marketplace, JBL C150SI In-Ear Headphones with Mic merupakan headphone yang didesain sangat ringan dan memberikan bantalan yang sangat nyaman pada bagian dalam telinga Anda. 

Memberikan kualitas suara khas JBL yang menakjubkan, dengan koneksi port jack 3.5mm untuk menunjang performa musik terbaik. JBL menyematkan mic pada headphone ini untuk memudahkan Anda dalam menjawab telepon, serta warna-warnanya yang menarik sangat cocok untuk Anda yang berjiwa casual dalam kesehariannya.

Dilengkapi dengan 1 buah tombol remote dengan microphone, yang bisa digunakan untuk menjawab dan melakukan panggilan telepon dengan kualitas suara yang lebih jernih. 

- Drive: Advanced 9mm driver
- Impedence: 16+/-3.2 ohms
- Frequency Range: 20-20kHz
- Maximum SPL: 5mW
- Driver Sensitivity: 100+/-3dBSPL, 1mW
- Rated power input: 3mW
- Headphone Jack: 3.5mm
- Cord Length: 1.2M

18. Webcam USB HD Web-01 720P

Selama ini saya gunakan HP untuk kamera saat Zoom Meeting atau Pelatihan Online. Menggunakan DroidCam. Biar gak repot nyalain HP, saya tergerak beli Webcam.

Webcam USB HD Web-01 720P


Namanua Camera USB Webcam HD Web-01 720P Kamera Laptop Komputer. Merek atau jenis kamera webcam ini standar banget. Makanya, harganya juga murah. Cuma Rp 94.888 dari harga normal Rp 150.000 (menurut seller di marketplace).

Menurut deskripsinya, Webcam ini sudah didukung dengan kamera beresolusi tinggi 720P. Sangat cocok digunakan untuk Online Learning, Video Conferencing, dll. 

Webcam ini bisa digunakan di Notebook, TV Box, Komputer, Macbook. Sudah dilengkapi dengan Noise Reduction Microphone.

Suara dapat terdengar dengan jelas atau terekam mikrofon dalam jarak 8 meter. Sangat cocok digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti Zoom, Youtube, Facebook, Skype, Line, dsb

Fitur:

• 2 type Resolution: 1920 x 1080 And 1280 x 720
• 110⁰ wide angle
• Built-in microphone
• Adjustable Focus Lens
• Plug-and-play
• USB connectivity
• Key Feature: USB Manual Focus Web Camera
• Automatic Brightness Adjustment
• AWB : Automatic White Balance
• Frame Rate: 30 fps
• Lens: Manual Focus Lens
• Material: ABS Plastic
• Support Systems: Windows 7/8/10, Linux2.6.24, Mac OS 10.6, Android 5.0 or later, Chrome OS V29.0.154.70, Ubuntu V10.04.

Hasil Uji Coba Webcam 720P (Tanpa Edit, Tanpa Pencahayaan)


19. Ring Light Lampu Halo

Saat uji coba Webcam 720P, saya disarankan teman yang paham syution dan video editing agar menggunakan ring light alias "lampu cincin". Saya cari saja yang standar aka murah. 

Ring Light

Nemu Lampu Halo Ring Light LED Kamera 8W 6 Inch. Harganya. Rp 53.000.

Lightning Studio ini membantu ppencahayaan yang merupakan unsur yang sangat penting dalam pengambilan gambar dan video. Hasil foto/video yang maksimal dan mempunyai nilai seni tinggi di tentukan dari tekhnik pencahayaan kamera. 

Katanya, aksesoris lightning ini dapat membantu Anda mewujudkan hasil foto yang maksimal. Sorot cahaya yang mengenai objek akan lebih merata dan lembut, sehingga hasil dari foto sangat mengagumkan.

Desain yang berbeda dari perlengkapan pencahayaan, memiliki bentuk seperti cincin sehingga media pengambilan gambar berada ditengah-tengah cincin lampu, sehingga pada saat proses pengambilan terdapat cahaya yang cukup untuk diambil gambar/gerakannya.

Dimmable. Ring light ini dapat diatur tingkat keterangan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pencahayaan menjadi lebih flexible sesuai situasi dan kondisi yang diperlukan.

Cara memasangnya, hanya perlu menghubungkan lampu pada tripod, dan Anda dapat memasang kamera/smartphone pada posisi tengah lampu sehingga Anda siap untuk melakukan pengambilan gambar/video. Sumber listrik dari USB yang dicolokkan ke komputer/laptop.

Mount Ballhead tinggal dipasang di tripod.

Itu dia daftar alat untuk pembuat konten (content creator), khususnya untuk podcasting, vlogging, video syuting, atau video podcasting.

Alat Kelengkapan Lainnya

Selain alat elektronik di atas, saya juga melengkapi diri dengan beberapa kelengkapan beripa topi, tas selempang, dan jaket.

1. Topi pet

Disebut juga topi kodok, topi pelukis, dan topi Pak Tino. Topi Pet ini saya beli atas rekomendasi teman, ketika saya ingin uban rambut gak kelihatan di video.

topi pet

topi pet

Ketika pake topi pet ini, tetep aja uban kelihatan. Soalnya posisi ubannya di samping (atas telinga).

Nama produk ini Topi Kodok Polos / Flat Cap Hat / Topi Pelukis / Topi Patino - Hitam. Harganya murag banget: Rp 15.000. Saya beli online. Beli dua langsung karena murah.

SPESIFIKASI PRODUK

- Model Topi : Topi Kodok / Flat Cap Hat
- Bahan : Kaos Spandek
- Pengait : Besi
- Ukuran : 58cm - 65cm

2. Tas Selempang.

Saya beli tas selempang pinggang pria distro casual branded anti air waistbag 01 - Hitam. Tas ini kekinian. Dulu populer tas pinggang, yaitu tas kecil yang dipasang di pinggang. Kini trendnya tas selempang ini yang bisa juga jadi tas pinggang.

Tas Selempang

Saya beli di toko online yang harganya Rp 36.000. Kondisi baru. Bisa bawa topi pet, HP, holder HP, earphone, dan barang-barang kecil lainnya. Praktis!

Tas selempang ini (katanya) anti-air (air tidak masuk kedalam tas), terdapat 3 resleting dan 3 ruang, saku depan, ruang utama, dan saku belakang (bisa jadi muka depan). Talinya bisa di atur panjang pendek.

3. Jaket Tizzly

Ini jaket saya beli pengaruh sering nongton TikTok. Eh, lewat deh iklan jaket Tizzly ini. Lalu Googling dulu untuk membandingkan harganya. Gak jauh beda. Saya beli di marketplace.

Jaket Tizzly

Nama produknya Jaket Tizzly - Jaket Harrington Pilot. Harga: Rp 195.000. Kondisi baru. Bahan: Taslan Columbia water repellent & windproof. Puring dalam: Diadora ultrasoft. Size XL

Spesifikasi:

- Spek outdoor, tetap hangat di suhu dingin gunung
- Jahitan garment, Rapih & kuat
- Ukuran standar USA
- Full tag branded tizzly
- Tahan angin & Tahan air intensitas rendah
- Lengan & Pinggang karet RIB Halus
- Bagian dalam polar, ketebalan pas & lembut
- Nyaman di pakai siang atau malam

Saya beli jaket ini dengan pertimbangan banyak saku! Bisa gantiin tas selempang. Jadi, dengan jaket ini, saya gak usah ribet bawa tas selempang untuk bawa alat kecil. Lagian, sudah lama gak beli jaket.

Catatan Akhir

Itu dia Content Creator Tools: Daftar Alat untuk Membuat Konten, versi saya. Tidak semunya benar-benar diperlukan dan digunakan.

Untuk membuat konten tulisan, alatnya hanya komputer. Untuk membuat konten audio (podcast), alatnya juga hanya komputer, namun sebaiknya menggunakan mikrofon eksternal agar kualitas suara lebih jernih.

Untuk konten video, bisa pake HP, namun bisa juga pake kamera eksternal plus mikrofon eksternal juga. Wasalam.*

Thanks for reading Content Creator Tools: Daftar Alat untuk Membuat Konten Audio Video | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Content Creator Tools: Daftar Alat untuk Membuat Konten Audio Video

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.