6 Fakta Unik tentang Lagu yang Jarang Orang Ketahui

Follow @romel_tea
6 Fakta Unik tentang Lagu yang Jarang Orang Ketahui

Lagu adalah kombinasi lantunan suara merdu dari sang penyanyi dan instrumen-instrumen musik yang berdendang menjadi satu irama yang beriring bersamaan.

Lagu atau musik memiliki sejarah yang begitu panjang dan beraneka ragam. Diperkirakan musik sudah ditemukan pada zaman purbakala disaat orang-orang hidup sebagai makhluk primitif.

Selain itu ciri khas lagu yang berkembang pun beraneka ragam dari satu daerah dan daerah lain, satu wilayah dan wilayah lain, negara, hingga benua yang satu dan lainnya pun berbeda-beda.

Ada jenis lagu beraliran klasik dan populer seperti, jazz, rock, hip-hop, reggae, dan blues. Untuk musik klasik sendiri biasanya seperti musik-musik untuk upacara keagamaan dan untuk panggung orkestra di negara-negara barat.

Perkembangan lagu dari sejak dulu pun mengalami begitu banyak perubahan dari masa ke masa. Sejarah musik yang penuh dengan nilai-nilai budaya mencerminkan bahwa musik adalah hasil dari kebudayaan dari suatu bangsa dan negara di dunia.

Musik dikenal nama dan bentuknya mulai dari zaman medieval, yaitu sekitar tahun 400-1400. Berlanjut ke zaman renaissance, hingga zaman modern atau kontemporer.

Dari mulai berbagai macam jenis lagu yang memiliki aliran berbeda, sampai dengan sejarah musik yang berubah-ubah seiring bertambahnya tahun, ada fakta-fakta menarik yang bersembunyi dibalik perkembangan lagu yang begitu lama.

Fakta Unik tentang Lagu  

Berikut adalah 6 fakta unik tentang lagu yang tidak banyak orang ketahui.

1. Anggota The Beatles yang tidak dapat membaca atau menulis lagu

Dalam wawancara terhadap salah satu mantan anggota The Beatles yang masih hidup hingga saat ini, yaitu Paul McCartney, mengatakan dalam suatu wawancara yang dilakukan oleh media musik luar negeri bahwa tidak ada satupun anggota band tersebut yang mampu membaca atau menulis lagu-lagu.

Paul lebih lanjut menyatakan apabila lagu-lagu yang dia dan teman-teman bandnya hasilkan adalah murni buatan mereka sendiri tanpa ada campur tangan ilmu permusikan sebelumnya.

Lagu yang dihasilkan seakan-akan datang kepada band The Beatles begitu saja dan menjadi lagu hits yang terkenal di seluruh dunia.

2. Band rock "Metallica" menjadi satu-satunya band yang pernah konser di semua benua

Dunia ini memiliki 7 benua yang membentang begitu besar dan jauh antara satu sama lain. Dipisahkan oleh lautan yang sangat dalam dan luas, menjadikan hanya sebagian kecil band yang mampu melakukan tur konser keliling dunia, hal itu juga tidak sampai seluruh benua.

Namun Metallica sebagai band rock yang terkenal akan tur keliling dunia nya ingin menjadi yang pertama untuk mematahkan anggapan yang dianggap tidak mungkin dilakukan, menjadi mungkin atau bahkan "bisa" dilakukan.

Pada tahun 2013, Metallica menunjukkan taringnya. Dengan penghargaan yang diberikan oleh Guinness World Record, mereka menjadi band rock pertama dan satu-satunya band yang berhasil konser di seluruh benua, bahkan hingga Antartika.

3. Konser bawah laut pertama di dunia

Setiap konser musik pada umumnya dinyanyikan di atas panggung daratan. Namun ada beberapa penyanyi luar negeri yang mencoba hal yang berbeda dari kebanyakan penyanyi lainnya, yaitu mengadakan konser di bawah laut.

Kejadian langka dan unik ini dilakukan pada tahun 2006 oleh penyanyi asal Inggris yang bernama Katie Malua. Katie dan bandnya mengadakan konser tersebut pada kedalaman 303 meter di bawah laut, menjadikan dia dan timnya sebagai band pertama dan satu-satunya melakukan konser bawah laut.

Keunikan hal tersebut terjadi karena pemenang tiket konser yang telah diundi dimenangkan oleh para pekerja kilang minyak yang selalu berada di lautan.

