July 31, 2022

Video: Masjid Terapung Al-Jabbar Gedebage Bandung

By Romeltea | Published: July 31, 2022


Pesona Outside Masjid Terapung Al-Jabbar Gedebage Bandung --disebut juga Masjid Raya Al-Jabbar dan  Masjid Terapung Gedebage. 

Beralamat di Jl. Cimincrang No.14 Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, masjid ini menjadi ikon baru Kota Bandung dan dibangun seiring dengan pembangunan Danau Buatan di lokasi yang sama.

Disebut "terapung" karena berada di tengah danau buatan yang dibangun untuk mengantisipasi banjir di kawasan ini.

Nama "Al-Jabbar" dipilih dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna yang artinya Maha Gagah, Maha Kuasa. Al-Jabbar juga mirip "Jabar" --singkatan Jawa Barat.

Lokasi masjid berdekatan dengan Mapolda Jabar dan Stadion GBLA Bandung. Video ini diambil Sabtu, 30 Juli 2022, sekitar pukul 11.00 WIB, menggunakan kamera HP --tanpa tripod, holder, pun tanpa gimbal stabilizer.

Kapasitas Jamaah

Masjid yang sedang dibangun ini diperkirakan berkapasitas 60 ribu orang.

Video: Masjid Terapung Al-Jabbar Gedebage Bandung

Pembangunan dimulai ketika peletakkan batu pertama yang dilakukan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ketika itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Masjid Terapung Gedebage ini dibangun di atas danau buatan, sehingga sering disebut juga dengan Masjid Terapung Gedebage. 

Saat peletakan batu pertama dikemukakan, masjid ini juga akan dilengkapi beragam fasilitas seperti museum.

Nantinya, di sini bisa untuk manasik, ada juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia, sejarah Islam Jabar.

Fasilitas lainnya adalah tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan dan seminar.

Masjid megah ini dibangun menggunakan APBD Jawa Barat 2017, jumlahnya diperkirakan mencapai Rp 600 miliar sampai Rp 1 triliun.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Video: Masjid Terapung Al-Jabbar Gedebage Bandung

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *