Content Placement: Penempatan Konten untuk SEO dan Trafik Web

Follow @romel_tea
Content Placement: Penempatan Konten untuk SEO dan Trafik Web

SEBUAH website membutuhkan pengoptimalan mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) untuk membangun reputasi, backlink, dan akhirnya mendatangkan trafik pengunjung yang tinggi.

Salah satu tren SEO saat ini adalah penempatan konten atau content placement. Berikut ini ulasan ringkas tentang content placement, yakni penempatan konten untuk SEO dan trafik website --termasuk web pribadi atau blog.

Pengertian content placement 

Secara bahasa, content placement adalah "penempatan konten". Pengertian praktisnya, content placement adalah publikasi konten berupa artikel di website atau blog orang lain (eksternal) untuk membangun reputasi dan mendapatkan tautan balik (backlink).

Dulu, kalangan blogger menganalnya sebagai guest posting atau postingan tamu --membuat posting di blog orang lain.

Apakah penempatan konten atau content placement merupakan guest posting yang baru? Bisa jadi, ya! Content placement juga dikenal sebagai sponsored post (posting bersponsor), paid post (posting berbayar), atau paid guest post (posting tamu berbayar).

Kini banyak perusahaan melakukan content placement berupa "advertorial" atau iklan berupa berita/artikel di media online atau situs berita. Dengan cara ini, promosi mereka tidak terkesan sebagai iklan. Biasanya di bagian akhir berita/artikel ada keterangan pendek "ads" (advertisement, iklan).

Pentingnya Content Placement

Mengutip penjelasan Business2Community, content placement atau posting tamu telah menjadi tren terbaru yang telah dilihat sebagai satu-satunya jalan ke depan oleh banyak individu dalam pemasaran digital. 

Diyakini, content placement adalah cara memperluas audiens dan meningkatkan lalu lintas pengunjung (traffict) secara organik. 

Manfaat ini valid, masuk akal, dan tentunya dapat memberikan efek menguntungkan pada SEO. Tetapi fokus yang lebih besar untuk blog atau situs mana pun harus menjadi penulis konten (content writer) dan penempatan konten itu di situs. 

Konten harus ditempatkan di posisi yang paling logis/dapat dicari, untuk memaksimalkan visibilitas dan peringkat pencarian.

Semua pembaruan Panda, Penguin, dan algoritme pencarian lainnya telah dilakukan untuk mengidentifikasi dan memberi penghargaan pada situs yang menghasilkan dan membuat konten di niche mereka. 

Konten ini, jika dilakukan dengan baik dan ditempatkan dengan benar, secara default akan meningkatkan trafik, backlink, share media sosial dan, pada akhirnya, memiliki dampak keseluruhan dalam meningkatkan peringkat pencarian.

Perusahaan dan individu yang menyadari pergeseran tingkat tinggi ini dari trik dan taktik tidak langsung yang ditujukan untuk mempermainkan peringkat pencarian, pada akhirnya akan diuntungkan dan sejalan dengan tujuan Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. 

Faktanya, Google dan lainnya terus mengubah algoritme sebagai cara untuk mencegah penggunaan tweak teknologi, yang bertentangan dengan konten, dari memajukan SEO.

Konten adalah "raja" dan penempatan yang tepat dari konten itu adalah "pangeran". Jika situs Anda menggunakan konten berkualitas dan penempatan konten yang efektif, maka SEO situs akan mendapat manfaat dari waktu ke waktu. 

Berikut adalah ikhtisar singkat tentang penempatan konten dan mengapa itu sangat penting untuk SEO.

• Penempatan Konten berarti terus memperbarui situs atau blog Anda dengan konten baru yang relevan
• Konten baru yang relevan memberikan hasil mesin pencari potensial
• Konten baru adalah kesempatan untuk membicarakan produk atau layanan utama Anda dalam perspektif yang berbeda
• Menempatkan konten kaya kata kunci itu secara logis di dalam struktur situs membantu mesin telusur
• Konten baru mendukung struktur situs secara keseluruhan
• Konten berkualitas lebih meningkatkan kredibilitas dalam pandangan mesin pencari dan menetapkan situs dan penulis sebagai otoritas.

Tips

Fokuskan situs Anda untuk menyediakan konten relevan yang diinginkan audiens Anda dan mesin pencari akan memberi Anda imbalan. 

Trik dan tipu muslihat terus-menerus disingkirkan dan dilawan dengan pembaruan algoritme pencarian dengan tujuan akhir mengidentifikasi konten berkualitas untuk individu yang melakukan pencarian. 

Ingatlah hal itu, dan Anda akan siap untuk sukses dan bergerak selaras dengan apa yang diinginkan Google dan orang lain. 

Sementara blogging tamu atau content placement memberikan manfaat yang dicatat, itu harus menjadi strategi sekunder, mengambil kursi belakang untuk penempatan konten. 

Coba dan pikirkan kembali apa arti strategi pemasaran konten bagi Anda dan fokuslah untuk membangun konten hebat yang dapat membuat orang terlibat.

Bisa dikatakan, pertukaran link dan posting tamu kini digantikan content placement. Banyak penyedia jasa penempatan konten yang membantu Anda mendistribusikan konten ke berbagai situs atau blog populer. Blog ini --romelteamedia.com-- juga menerima content placement. Kontak aja romeltea@yahoo.com

Thanks for reading Content Placement: Penempatan Konten untuk SEO dan Trafik Web | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Content Placement: Penempatan Konten untuk SEO dan Trafik Web

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.