Ada 4 Tipe Kepribadian Media Sosial, Anda Termasuk yang Mana?

Follow @romel_tea
Ada 4 Tipe Kepribadian Media Sosial

Sebagai pengguna bahkan "aktivis" media sosial, kita perlu memahami jenis-jenis peribadian di media sosial atau social media personality. Setiap orang yang menggunakan media sosial mengembangkan kepribadian media sosial.

Ada empat tipe kepribadian media sosial menurut Landa Social. Keempat tipe kepribadian media sosial ini adalah pemimpin (leader), penyuka (liker), pengintai (lurker), dan penyendiri (loner).

Media sosial telah memberi kita banyak hal – cara baru untuk berkomunikasi, pengetahuan mendalam tentang kehidupan pribadi setiap orang. Medsos juga memberi kita kemampuan menakutkan untuk menjadi orang yang sama sekali berbeda.

Faktanya, setiap orang yang membaca ini memiliki "kepribadian media sosial" mereka sendiri. 

Kepribadian ini ditentukan oleh hubungan kita dengan media sosial, yang mencakup segala sesuatu mulai dari cara kita melihat, berinteraksi dengan, dan menyerap media sosial, hingga cara kita berhubungan dengan orang lain menggunakan berbagai platform sosial.

Kepribadian media sosial kita sepenuhnya terpisah dari kepribadian kehidupan nyata kita. Banyak orang pendiam dan penakut di dunia nyata, tapi begitu "liar" dan "sangat berani" di media sosial. Betul

Mari kita bahasa keempat jenis kepribadian media sosial ini. Keempat tipe kepribadian media sosial ini memainkan peran besar dalam cara kita terlibat dengan merek secara online dan mengonsumsi konten mereka. 

Tipe Kepribadian Media Sosial

Seperti dalam kehidupan nyata, beberapa kepribadian online cenderung memimpin percakapan, beberapa menanggapi, beberapa mendengarkan, dan beberapa nongkrong di bar koktail sendirian. 

1. Leaders

Leaders adalah pembuat konten (content creator). Mereka menyiarkan pendapat mereka, baik dan buruk, di seluruh media sosial. 

Leaders atau pemimpin memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain di jaringannya dengan membuat konten. Jika kontennya menarik, mereka akan banyak pengikut (followers) dan menjadi influencer atau selebram. 

Influencer berbeda dengan buzzer. Untuk menjadi buzzer, Anda tak perlu banyak pengikut. Hanya perlu aktif dan punya banyak akun medsos. 

2. Likers

Likers adalah tipe kepribadian media sosial yang suka LKS (Like, Komentar, Share) status orang lain. Para "penyuka" ini menentukan apakah konten yang dibuat oleh Leader berhasil atau tidak karena mereka terlibat dengan apa yang Likers publikasikan.

Likers tidak membuat. Sebaliknya, mereka mengambil kepemilikan dengan berbagi, berkomentar, dan terlibat dengan konten alias LKS tadi.

Anggap mereka sebagai mediator dunia media sosial; mereka mempengaruhi apa yang sukses di internet dan menentukan apa yang relevan. 

Likers menentukan apa yang berhasil di Internet dan mereka tidak dapat diabaikan. Mereka berperan membuat sebuah postingan atau status jadi viral.

3. Pengintai, Lurkers

The Lurkers murni mengamati dan mengkonsumsi. Mereka hanya membuka media sosial dan membaca postingan/status orang lain.

Mereka tahu persis apa yang baru dan semua yang sedang tren dengan mengikuti di media sosial, namun mereka tidak pernah terlibat dengan Anda secara online. 

Sayangnya, Anda tidak pernah tahu kapan wallflower ini telah memeriksa halaman Anda, kecuali untuk tetap memperhatikan jangkauan dan kesan merek Anda.

Ingatlah bahwa Lurkers ada di mana-mana di media sosial, jadi jangan terlalu berkecil hati jika Anda merasa tidak mendapatkan tanggapan seluas yang Anda harapkan. Anda masih menjangkau mereka, mereka tidak akan memberi tahu Anda.

Mayoritas pengguna internet bahkan Lurkers ini. Mereka tidak ingin dikenali.

4. Penyendiri, Loners

The Loners adalah mereka yang menolak memiliki akun media sosial. Meskipun mereka tidak dapat dihubungi melalui media sosial. 

Penyendiri dapat dihubungi dengan cara lain, dan itulah alasan kampanye media sosial Anda harus begitu kuat sehingga "Pemimpin" dan "Penyuka" mendiskusikannya secara offline dengan Penyendiri.

Penyendiri cenderung menerima informasi mereka dari Pemimpin, Likers, dan Lurkers. Kepribadian ini memperluas diri mereka secara offline, artinya Liker akan menemukan cara untuk menyampaikan informasi yang relevan dan berharga kepada teman Penyendiri mereka.

Pengguna Media Sosial

Setiap orang yang menggunakan media sosial mengembangkan kepribadian media sosial. Kepribadian ini merupakan cerminan dari bagaimana Anda ingin orang lain melihat Anda dan juga bagaimana orang lain melihat Anda berdasarkan aktivitas media sosial Anda. 

Setiap orang memiliki baju besi pribadinya masing-masing yang mereka tunjukkan secara online melalui media sosial.

Itu dia tipe atau jenis kepribadian media sosial. Anda termasuk yang mana?

Thanks for reading Ada 4 Tipe Kepribadian Media Sosial, Anda Termasuk yang Mana? | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Ada 4 Tipe Kepribadian Media Sosial, Anda Termasuk yang Mana?

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.