December 21, 2022

Proses Yang Harus Dilakukan oleh Penyedia Jasa Pendaftaran Merek

By Romeltea | Published: December 21, 2022

Proses Yang Harus Dilakukan Oleh Penyedia Jasa Pendaftaran Merek

Ketika Anda ingin mendirikan jasa pendaftaran merek terpercaya tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu proses yang harus dilakukan. 

Nah jika Anda belum mengetahui proses yang harus dilalui oleh penyedia layanan tersebut, ada baiknya Anda mencari informasinya terlebih dahulu.

Jasa Pendaftaran Merek

Perlu Anda ketahui, penyedia jasa layanan pendaftaran merek harus melakukan beberapa proses. Adapun beberapa proses yang harus dilakukan oleh seorang penyedia jasa layanan pendaftaran merek adalah sebagai berikut:

1. Mengecek Merek Dagang

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan mendaftarkan suatu merek dagang, maka Anda haruslah melakukan penelusuran mengenai merek dagang. 

Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa menggunakan bantuan mesin pencarian seperti Google. Hal ini perlu Anda lakukan agar menghindari penolakan Ditjen HKI saat Anda mendaftarkan merek dagang tersebut. Sehingga pengajuan merek dagang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan.

2. Membantu Mempersiapkan Kelengkapan Dari Persyaratan Pengajuan Permohonan Merek

Jika Anda sudah menelusuri merek dagang dari klien, maka selanjutnya Anda harus membantu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan pengajuan permohonan dari pendaftaran merek dagang klien tersebut. 

Sebab tidak semua klien memahami dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan merek dagang. Maka dari itu, sudah tugas Anda untuk membantu klien mempersiapkan dokumen persyaratan agar nantinya tidak ada penolakan yang dialami karena dokumen yang diajukan tidak lengkap. Sebab jika sampai mengalami penolakan tidak hanya menyusahkan klien saja Anda pun akan ikut direpotkan juga.

3. Mengikuti Alur Dari Pendaftaran

Setelah Anda sudah membantu klien mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan dan sudah mengajukan persyaratan tersebut, selanjutnya Anda harus mengikuti alur pendaftaran yang telah ditentukan. 

Nantinya akan ada dua alur yang harus Anda ikuti, yaitu pengajuan merek dagang yang diajukan secara langsung oleh pemohon dan verifikasi oleh Ditjen HKI.

Sebagai pemohon, nantinya Anda akan diharuskan untuk mengisi formulir dari pendaftaran merek serta memenuhi persyaratan lainnya. 

Jadi pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang diminta, agar pengajuan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Setelah itu Ditjen HKI akan mengecek dokumen pendaftaran Anda untuk kemudian memprosesnya sampai menerbitkan sertifikat merek.

4. Mengikuti Pemeriksaan Formalitas Serta Substantif

Anda juga diharuskan untuk mengikuti pemeriksaan formalitas serta substantif pada alur permohonan merek. Jika ditemukan adanya syarat yang kurang, maka Anda diharuskan untuk melengkapi persyaratan yang kurang tersebut dalam waktu 2 bulan dari semenjak penerimaan surat permintaan yang pertama. 

Sedangkan pada tahapan pemeriksaan substantif akan dilakukan dalam waktu satu bulan dari tanggal pertama penerimaan permohonan registrasi untuk merek dagang. 

Umumnya pemeriksaan substantif membutuhkan waktu kurang lebih sembilan bulan. Maka selama itu juga Anda wajib mengikuti proses tersebut.

5. Pengajuan Keberatan

Setelah 10 hari dari permohonan yang Anda ajukan disetujui, maka selanjutnya Ditjen HKI akan memberikan pengumuman mengenai permohonan tersebut lewat berita resmi merek. 

Untuk pengumuman tersebut bisa berlangsung sampai tiga bulan, sehingga Anda harus mengeceknya secara berkala. Jika nantinya Anda merasa keberatan, maka Anda dapat mengajukan keberatan secara tertulis dalam waktu maksimal dua bulan dari tanggal Anda menerima salinan keberatan ke Ditjen HKI.

Jadi itulah tadi proses yang harus dilakukan oleh penyedia jasa pendaftaran merek. Semoga informasi mengenai proses yang harus dilakukan oleh penyedia jasa layanan pendaftaran merek tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Proses Yang Harus Dilakukan oleh Penyedia Jasa Pendaftaran Merek

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *