5 Langkah Mudah Cara Membuat Internet Anda Lebih Aman

Follow @romel_tea
Kesadaran tentang keamanan berinternet masih rendah di kalangan pengguna di Indonesia. Artikel ini berisi tips atau cara membuat internetan aman

5 Langkah Mudah Cara Membuat Internet Anda Lebih Aman

Mimpi buruk di zaman siber ini, namun cukup nyata: para bandidos siber mencuri data pribadi atau menghapus rekening bank. Lalu, bagaimana rasanya ingin nonton streaming namun koneksi internetnya lelet? Bagaimana cara supaya jaringan aman? Ada pula komputer ngadat gegara virus. 

Puluhan ribu warganet terpengaruh soal keamanan data di tanah air. Untuk melindungi data diri saat berselancar di dunia maya, atau menonton film tanpa gerah, keamanan itu nomor satu. 

Karena itu, layanan proksi seperti VeePN banyak dipakai guna menjamin privasi saat berselancar di dunia maya. Dunia maya ini adiwidia sejak pandemi. Berikut ini lima metode yang bakal membuat perselancaran Anda aman di internet.

1. Cara Melenyapkan Virus di Gadget

Komputer Anda terinfeksi virus? Anda pasti ingin segera menghapusnya karena virus dapat berkembang biak dan ibarat kapal kebang di tengah laut. Anda dapat memakai metode safety berikut, tanpa antivirus:

Begini caranya: Buka menu komputer Anda > Start > All Program > Aksesori > Alat Sistem > Pemulihan Sistem

Metode ini adalah cara efektif membasmi virus. Oh ya, pemulihan sistem itulah fitur ciamik yang bisa untuk secara trengginas bersih-bersih memori.

2. Keamanan WiFi: Cara melindungi jaringan Anda

Pengaturan WiFi yang tepat mempersulit penyusup yang tidak diinginkan untuk mengakses jaringan Anda. Gunakan tips berikut ini guna meningkatkan keamanan WiFi. 

Gunakan kata sandi (password) WiFi yang efektif. Jika WLAN Anda masih dilindungi pake kata sandi yang ditetapkan di pabrik, Anda harus mengubahnya agar safety --karena kode biasanya ada di bagian bawah perangkat dan bisa gampang (nggak ribet) dibaca jika perlu.

3. Melindungi Trafik Internet

Konon, menggunakan VPN (Virtual Private Network) adalah cara paling jos dan (katanya) terefektif untuk proteksi akses internet Anda. 

Selain itu. VPN mampu menyembunyikan identitas kita. Lho, koq bisa begitu? 

Saat Anda terhubung ke server yang kokoh aman, ibarat kendaraan, Anda berjalan melalui terowongan terenkripsi yang tidak dapat diberandang oleh siapa pun, termasuk peretas atau pemerintah sekalipun.

Menggunakan VPN mengubah adress/alamat IP, nomor yang secara unik mengidentifikasi Anda dan lokasi Anda di dunia. 

Tanpa sawala, alamat IP baru ini seolah Anda berada di lokasi pilihan: Inggris, Jerman, Kanada, Jepang, atau hampir semua negara lain selama layanannya punya server di sana.

4. Beginilah Kiat Menjaga Privasi

Alamat surel (email) dan informasi kontak lainnya dapat dikumpulkan dan dipakai secara ilegal buat advertensi atau penipuan. Hasilnya adalah surel yang tidak dikehendaki dan non-sah (misalnya spam). 

Selalu ingat bahwa Internet trics bisa menawarkan akses ke informasi di seantero jagad bumi dan bahwa setelah Anda mempublikasikan informasi, Anda lepas kendali atas penggunaan lebih lanjut.

1. Penggunaan jejaring sosial yang bertanggung jawab

Sadarilah apa yang dapat diperoleh dari posting Facebook Anda. Apakah Anda serius pengin semua orang tahu kapan Anda pergi ke pesta dengan siapa? Kapan Anda berlibur? Agar apartemen Anda safety selagi ditinggal. Atau apa ada lagi sih yang Anda pengin lakukan sepanjang hari?

2. Berikan informasi pribadi sesedikit mungkin, bahkan jika Anda diminta lebih banyak

Jika terserah operator jasa pengiriman, toko online atau bahkan bank, mereka akan memberikan hampir semua data mereka saat mendaftar. Ini bukan internet trics, namun data Anda itu berharga dan Anda hanya boleh memberikan apa yang benar-benar diperlukan.

3. Tutupi kamera

Beberapa merasa seperti itu ketika menayang ke luar angkasa, yang lain ketika melihat ke kamera laptop. Anda melihat ke dalam sono dan bertanya sendirinya, apa seseorang melihat ke belakang?

4. Privasi internet lewat kokohnya password

Semua orang tahu dilema dengan kata sandi. Tentu saja, faktor safety benar menjadikan Anda ingin melindungi akun pribadi Anda sebaik mungkin, tetapi kenyamanan sering kali menghalangi dan banyak pengguna umum menggunakan kata sandi atau password dengan standar mirip atau persis sama.

5. Enkripsi data dan transfer data

Data yang Anda simpan atau kirim secara online harus selalu dienkripsi, jika tidak, Anda harus berharap bahwa operator layanan penyimpanan online akan memastikan keamanannya. Namun, hal ini sering tidak terjadi. Data tidak dienkripsi di server, misalnya dari penyedia cloud. Jangan ragu memakai semisal VeePN sekaligus menjamin privasi dan sekuritinya internet.

5. Mempercepat Akses Internet

Meskipun koneksi internet bagus, internet Anda lambat atau Anda tidak bisa online sama sekali? Atau lambat banget saat menonton tayangan Anda dapat melakukan sesuatu tentang masalah yang mengganggu itu sendiri tanpa harus menunggu penyedia Anda bereaksi. Ada lho sarana praktis, bahkan yang free trial sekalipun, melawan koneksi internet yang lemah.

Anda dapat membantu sendiri dan mengembalikan koneksi internet Anda dengan tips ini:

* Periksa koneksi internet dengan tes kecepatan.
* Perbaiki masalah: Muat ulang (restart) sang perangkat.
* Internet lambat: Periksa kabel perangkat.
* Tidak ada jaringan: kelebihan beban atau volume data habis.

Periksa koneksi internet dengan tes kecepatan. Sang problem tak mesti berada dalam jaringan Anda sendiri. Jika, misalnya, server situs web tertentu bereaksi lambat, ibaratnya unlock netflix, Anda akan sia-sia mencari kesalahan di jaringan Anda.

Kesimpulan

Akhirnya: selancar yang selesa aman, berlakulah jatmika dalam kehidupan profesional atau di keseharian. Sebab ini benar-benar zamannya netflix unblocked. Jika kriteria keamanan tertentu tidak terpenuhi, sekuriti teknologi informasi Anda sendiri dan dengan demikian data sensitif Anda mungkin berisiko. Kenyamanan berselancar, itulah kuncinya.

Oleh karena itu, keamanan PC yang memadai menjadi semakin penting. Nonton dan nikmati tayangan streaming yang lancar adalah salah satu nikmatnya hidup saat bersantai. 

Nah, cocoklah sekarang paling pas sang kala untuk membuat cadangan, mengubah (bila harus) kata sandi, dan memperbarui program keamanan PC. Salah satu kunci jitu, pakailah VPN. Jangan tunda sampai esok, apa pun yang bisa membuat perselancaran Anda lebih aman!

Thanks for reading 5 Langkah Mudah Cara Membuat Internet Anda Lebih Aman | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on 5 Langkah Mudah Cara Membuat Internet Anda Lebih Aman

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.