November 27, 2022

Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

By Romeltea | Published: November 27, 2022

Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Sebuah bangunan rumah agar terlihat indah dan enak untuk dipandang salah satu caranya adalah dengan cara memilih dan memadukan warna cat yang sesuai agar visualisasi dari gedung maupun rumah tersebut bisa enak untuk dilihat.

Saat ini tren eksterior maupun interior rumah yang paling populer dan diminati adalah desain klasik. Desain ini hampir diminati oleh seluruh orang. 


Namun dalam prosesnya, ada juga gang saat awal pembangunan tidak memerlukan plester pada dinding di mana hal ini memiliki tujuan untuk memunculkan motif asli dari tembok rumah.

Tips Tepat Cara Mengecat Tembok Rumah yang Belum Diplester

Selain memiliki nilai yang fungsional, bisa dikatakan setiap pemiliki rumah pasti ingin agar rumah mereka memiliki nilai estetika yang baik. Agar rumah Anda terlihat lebih cantik dan nyaman untuk ditinggali maka kebanyakan orang memilih untuk memadukan warna tembok yang sesuai dengan tema rumah mereka. 

Rumah yang tadinya terlihat buram dan suram pasti akan terlihat cerah dan ceria seketika ketika Anda memilih warna cat tembok yang tepat.

Akan tetapi, tidak semua dinding rumah sudah diplester karena masih ada beberapa rumah yang temboknya masih belum diplester. Jika Anda belum begitu paham, sebenarnya plester sendiri merupakan proses akhir dari pembuatan dinding rumah. 

Proses ini dilakukan dengan cara memberikan lapisan adonan tembok dari campuran air, pasir, dan semen. Proses memiliki tujuan untuk membuat tembok rumah bisa terlihat rata dan juga rapi.

Selain itu, proses plester juga dilakukan lebug dahulu sebelum proses pengecatan agar cat tembok bisa lebih mudah melekat pada dinding. 

Jika Anda lebih tertarik dan memiliki niat untuk tidak melakukan plester pada dinding rumah, tetapi ingin mengaplikasikan cat tembok maka Anda bisa mengikuti tips yang akan kami berikan. 

Berikut adalah cara mengecat tembok pada tembok yang belum diplester dengan benar dan tepat, antara lain:

1. Bersihkan Dinding Terlebih Dahulu

Pertama Anda bisa melakukan proses pembersihan terlebih dahulu. Bersihkan setiap kotoran, jamur, hingga mortar yang tidak rapi pada dinding. Pastikan jika setiap permukaan pada dinding dalam kondisi yang rata dan bersih sebelum Anda mengaplikasikan cat dinding. 

Ketika melakukan proses pembersihan ini sebaiknya Anda berhati hati karena ketika menyikat terlalu keras akan membuat spasi mortar runtuh atau bahkan menggerus material dari dinding itu sendiri.

2. Menyiapkan Alat Mengecat

Untuk mengecat dinding tembok tanpa diplester berikutnya adalah dengan menyiapkan alat untuk mengecat. Alat yang bisa Anda siapkan mulai dari kuas yang besar maupun kuas kecil, koran atau kain lap yang berfungsi sebagai pelapis cat tidak mengotori lantai rumah. Karena tembok yang belum di plester membuat Anda tidak bisa melakukan proses cat dengan menggunakan roll karena permukaan yang tidak rata.

3. Memilih Cat

Karena permukaan dinding yang tidak rata dan kasar serta mudah menyerap air maka sebaiknya Anda menggunakan 2 tipe cat. Lapisan cat pertama Anda bisa menggunakan plamir sebagai lapisan dasar karena plamir akan membantu menahan cat agar tidak terlalu terserap dalam dinding. Lapisan kedua, Anda bisa memilih warna yang Anda inginkan.

Temukan produk cat terbaik yang sesuai dengan penggunaan. Anda bisa menengok halaman Pickybest.id untuk melihat rekomendasi cat terbaik dari berbagai merek. Pilihlah produk dari merek terkenal dengan harga yang sesuai dengan budget Anda, ya.

4. Mengaduk Cat Sesering Mungkin

Berikutnya adalah dengan mengaduk cat yang akan diaplikasikan pada tembok rumah sesering mungkin agar cat tidak menjadi kering dan kental. 

Jika kekentalan dari cat tembok terbaik semakin pas maka proses pewarnaan dinding akan semakin bagus dan kuat mengikat pada dinding tersebut tanpa perlu proses plester.

5. Aplikasikan Cat Pada Tembok

Setelah mengikuti tips atau langkah langkah yang sebelumnya sudah kami jelaskan maka Anda bisa lakukan aplikasi cat pasa tembok rumah Anda. 

Sebaiknya Anda mengaplikasikan lapisan cat pertama dengan menggunakan kuas, lalu biarkan lapisan pertama cat tersebut hingga mengering dengan sempurna. Jika lapisan cat sudah mengering maka Anda bisa membersihkan kembali permukan lalu lanjut mengaplikasikan lapisan cat kedua.

Demikianlah penjelasan kami mengenai tips mengecat tembok yang belum diplester.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *