December 20, 2022

Sindikasi Konten: SEO Website Berita Media Online

By Romeltea | Published: December 20, 2022

SEO Website Berita: Konten Sindikasi Media Online

Sindikasi konten (content syndication) merupakan praktik SEO situs web berita atau media online. Target utamanya adalah tautan balik (backlink) dan memperluas jangkauan audiens (pembaca).

Anda mungkin pernah membaca sebuah berita di situs berita A. Lalu di bagian akhir ada keterangan "Berita ini sudah tayang di webste B dengan judul C". Pernah 'kan? Itulah sindikasi konten dan itu praktik SEO website berita.

Dulu media massa atau pers bersaing meningkatkan jumlah pembaca melalui sirkulasi atau penjualan di agen-agen koran, loper, dan penjual koran. Kini, di era digital dan era internet, situs berita menerapkan SEO untuk bisa bersaing di mesin pencari (Google).

Nah, salah satu praktik SEO website berita adalah konten sindikasi. Berikut ini pengertian dan tips sindikasi konten media oline.

Pengertian Sindikasi Konten 

Proses penerbitan konten online Anda pada platform pihak ketiga dikenal sebagai sindikasi konten. Demikian dijelaskan That Ware.

Tujuan utama dari sindikasi konten adalah untuk menjangkau audiens yang lebih besar melalui situs web pihak ketiga dan mengarahkan lalu lintas tersebut ke situs Anda sendiri. 

Ini juga dapat digunakan sebagai strategi peretasan pertumbuhan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

Konten tersindikasi bukanlah format konten yang berbeda. Ini adalah duplikat dari konten yang sudah Anda buat. 

Jadi, apa itu sindikasi konten? 

Sindikasi konten adalah penerbitan ulang konten yang dimiliki ke situs lain. Sindikasi konten meningkatkan jangkauan konten dengan memperkenalkannya ke pemirsa baru. Sindikat konten meningkatkan jangkauan Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Sindikasi Konten berarti menerbitkan ulang konten yang sama -- artikel, video, infografis, dll. -- di satu atau beberapa situs web yang berbeda. 

Publikasi, besar dan kecil, suka mensindikasikan konten karena membantu mereka memberikan informasi segar kepada pembacanya. Penulis asli juga mendapat manfaat dari praktik ini karena membuat merek mereka di depan audiens baru. Ini sama-sama menguntungkan.

Bukan Plagiarisme, Kurasi Konten, dan Guest Posts

Tapi bukankah itu sama dengan Plagiarisme?

Tidak. Sindikasi konten berbeda dengan plagiarisme. Saat Anda mengambil konten asli dari situs web dan menerbitkannya kembali (repost/republish) tanpa memberi kredit pada penulis atau sumbernya, maka Anda telah menjiplak konten tersebut.

Di sisi lain, konten sindikasi menentukan di mana postingan asli diterbitkan dengan pernyataan seperti "Tulisan ini tayang pertama kali di nama situs web pada tanggal sekian".

Namun, mungkin juga konten Anda akan dianggap plagiarisme, jika Anda tidak mensindikasikannya dengan benar.

Sindikasi konten juga tidak sama dengan kurasi konten (content curation). Dalam hal kurasi konten, Anda mengumpulkan konten dari berbagai sumber dan mengaturnya menjadi konten baru.

Kurasi konten tidak sama dengan sindikasi konten yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten asli Anda di publikasi atau saluran lain.

Sindikasi konten tidak sama dengan blogging tamu atau posting tamu (guest post). Posting tamu adalah konten yang benar-benar baru, ditulis khusus untuk satu publikasi atau situs web. 

Konten tersindikasi secara harfiah mengambil konten yang sama dan menerbitkannya kembali, dengan izin, di platform lain.

Contoh dan Cara Kerja Sindikasi Konten

Untuk memulai, Anda harus memiliki strategi sindikasi konten yang solid. Anda dapat melakukan sindikasi konten dengan berbagai cara, antara lain: Menerbitkan ulang seluruh konten
  1. Mengedit konten untuk menerbitkan versi yang lebih pendek
  2. Memposting kutipan atau ringkasan dari karya asli
Apa itu contoh sindikasi konten?

Dari sudut pandang pembaca, seseorang dapat mengetahui apakah sebuah artikel disindikasikan, dan bukan posting tamu, karena biasanya ada penyebutan di halaman tentang sumber aslinya. 

Biasanya, publikasi menandai bagian sindikasi dengan teks seperti ini:

"Artikel ini awalnya muncul di [Publikasi asli + Tautan]."
"Artikel ini muncul di [Publikasi asli + Tautan] dan telah diterbitkan di sini dengan izin."

Ini adalah penyebutan yang sangat penting, tidak hanya untuk memberikan kredit kepada penulis asli tetapi juga untuk menghindari masalah duplikat konten.

Sindikasi konten adalah saat konten berbasis web diterbitkan ulang oleh situs web pihak ketiga. Segala jenis konten digital dapat disindikasikan, termasuk posting blog, artikel, infografis, video, dan lainnya. 

