Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Jurnalis Disertai Contoh Terbaru 2022

Follow @romel_tea
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Jurnalis Disertai Contoh Terbaru 2022

Membuat surat lamaran kerja untuk disertakan dalam berkas seringkali diabaikan, padahal bagian yang satu ini amatlah penting. Buat profesi apa pun, termasuk jurnalis atau wartawan, simak cara membuat serta contoh surat lamaran kerja jurnalis lewat artikel ini!

Jurnalis adalah pekerja media yang bertugas mencari berita dalam banyak format mulai dari tulisan hingga video. Proses seleksinya terbilang kompetitif, mengingat jumlah media populer sekarang terhitung jari dan skill seorang jurnalis sangatlah diperhitungkan.

Berangkat dari hal di atas, Anda diharuskan mengemas surat lamaran kerja jurnalis secara optimal. Selain menyusun isi lamaran seapik mungkin, tentukan pula konsep visual yang diinginkan. Semakin bagus desainnya, kian menarik pula saat dipandang mata.

Apa itu surat lamaran kerja? 

Berdasarkan pengertian umum, surat lamaran kerja adalah pengantar dalam sebuah paket berkas lamaran yang berfungsi sebagai media perkenalan serta penyampaian maksud dan tujuan pelamar kerja terhadap perusahaan pembuka lowongan.

Bagi sebagian besar profesi, termasuk jurnalis, impresi pertama Anda dipertaruhkan lewat selembar surat lamaran kerja. 

Ingin tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja jurnalis? Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Jurnalis

1. Susun Isinya Secara Terstruktur

Cara membuat surat lamaran kerja jurnalis yang pertama adalah menyusun isi surat secara terstruktur. Susunan surat lamaran kerja jurnalis biasanya mencakup:

● Perkenalan Diri

Beberapa paragraf pertama fokus pada perkenalan diri. Jelaskan diri Anda, di media mana Anda bekerja sekarang, dan berapa lama pengalaman tersebut.

● Maksud dan Tujuan

Setelah memperkenalkan diri, sampaikan maksud dan tujuan Anda. Jelaskan pada posisi spesifik apa Anda hendak melamar. Pada kasus surat lamaran kerja jurnalis, beritahu desk yang Anda kuasai dan inginkan semisal jurnalis kriminal, olahraga, dan lain-lain.

● Ulasan Singkat Pengalaman

Guna meyakinkan HRD, paparkan secara rinci pengalaman Anda sebagai jurnalis. Semisal sudah berapa lama meliput di lapangan, bidang apa yang dikuasai, hingga siapakah sosok yang pernah Anda wawancara secara langsung.

● Penutupan Surat

Satu hingga dua paragraf terakhir adalah bagian Anda menulis penutupan surat. Beritahu bahwa kita percaya diri dapat memberikan kontribusi positif pada lowongan ini. Tak lupa, ucapkan terima kasih atas kesempatannya guna mengesankan sikap yang sopan.

2. Tambahkan Desain dalam Surat

Tak lengkap bila membiarkan surat lamaran kerja jurnalis tanpa desain. Anda bisa memanfaatkan platform desain Canva yang dilengkapi fitur canggih dan mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan jika kita belum berpengalaman mendesain sebuah surat.

Contoh surat lamaran kerja jurnalis yang baik, tentunya melibatkan desain. Langkah pertama adalah memilih platform desain ramah pengguna seperti Canva, pilih template, lalu masukkan font, kombinasi warna menarik, ikon, dan elemen pendukung lainnya.

3. Lengkapi Berkas Lamaran Kerja

Selain surat lamaran kerja jurnalis, lengkapi pula berkas lain seperti CV, portofolio, hingga data diri seperti nomor HP dan e-mail aktif. Kelengkapan data adalah nilai plus dan meningkatkan potensi dilirik HRD, sehingga Anda tidak boleh melupakan detail seperti ini.

Sering terjadi salah kaprah, apa bedanya CV dan surat lamaran kerja? Hal tersebut bisa dilihat dari isinya. CV berisi riwayat hidup berupa pengalaman kerja, pendidikan, data diri singkat, dan daftar skill, sementara surat lamaran kerja adalah surat berisi pengantar lamaran kerja saja.

4. Periksa Kembali Sebelum Selesai

Sudah yakin dengan surat lamaran kerja Anda? Tunggu dulu! Periksa kembali setiap rincian isi sebelum selesai. Sebagai contoh, jangan sampai ada kesalahan penulisan dan EYD karena jurnalis dituntut menyampaikan pesan tertulis yang rapi dan mudah dipahami.

Pastikan pula desain surat lamaran kerja jurnalis tertata rapi. Gunakan jenis font yang mudah dibaca, perpaduan warna yang ideal, dan tidak berlebihan dalam menaruh elemen desain lainnya. 

Pertahankan unsur minimalis, jangan sampai desain Anda terlalu ramai. Memiliki surat lamaran kerja dan CV yang bagus juga adalah salah satu bentuk investasi diri jangka panjang.

5. Kirim ke Pihak Media

Setelah tuntas membuat surat lamaran kerja, kirimkan pengantar dan berkas lainnya sekarang juga. Anda bisa mengirim lewat format cetak atau online sesuai ketentuan. Disarankan untuk mengirim ke lebih dari satu lowongan demi meningkatkan peluang panggilan kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Jurnalis Terbaru 2022

Kepada
Pihak HRD
PT Media Informasi Nasional
Jalan Giri Pratama Asri No. 17
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang tercantum pada hari Jumat, 3 Juli 2022, PT Media Informasi Nasional (Medianasional.com) saat ini sedang membutuhkan karyawan untuk menempati posisi sebagai jurnalis musik. Maka, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jim Morrison Putranto
Tempat, Tanggal Lahir : Kebumen, 8 Desember 1992
Alamat : Jln. Cinta No. 218, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
No.Telepon : 0812-40012-666

Ingin mengajukan lamaran untuk menempati posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya telah lampirkan sejumlah berkas sebagai berikut:

● Curiculum Vitae
● Portofolio
● Fotokopi Ijazah
● Fotokopi Transkrip Akademik
● Fotokopi KTP
● Foto Berwarna Ukuran 3x4, 2 Lembar
● Surat Keterangan Kerja (Paklaring)

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai wartawan musik pada media musik nasional rollingdoor.com selama 2 tahun dan saat ini keluar karena kontrak habis. Selain itu, saya juga aktif di Ikatan Jurnalis Musik Indonesia (IJMI) sebagai pengurus inti.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan jujur dan benar. Besar harapan saya agar dapat diterima pada Medianasional.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Jakarta Selatan, 15 Juli 2022

Hormat saya,


Jim Morrison Putranto

Itulah tadi cara membuat surat lamaran kerja disertai contohnya bagi profesi jurnalis. Kemas desain secara optimal, pastikan pula Anda tidak melupakan detail-detail penting terkait data diri. Selamat mencoba dan semoga sukses!



Thanks for reading Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Jurnalis Disertai Contoh Terbaru 2022 | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Jurnalis Disertai Contoh Terbaru 2022

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.