10 Manfaat Blogging: Keuntungan Memiliki Website Pribadi

Follow @romel_tea
Sudah punya blog atau web pribadi? Belum? Ah, rugi lho! Simak manfaat blogging berikut ini. Ngeblog itu mengelola media online milik pribadi, Serbaguna!

10 Manfaat Blogging: Keuntungan Memiliki Website Pribadi

BLOGGING atau ngeblog adalah aktivitas mengelola blog atau website pribadi. Ada juga pengertian blogging dalam konteks bisnis, yaitu business blogging, corporate blogging, atau blogging for business and marketing.

Blogging mengacu pada tulisan, fotografi, dan media lain yang diterbitkan sendiri secara online. Blogging dimulai sebagai kesempatan bagi individu untuk menulis entri gaya buku harian, tetapi sejak itu telah dimasukkan ke dalam situs web untuk banyak bisnis.

Aktivitas blogging untuk blog pribadi dimulai dengan membuat blog (misalnya di Blogger atau WordPress), mengisinya dengan menulis posting, menerapkan SEO, dan mempromosikannya agar banyak pengunjung.

Sudah banyak sekali ulasan tentang manfaat blogging atau ngeblog dalam pengertian mengelola situs web pribadi. Saya juga sudah pernah membahasnya di postingan 20 Manfaat Blog.

Intinya, blog adalah media online serbaguna. Media online di sini artinya media daring milik pribadi. 

Yang saya rasakan, manfaat blogging itu menjadikan saya sebagai "fulltime blogger". Cuanya dari iklan, terutama Google AdSense dan content placement (sponsored post). Saya menjadi blogpreneur seperti saya tulis dalam buku Blogpreneur terbitan Nuansa

Secara umu, blog atau web pribadi itu merupakan sarana personal branding, merawat kehadiran online, membangun reputasi online, membangun jaringan, dan tentu saja sarana "promosi diri". Blog Anda akan menunjukkan siapa Anda, suka apa, hobi apa, dan ahli apa!

Manfaat Ngeblog

Manfaat ngeblog dalam arti mengelola web pribadi yang saya bahas sekarang saya sadur dari Huffpost. FYI, Huffpost (dulu Huffington Post) adalah contoh blog yang berkembang dan sukses menjadi situs berita besar.

Disebutkan, ketika blogging dimulai, blog pertama benar-benar sekadar merupakan jurnal online atau catatan harian online. Kemungkinan besar, saat pertama kali membuat blog, menjadi blogger profesional dan menghasilkan uang bukanlah tujuannya.

Sejak itu, blogosphere telah berkembang, dan sekarang orang-orang membuat blog karena berbagai alasan. Bahkan, ada perbedaan antara jenis blog --bisnis, gaya hidup, fashion, makanan, dan blog hiburan.

Dunia blogging telah berkembang selama dekade terakhir. Manfaat dari blogging masih berlimpah. Berikut adalah daftar alasan mengapa orang membuat blog dan bagaimana blogging dapat bermanfaat bagi kehidupan pribadi atau profesional Anda.

1. Ekspresi Diri dan Berbagi Gairah

Lanskap telah berubah, tetapi masih ada banyak blog yang berfungsi sebagai platform bagi orang-orang untuk menyuarakan ide, pikiran, dan perasaan mereka. 

Baik minat Anda adalah bisnis, keuangan pribadi, memasak, politik, fotografi, atau pemasaran, blogging memberi Anda kesempatan untuk terhubung dan berjejaring dengan individu yang berpikiran sama yang memiliki minat yang sama.

2. Membuat Perbedaan

Gairah beberapa orang condong ke arah mendukung suatu tujuan. Baik itu tujuan politik, lingkungan, atau sosial, blog adalah cara yang bagus untuk membangun kesadaran dan menggalang dukungan.

3. Berbagi Pengetahuan

Jika Anda adalah seseorang yang suka mengajar, memulai sebuah blog dapat memberikan kesempatan untuk mendidik orang lain yang tertarik dengan bidang keahlian Anda.

Bagian terbaiknya adalah, saat Anda membangun sumber daya di blog Anda untuk mengajar orang lain, Anda mungkin menyadari bahwa ada peluang untuk memonetisasi blog Anda dengan membuat produk atau layanan pendidikan secara online.

4. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda melakukannya. Sering dikatakan, blog itu sarana mengasah keterampilan menulis.

Kebanyakan blogger profesional menulis secara teratur dan karenanya menganalisis dan mengoreksi tulisan mereka secara konstan.

Anda bahkan mungkin mendapatkan umpan balik dari pembaca untuk membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik.

Namun, menjadi penulis yang baik bukanlah prasyarat untuk blog yang sukses. Banyak blogger yang sangat terkenal yang memproklamirkan diri sebagai penulis yang mengerikan, dan sebagian dari kesuksesan mereka dapat dikaitkan dengan pesan mereka "Jika saya bisa melakukannya, Anda juga bisa".

5. Menghasilkan uang

Menjadi blogger adalah salah satu peluang bisnis online. Seperti YouTuber, blogger juga menghasilan uang dari AdSense. Fakta blog menghasilkan uang ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk ngeblog.

Kebanyakan orang memulai dengan satu blog, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka mendapatkan pengalaman dan akhirnya menghasilkan ide untuk blog di niche lain.

Apa yang Anda pelajari dari blog awal Anda - anjuran dan larangan, strategi pemasaran yang efektif, cara menghasilkan uang dari blog, dll. - akan membantu Anda mempercepat pertumbuhan usaha masa depan.

6. Membangun Jaringan Profesional

Blogging adalah usaha berbasis komunitas, dan jaringan adalah salah satu alasan orang terlibat di dalamnya. Apakah Anda seorang solopreneur atau blogging untuk memasarkan bisnis Anda, membangun hubungan akan memfasilitasi pertumbuhan blog Anda.

Mengembangkan jaringan online Anda memiliki keuntungan sampingan sendiri, seperti mendapatkan akses ke perangkat lunak dan alat yang berharga, seminar, lokakarya, peluncuran produk, dan acara lainnya.

7. Mendapatkan Lebih Banyak Eksposur

Bisnis membuat blog terutama untuk memperluas kehadiran online mereka, terhubung dengan pelanggan potensial, mempromosikan merek mereka dalam percakapan yang positif, dan bahkan menghasilkan pendapatan online.

Di luar hasil langsung, bisnis menggunakan pemasaran konten untuk menentukan peringkat posting mereka di mesin pencari, sehingga menghasilkan sisa prospek dan pendapatan.

8. Menjadi Otoritas di Industri Anda

Sebuah blog dapat digunakan sebagai platform untuk menampilkan pengetahuan dan keahlian Anda. Menerbitkan posting blog yang akurat, tepat waktu, relevan, dan informatif pada akhirnya akan menarik perhatian orang dalam industri dan memberi Anda pengakuan sebagai sumber otoritatif dan pemimpin pemikiran.

9. Membangun Portofolio Online

Blogging adalah cara yang bagus untuk calon penulis dan penulis lepas untuk membangun portofolio online. Dengan menunjukkan keterampilan menulis mereka di platform besar dengan jangkauan luas, pekerja lepas dapat meningkatkan eksposur mereka dan menandatangani klien baru.

10. Memasarkan Bisnis

Bagi perusahaan dan pengusaha, mendapatkan visibilitas online adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan pelanggan, prospek, dan akhirnya pendapatan. Ini tidak dapat dicapai dengan situs web perusahaan statis.

Membuat konten blog yang berharga, bermanfaat, dan/atau menghibur adalah cara efektif untuk meningkatkan otoritas, peringkat online, dan lalu lintas situs web Anda.

Tambahan dari saya, blog juga merupakan sarana belajar jurnalistik online.

Demikian 10 manfaat blogging atau ngeblog. Content creator seperti Youtuber dan Podcaster juga perlu blog untuk dokumentasi sekaligus promosi video dan podcastnya.*

Video: Sumber Penghasilan Blogger



Thanks for reading 10 Manfaat Blogging: Keuntungan Memiliki Website Pribadi | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

1 komentar on 10 Manfaat Blogging: Keuntungan Memiliki Website Pribadi

  1. Manfaat dari blogging adalah berbagi wawasan terkini yang bermanfaat daripada harus terpaku pada layar HP mantengin candle binary option dan kerluar modal untuk berharap cepat kaya....

    hehehee....

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.