Menulis

Tips & Kunci Sukses Bisnis Online: 4P

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Kunci Sukses Bisnis Online
Tips & Kunci Sukses Bisnis Online: 4P

ZAMAN sulit begini bisnis online menjadi alternatif bagi para pengangguran seperti saya. Bisnis online yaitu menjalankan usaha atau nyari duit di internet dengan menjual jasa atau barang.

Saya sendiri tengah merintis untuk menjalani bisnis online dengan menjadi "blogpreneur" --publisher Google Adsense dan jualan jasa pembuatan situs web/blog, sesekali review produk atau toko onlone jika ada penawaran (posting advertorial).


Kunci Sukses 4P
Saya masih ingat pelajaran bisnis media dari alm. Atang Rustiwa (pendiri Pikiran Rakyat Bandung) yang menyebutkan kunci sukses bisnis media ada empat. Terangkum dalam 4P
  1. P = Product. Kualitas produk harus bagus.
  2. P = Promotions. Promosi harus gencar dan efektif.
  3. P = Please. Memudahkan pelanggan mendapatkan produk/jasa.
  4. P = Price. Harga terjangkau dan bersaing.
Kunci sukses bisnis media tersebut bisa diterapkan di bisnis non-media, termasuk bisnis online.

9 Aturan Utama
Untuk bisnis online dengan "hub" website atau blog toko online, berikut ini tips sukses bisnis online dari Addicted2Success. Intinya, optimalkan situs web toko online atau blog bisnis Anda sehingga mengundang banyak pengunjung.

Ke-9 "Golden Rules" di bawah ini saya "terjemahkan secara bebas" plus penambahan keterangan.
 
1. Pastikan situs web Anda sederhana dan terorganisasi dengan baik
Keep Your Website Design Simple and Well-Organized. Istilah desain web/blog, gunakan template simple, clean, user friendly, seo friendly, dan fast loading serta mobile friendly (responsive).

Atur internal links sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca menjelajah konten web Anda, seperti kotak pencarian, list kategori/label, produk terkait, produk terbaru, produk terlaris (top sales), popular posts.

2. Lakukan Respons Cepat kepada Pengunjung.

Respond To Your Visitors Promptly. Jangan biarkan calon pembeli potensial Anda menunggu lama untuk mendapatkan respons atau jawaban, jika mereka bertanya apalagi memesan (order).

3. Interaksi dengan Pengunjung.
Engage Your Visitors. Jadikan pengunjung sebagai partisipan aktif di website Anda. Sediakan kolom komentar dan tombol berbagi (social share).

4. Beri Alasan Agar Pengunjung Kembali ke Web Anda.
Give Your Visitors a Reason To Come Back. Kemukakan produk unggulan Anda yang akan datang atau posting menarik yang akan diupdate di web Anda.

5. Jangan Berlebihan dalam Penjualan
Do Not Over-Sell To Your Visitors. Jangan berharap pembeli memborong semua produk Anda. Jangan pula melulu menawarkan produk di website Anda. Isi konten web dengan posting menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

6. Jangan Berlebihan dalam Teknik SEO
Do Not Over Optimize Your Website. Gunakan Pengoptimalan Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO) yang wajar.

Menggunakan Meta Tags SEO, template seo friendly, fast loading, dan responsive sudah cukup, ditambah posting berkulitas dengan optimisasi on-page yang wajar --misalnya tidak berlebihan dalam mengulang kata kunci.

7. Hati-Hati Menebar Link
Do Not List Your Website In Bad Neighbourhoods. Hati-hati blogwalking dan meninggalkan link. Jika blog bisnis Anda nge-link ke situs yang tidak kredibel, bisa-bisa menurunkan reputasi blog bisnis Anda.

8. Kelola Newsletter Berkualitas.
Maintain a High Quality Mailing List. Siapkan "Subscribe Form" atau Kotak Berlangganan agar memudahkan pengunjung mendapatkan info, penawaran, atau produk terbaru dari web bisnis Anda.

9.  Ingat, Konsumen Anda adalah "Real People".

Meski bermain di dunia maya, ingat selalu bahwa konsumen Anda adalah manusia juga. Real People. Bukan mesin atau robot.

Demikian tips & kunci sukses bisnis online. Kuncinya ada di blog bisnis Anda. Kian menarik akan makin banyak pengunjung dan konsumen.

Anda, terutama yang sudah sukses berbisnis online, bisa "sedekah ilmu" dengan berbagai kiat sukses di kolom komentar.

Tipsnya masih kurang? Silakan Googling: Kunci Sukses Bisnis Online. Wasalam. (http://www.romelteamedia.com/).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
1 Komentar untuk "Tips & Kunci Sukses Bisnis Online: 4P"

Meningatkan saya tentang 7P:
Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas-Pasan.

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.