Anggap saja sebagai semacam pengaturan barter. Situs web pihak ketiga mendapatkan konten gratis yang relevan.

Cara Sindikasi Konten

Ada empat cara utama untuk mensindikasikan konten web Anda secara gratis:

1. Publikasi Ulang di Web Desar

Publikasikan ulang konten terbaru atau dengan performa terbaik di situs web yang lebih besar, dengan lebih banyak pembaca dan otoritas lebih tinggi dari Anda. Saat Anda mensindikasikan ke publikasi yang lebih besar, Anda memperluas jangkauan Anda. 

Namun, karena pembaca dapat mengonsumsi seluruh konten secara langsung di situs web pihak ketiga, hanya ada sedikit insentif bagi mereka untuk memeriksa sumber aslinya. 

Jadi, hanya sebagian kecil pembaca yang akan mengunjungi situs web Anda. Yang mengatakan, jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek Anda, maka sindikasi pada publikasi besar adalah cara yang harus dilakukan.

2. Publikasi Ulang di Web Sejenis

Sindikasikan konten lama di situs web yang memiliki pemirsa dan otoritas yang kira-kira sama dengan web Anda. 

Jika Anda ingin lebih fokus pada audiens khusus, pertimbangkan untuk mensindikasikan konten ke publikasi yang lebih kecil dan lebih terfokus. 

Idealnya, cari publikasi dengan otoritas dan jumlah pembaca yang sama dengan blog Anda. Mereka mungkin juga mengizinkan lebih banyak tautan kontekstual sehingga Anda dapat merujuk kembali ke blog Anda dari artikel tersebut. 

Ini cara yang bagus untuk membiarkan pembaca mereka menemukan lebih banyak konten di blog Anda dan menghasilkan arahan baru.

3. Posting Tamu

Posting tamu di publikasi dan sindikat yang lebih besar nanti di situs web, media, atau LinkedIn Anda. 

Terkadang ada baiknya memublikasikan di situs besar terlebih dahulu, karena mereka mungkin hanya tertarik pada konten asli yang segar. 

Anda mendapat manfaat dari menghadirkan kepemimpinan pemikiran Anda di depan audiens yang besar yang jika tidak, tidak akan mencapai konten Anda. 

Setelah beberapa saat, bergantung pada publikasinya, Anda bebas memublikasikan ulang karya tersebut ke audiens dan saluran sosial Anda. Pada dasarnya, Anda mendapatkan lebih banyak uang untuk konten Anda.

4. Sindikasi Alami

Diambil oleh situs web yang secara alami mensindikasikan konten. Jika Anda mengambil judul artikel terbaru dari publikasi besar dan mengetiknya di Google, Anda akan melihat bahwa judul tersebut diambil oleh banyak publikasi kecil. Ini biasanya menerbitkan kutipan dari karya asli dan menautkan kembali ke sumbernya.

Cara Menemukan Mitra Sindikasi Konten

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan, termasuk BuzzSumo, Ahrefs, SEMRush -- hanya untuk beberapa nama saja. Anda dapat memeriksa tautan balik terbaru situs web apa pun untuk peluang sindikasi konten.

Kemungkinan besar, tempat termudah untuk memulai adalah pencarian Google. Cari artikel yang menyebutkan:

"awalnya diterbitkan di"
"diterbitkan ulang dengan izin"
"Awalnya muncul di"

Berikut ini daftar layanan sindikasi konten, situs, & jaringan
  • Medium
  • Quora
  • LinkedIn
  • SlideShare
  • Reddit
  • Tumblr
  • Pinterest
  • Komunitas Bisnis

Sindikasi Konten Berbayar

Sindikasi konten berbayar adalah saat Anda membayar untuk dipublikasikan.

Yang paling umum untuk sindikasi berbayar telah ada untuk sementara waktu. Merek besar sering berkolaborasi langsung dengan penerbit besar dan menampilkan konten mereka di depan khalayak luas. 

Sekarang ada alat seperti Outbrain dan Taboola yang memungkinkan merek yang lebih kecil muncul sebagai konten yang direkomendasikan di situs seperti CNN, BBC, atau The Guardian.

Kesimpulan

Sindikasi konten adalah strategi pemasaran konten di mana seorang individu atau perusahaan berbagi konten di situs web mereka dengan penerbit lain. 

Konten yang disindikasikan dapat mencakup teks, gambarvideo dan bentuk media lainnya yang dapat digunakan untuk membuat konten baru. 

Konten ini akan memiliki pesan yang sama dengan sumbernya, sambil disesuaikan untuk situs penerima. Sebagai imbalannya, sindikasi konten menciptakan lebih banyak lalu lintas kembali ke situs Anda.

Demikian ulasan dan tips sindikasi konten dari Hubspot. Anda bisa cek juga panduan sindikasi konten dari Google di lama  SEO for Google News dalam "Praktik Terbaik SEO untuk Konten Sindikasi".*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Sindikasi Konten: SEO Website Berita Media Online

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *