December 13, 2022

Mengenal 9 Aplikasi Absensi Online Karyawan yang Android Friendly

By Romeltea | Published: December 13, 2022

Aplikasi Absensi Online Karyawan yang Android Friendly

Semenjak pandemi banyak hal yang berubah, termasuk pada sistem pekerjaan yang mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kebijakan yang ada, seperti salah satunya adalah bekerja dari rumah.

Melalui perubahan sistem tersebut, perusahaan melakukan banyak penyesuaian salah satunya adalah dengan mengubah absensi konvensional menjadi absensi online. Hal ini tentu menjadi salah satu perubahan baik dari adanya penyesuaian sistem yang diakibatkan oleh pandemi.

Fitur HRIS software pada absensi online dinilai lebih efektif dan lebih memudahkan bagi karyawan dan HR dalam urusan kehadiran. Hal ini merupakan terobosan baru dalam menggantikan absensi konvensional yang dinilai kurang efisien oleh perusahaan.

Fitur ini juga mudah untuk diakses karena hanya membutuhkan ponsel dengan jenis apapun, seperti android, yang tersambung dengan koneksi internet yang baik. Melalui aplikasi yang terpasang, pegawai dapat melakukan absensi online dari rumah, tanpa harus ke kantor.

9 Aplikasi Absensi Online

Lantas, aplikasi apa saja yang bisa diakses dari ponsel android? Berikut adalah contoh dan penjelasan lengkapnya!

1. LinovHR

LinovHR adalah salah satu aplikasi absensi Android untuk karyawan terbaik di Indonesia yang tersedia di ponsel dengan sistem operasi Android. Aplikasi ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawan. 

Hal tersebut karena aplikasi LinovHR menawarkan banyak fitur menarik yang dapat memudahkan karyawan dan HR terkait urusan absensi.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari fitur yang ada pada aplikasi LinovHR yang bisa Anda dapatkan.

- Mudah untuk diakses oleh ponsel dengan sistem operasi sistem yang berbeda
- Dapat melakukan absensi dengan mudah
- Mengajukan cuti dan meminta izin terlambat dengan mudah
- Dapat mengajukan pergantian shift jadwal dengan karyawan lain
- Melihat kuota cuti dengan mudah
- Terdapat fitur notifikasi terkait agenda kantor yang harus diikuti
- Melihat jadwal libur kerja
- Tidak memakan banyak memori
- Menyampaikan validasi data akurat dan sulit untuk dimanipulasi

2. Timely

Timely memungkinkan Anda untuk bisa melihat dan mengelola pegawai Anda dalam satu dasbor. 

Anda juga bisa memantau performa karyawan Anda melalui pelacakan KPI secara langsung dan nyata dan juga mampu melihat pencatatan waktu yang berisi seberapa banyak waktu yang pegawai habiskan untuk bekerja.

3. Hubstaff

Seperti aplikasi absensi online lainnya, Hubstaff juga dibekali dengan pelacakan karyawan dengan cara menangkap layar disertai pelaporan dan sistem pembayaran gaji karyawan. 

Hubstaff juga dapat menghitung waktu yang dihabiskan oleh karyawan meski tanpa koneksi internet. Aplikasi ini tersedia untuk Android maupun iOS.

4. ClickTime

ClickTime adalah salah satu aplikasi absensi online yang bisa Anda temukan di Google Play Store. Aplikasi ClickTime ini menyuguhkan beberapa fitur, salah satunya adalah fitur yang dapat memperkirakan biaya proyek yang akan dilakukan oleh perusahaan termasuk anggaran detail di dalamnya. Aplikasi ini menyediakan percobaan gratis untuk dua minggu pertama.

5. Harvest

Harvest adalah salah satu aplikasi absensi untuk android yang dibekali dengan fitur jam masuk dan jam keluar dan pelacakan waktu yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini juga mengklaim bahwa terdapat fitur untuk melacak proyek, klien, atau tugas yang sedang dikerjakan oleh pegawai.

6. Tsheets

Tsheets adalah aplikasi absensi online yang berfokus untuk mengembangkan laporan penggajian, lembar waktu, visibilitas tenaga kerja. Selain itu seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini juga mampu untuk mencatat jam kerja, melacak proses dari proyek dan perkiraan waktu kerja.

7. Avaza

Aplikasi ini mampu untuk melacak pekerjaan atau proyek yang sedang dikerjakan oleh pegawai serta mampu melakukan penagihan dan pelaporan yang mudah. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi HR dalam memberi salinan waktu yang dihabiskan oleh karyawan.

8. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase adalah salah satu aplikasi absensi online yang populer bagi pengguna android. 

Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar, bahkan tidak sampai 10Mb sehingga aplikasi ini ringan untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan seperti, pembagian gaji, perekrutan, absensi dan fitur lainnya. 

Time Clock by Homebase tersedia dalam dua versi, yaitu versi yang berbayar dan versi gratis. Tentu saja, versi berbayar biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh versi gratisnya.

9. Koda Log

Koda Log adalah aplikasi absensi yang tidak kalah populer. Aplikasi besutan Dev Sebastian ini juga dinilai menjadi salah satu absensi yang efisien dan mudah untuk digunakan. 

Selain itu efisien dan mudah digunakan, aplikasi ini memiliki fitur unik terkait absensi karyawannya yang diberi nama dengan ‘predict’. FItur ini mengklaim tentang kemampuannya untuk memprediksi absensi karyawan ke depannya.

Dari 9 aplikasi di atas, tentu setiap aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa mulai melakukan survey atau mencoba setiap aplikasi di atas melalui demo yang disediakan sehingga Anda bisa mengetahui aplikasi absensi apa yang cocok untuk perusahaan Anda.

Anda bisa mencoba absensi online Anda pada software HRIS LinovHR yang memudahkan Anda untuk mengatur sistem absensi online perusahaan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi LinovHR tidak hanya memudahkan untuk absensi tetapi juga dapat memberikan kemudahan lain yang dapat digunakan terkait absensi di perusahaan Anda.

Software HRIS LinovHR dapat memberikan keuntungan dalam mengelola kehadiran karyawan yang bersifat real time, efisien, praktis, dilindungi dengan keamanan yang tinggi, user friendly, dan menyampaikan data yang akurat.

Coba demo gratisnya, dapatkan promo menariknya, sekarang!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Mengenal 9 Aplikasi Absensi Online Karyawan yang Android Friendly

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *