Menulis

Blogpreneur - Bisnis Online dengan Ngeblog

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Blogpreneur - Bisnis Online dengan Ngeblog
ENTREPRENEUR dalam bahasa Indonesia artinya enterprenir, pengusaha, atau usahawan.

Itu menurut kamus Inggris. Maka, blogpreneur --gabungan blog & entrepreneur-- artinya "pengusaha blog". Bukan jualan blog, tapi bisnis lewat blog alias bisnis online.

Blogpreneur adalah istilah lain dari onlinepreneur, make money online, atau make money blogging --menghasilkan uang dengan/lewat blog.

Wirausaha? Istilah ini belum masuk tuh ke Kamus Bahasa. Saat entry kata "wirausaha", eh... begini munculnye: wi·ra·u·sa·ha ? wiraswasta. Oh... kata bakunya itu wiraswasta. Ini artinya:
Wiraswasta = orang yg pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya;
Dalam konteks blogpreneur alias "wirausaha melalui blog", kata kunci dalam pengertian di atas yang pas adalah "menentukan cara produksi baru", yakni produksi konten (isi) blog, agar blognya banyak pengunjung, lalu jadilah blog itu sarana bisnis online!

PENGERTIAN BLOG
Blog itu situs web pribadi yang berisi catatan harian, curahan pemikiran, ide, gagasan, atau berbagi tips, trik, alias "sedekah ilmu". (Baca: Pengertian Blog, Blogger, Blogging)

Konten blog utama yaitu tulisan (artikel), yakni pendapat pribadi tentang suatu masalah atau peristiwa. Namun, konten blog bisa multimedia: teks (naskah tulisan), foto, video, dan audio.

Blog khusus tentang foto (utamanya publikasi foto) disebut photo blogging (phlog, photolog). Blog khusus yang berisi video disebut video blogging (vlog). Blog khusus audio disebut audio blog, music blog, atau podcast.

BLOG PRENEUR
Agak susah juga nyari referensi tentang blogpreneur. Saya menemukan yang "agak lengkap & jelas" di The Blog Herald: Are you blog preneur?

Disebutkan, ada tiga jenis blogger:
  1. Blogger yang murni ngeblog untuk menulis sebagai sarana ekspresi diri, tanpa keinginan mengubah blognya menjadi sesuatu yang lebih besar.
  2. Blogger yang berharap blognya akan menjadi sarana bisnis (usaha).
  3. Blogger yang jenis 1 tapi diam-diam punya juga harapan kaya jenis 2.
So? Blogger Preneur adalah blogger yang menjadikan blognya sebagai lahan usaha atau sarana bisnis.

Sama gak dengan istilah Busniss Blogging? Beda! Bisnis Blogging = Corporate Blogging, yaitu bagian dari tupoksi Humas, PR, atau marketing perusahaan/instansi. (Baca deh: Corporate Blogging Tugas Baru Humas Modern).

Blogpreneur hanyalah satu dari sekian manfaat blogging. Jika Anda hanya bisa tergerak dan termotivasi oleh duit alias uang alis fulus, maka blogpreneur ini mungkin bisa menggerakkan Anda ngeblog sekarang juga.

SUMBER PENGHASILAN
Dari mana sumber penghasilan seorang blogpreneur? Banyak banget! Sudah asya share di sini: Cara Menghasilkan Uang di Internet.

Sumber terpopuler adalah Google Adsense, Affiliate Marketing, Toko Online (termasuk Toko Online di Facebook), dan Advertisement alias menerima pasang iklan.

Google Adsense adalah program periklanan Google. Ringkasnya, blog kita memasang iklan dari Google. Kita akan mendapat komisi sekian dolar dari jumlah klik dan tampilan.

Caranya? Untuk blogger blogspot, tinggal klik menu "Earning" (Penghasilan) di Dashboard Blogger atau link "Make money with your blog". Di sana ada penjelasan panjang kali lebarnya. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
2 Komentar untuk "Blogpreneur - Bisnis Online dengan Ngeblog"

saya menggunakan template yg di edit RTMedia. Pertanyaan saya knp di template tersebut saya tidak bisa meletakan Widget Google plus, Pencarian Blog, Total tayang laman dsb. Apakah ada solusi? Thanks

karena widget-widget itu tidak perlu dipasang, hanya memberatkan tampilan blog.. kalo maksa mau pasang, ubah kode dalam template paling bawah menjadi < / body > saja tanpa ada kode yang mengapitnya

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.