Memahami 4 Prinsip Asuransi Syariah di Indonesia

Follow @romel_tea
Memahami 4 Prinsip Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah merupakan sebuah bentuk perlindungan yang dilaksanakan berdasarkan prinsip syariat Islam dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Beberapa produk proteksi yang dikelola dengan prinsip asuransi syariah di Indonesia ialah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil dan lain sebagainya.

Salah satu jenis asuransi syariah adalah asuransi mobil untuk pemilik kendaraan yang tidak ingin kena riba.

Buat Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang asuransi mobil syariah, dapat klik asuransi mobil syariah duitpintar.com.

Prinsip Asuransi Syariah

Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini beberapa prinsip asuransi syariah.

1. Prinsip tolong menolong

Prinsip pertama dalam asuransi syariah ialah tolong menolong. Anda bisa melihatnya dari rekening dana tabarru’ yang merupakan kumpulan premi para peserta yang sifatnya akan dipinjamkan pada peserta lain yang sedang membutuhkan atau tertimpa musibah. Pinjaman ini diartikan sebagai klaim yang akan diberikan pada nasabah asuransi.

2. Dana tidak hangus

Asuransi syariah juga menggunakan prinsip dana tidak akan hangus meskipun tidak terjadi klaim. Saat masa polis asuransi akan berakhir, setiap nasabah atau pihak tertanggung nantinya akan memperoleh pembagian risiko sebagai manfaat pengembalian premi. Tentu saja sangat berbeda dengan asuransi konvensional di mana premi akan hangus jika tidak ada klaim.

3.  Wajib ada akad

Dalam asuransi prinsip syariah, semua akan ditetapkan dengan akad atau perjanjian. Akad asuransi syariah harus bebas dari maysir, gharar, riba, risywah, zhulm, barang haram, maksiat dan hal-hal yang menyalahi aturan syariat lainnya. Setidaknya terdapat 3 akad dalam asuransi syariah yaitu akad tijarah, akad tabarru’ dan akad wakalah bil ujrah.

4. Alokasi dana investasi sesuai syariat

Baik investasi yang dilakukan perusahaan asuransi maupun oleh peserta unit link wajib dijalankan dengan prinsip syariah. Beberapa persyaratan investasi syariah ialah jenis investasi yang halal, baik, tidak haram, bebas riba dan tidak mengandung unsur penipuan. Semuanya harus dijalankan tanpa melanggar hukum syariah.

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2022

Salah satu produk asuransi syariah paling populer di kalangan masyarakat Indonesia ialah asuransi mobil syariah.

Bagi Anda yang berencana membeli polis asuransi mobil syariah, berikut kami rangkum beberapa rekomendasi asuransi mobil syariah di Duitpintar.com yang populer dan pastinya terpercaya.

1. Asuransi mobil Takaful

Melalui produk ini Anda bisa mendapatkan jenis asuransi komprehensif (All Risk) dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil Takaful All Risk memiliki cakupan risiko yang lumayan luas seperti kerusakan karena benturan, kebakaran, tabrakan, kecelakaan, pencurian dan lain sebagainya.

Sedangkan asuransi TLO hanya mencakup kerusakan parah atau kehilangan total saja yang kerugiannya mencapai atau lebih dari 75%.

2. Asuransi mobil Garda Oto

Salah satu produk asuransi mobil paling populer ialah Garda Oto, di mana manfaat pertanggungannya sangat beragam. Tidak hanya itu, Garda Oto juga telah bermitra dengan ratusan bengkel rekanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah asuransi yang ingin mengajukan klaim.

Selain itu, Garda Oto juga menyediakan kesempatan pengembalian premi hingga 50 persen pada akhir masa perlindungan nanti.

3. Otomate syariah ACA

Asuransi mobil ini berada di bawah perusahaan Asuransi Central Asia yang manfaat pertanggungannya mencapai Rp100 juta lebih. Hampir sama dengan perusahaan asuransi lainnya, ACA juga menawarkan asuransi mobil TLO dan All Risk.

Untuk asuransi TLO premi asuransi dimulai dari Rp48 ribu per bulan. Sedangkan premi asuransi All Risk dimulai dari Rp218 ribu per bulan.

4. Zurich Autocillin Ikhlas

Asuransi mobil Zurich Autocillin Ikhlas juga menawarkan pilihan proteksi komprehensif dengan biaya premi sekitar Rp205.998 per bulan. Untuk jenis asuransi TLO, biaya premi dimulai dari Rp36.695 per bulan.

Harganya berbeda karena cakupan pertanggungan asuransi komprehensif jauh lebih luas dibandingkan asuransi TLO.

Tidak hanya itu, harga premi juga biasanya berbeda tergantung usia kendaraan, perluasan jaminan, polis yang dipilih, profil risiko hingga tipe dan jenis kendaraan.

5. Asuransi mobil Ramayana syariah

Ada juga pilihan asuransi mobil Ramayana syariah yang sangat populer belakangan ini. Sebagai peserta asuransi syariah Anda bebas memilih jenis polis asuransi baik komprehensif (All Risk) maupun TLO dengan biaya premi yang cukup terjangkau.

Selain itu, peserta juga bisa memperoleh jaminan perluasan (rider) dari Ramayana Syariah saat terjadi kerusakan mobil akibat gempa bumi, tsunami, banjir dan lain sebagainya.*

Thanks for reading Memahami 4 Prinsip Asuransi Syariah di Indonesia | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Memahami 4 Prinsip Asuransi Syariah di Indonesia

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.