4. Suling tulang berumur 35.000 tahun

Pada tahun 2008, ditemukan sebuah suling di sebuah gua yang terletak di Jerman Selatan, Eropa Barat. Seluruh rangkaian suling tersebut berbahan utama tulang hewan purbakala bernama Vulture, jenis burung pemakan bangkai.

Diperkirakan suling tulang ini sudah ada sejak 35.000 tahun yang lalu dan dianggap sebagai salah satu instrumen musik tertua yang pernah ada di dunia.

Banyak dugaan yang diambil dari penemuan ini bahwa mungkin lagu-lagu sudah ada bahkan sejak zaman purbakala, di mana manusia mungkin belum ada atau manusia yang ada barulah manusia yang berjenis sangat primitif.

5. Lagu Eminem "Rap God" mencatatkan rekor dunia sebagai lagu dengan kata terbanyak dalam hitungan menit

Salah satu lagu hit Eminem berjudul Rap God mencatatkan kesuksesan tidak hanya dalam dunia industri musik rap, namun juga pada rekor dunia yang masuk ke dalam catatan Guinness Book of World Record.

Prestasi yang diraih Eminem pada lagu tersebut sehingga mampu mencatatkan rekor dunia karena kata-kata yang diucapkannya berjumlah sebanyak 1560 kata dalam hitungan 6,4 menit.

Bayangkan secepat apa dia dalam menyanyi rap sehingga mampu mendapatkan penghargaan tertinggi seperti itu. Sebelum mendapatkan penghargaan seperti ini, Eminem sudah cukup terkenal dan berprestasi dengan berbagai macam penghargaan yang telah ia dapatkan sebelumnya.

6. Seorang astronot merilis seluruh lagunya yang direkam di luar angkasa

Jika ada konser di bawah laut, maka kali ini ada lagu-lagu yang direkam di luar angkasa. Pada tahun 2015, seorang astronot asal Kanada merilis album pertamanya.

Album pertamanya tersebut berisi lagu-lagu yang direkam ketika sedang bertugas sebagai seorang astronot di luar angkasa. Selain bekerja sebagai astronot, diketahui bahwa dia adalah seorang musisi kanada yang handal dan ternyata orang kanada pertama yang pergi ke luar angkasa.

Sebelum hal tersebut di atas, dirinya juga menciptakan dan menyanyikan lagu yang berhubungan dengan luar angkasa, sehingga dia mampu melakukan hal yang luar biasa unik yang tidak mungkin dapat dilakukan oleh astronot pada umumnya.

Kesimpulan

Ada begitu banyak fakta-fakta unik tentang lagu yang dapat kalian ketahui di luar sana. Fakta-fakta unik di atas adalah beberapa fakta unik dari sekian informasi yang dapat penulis sampaikan karena keunikannya yang cukup menarik perhatian dan sangat berbeda dibanding bentuk keunikan lainnya.

Rangkuman 6 fakta-fakta unik tentang lagu diatas mewakili keunikan yang tidak mudah ditemukan dan kemudian disaring menjadi sebuah bacaan yang berkualitas dan penuh kejutan agar para pembaca semakin tertarik dengan dunia permusikan.

Nah bagi kalian yang ingin sekali mendengarkan lagu-lagu secara gratis, aman, dan kapanpun kalian ingin putar, vidmateapp.com dapat menjadi solusi atas permasalahan kamu.

Dengan https://www.vidmateapp.com/id/blog/download-lagu, kamu dapat men-download berbagai macam lagu kesukaan kalian tanpa harus khawatir karena vidmateapp.com terbukti terpercaya.

Kalian dapat men-download lagu secara langsung di website https://www.vidmateapp.com/id/blog/download-lagu atau kalian juga dapat menginstal aplikasinya agar tidak repot-repot harus kembali lagi ke websitenya.

Itu dia 6 fakta unik tentang lagu yang jarang orang ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta tentang lagu di atas, diharapkan kalian akan semakin mengerti bahwa lagu memiliki perjalanan yang panjang sehingga telah berkembang seperti lagu yang ada seperti sekarang ini.*

Thanks for reading 6 Fakta Unik tentang Lagu yang Jarang Orang Ketahui | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on 6 Fakta Unik tentang Lagu yang Jarang Orang Ketahui

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.