Menulis

Dasar-Dasar SEO Blog untuk Blogger Pemula

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Dasar-Dasar SEO Blog untuk Blogger Pemula
Tips & Trik SEO Dasar untuk Blogger Pemula: 10 Dasar SEO Blog yang Wajib Diketahui dan Diterapkan.

NGEBLOG atau Blogging itu butuh trik Search Engine Optimization (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari agar blog kita mudah dan cepat terindeks mesin pencari, khususnya Google, dan tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Blog yang mudah diindeks Google dan tampil di posisi teratas halaman hasil pencarian (SERP) akan lebih banyak mendapatkan pengunjung, pageviews, trafik, dan akhirnya populer dan bisa pasang iklan Google Adsense --make money with blog.

Berikut ini 10 dasar SEO untuk pemula (blogger newbies) yang disadur dari SEO for Idiots: The 10 Basics of Blogging Search Engine Optimization dengan penambahan dan pengurangan. 

10 Tips SEO untuk Blogger Pemula

Tips aslinya fokus ke blog selfhosting, diedit menjadi tips seo blog untuk blogger sebagai berikut:

1. Domain dan Hosting Sendiri

Ngeblog dengan nama domain dan hosting sendiri akan lebih kredibel dan lebih SEO Friendly. Google menyukai blog yang tampak profesional dan dikelola dengan serius.

Harga domain dan sewa hosting cukup murah, di kisaran 200-ribuan per tahun untuk situs web (blog) kapasitas standar. Namun, bagi Anda yang nyaman di bog gatis blogger, lakukan saja Custom Domain --menggunakan nama domain sendiri.
  1.  Contoh Blog Custom Domain. This Blog! Dari http://romelteamedia.blogspot.com menjadi http://www.romelteamedia.com.
  2. Contoh Blog Selfhosting CMS Wordpress: www.romeltea.com
  3. Contoh Blog Subdomain Blogspot: http://blogromeltea.blogspot.com
2. Isi Blog dengan Konten Asli
Pastikan posting atau tulisan blog Anda asli karya sendiri (bukan Copy Paste), unik, dan menarik. 
  • Teks -- Buatlah tulisan hasil pemikiran dan kata-kata sendiri. Tulisan blogger lain bisa menjadi rujukan dan sebutkan sumber (link) jika Anda mengutipnya.
  • Foto -- Sangat baik jika mengupload foto hasil jepretan sendiri. Jika tidak, Anda bisa menggunakan foto di Flikr atau  Photobucket.
  • Video -- Buatlah video tutorial atau apa pun  dengan menggunakan webcam sendiri. Upload ke akun Youtube Anda, lalu pasang kode tempelnya (embeded) di posting blog Anda.
3. Dapatkan Backlink secara Alami
Backlink atau Inbound Link adalah tautan ke blog Anda yang ada di blog atau situs web lain. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun backlink a.l.
  • Jangan pernah membeli backlink
  • Buatlah akun media sosial sebanyak mungkin dan buatlah backlink blog di profile Anda. 
  • Share posting Anda di media sosial.
4. Gunakan Template Blog SEO Optimized
Jangan menggunakan sembarangan template, asal bagus misalnya. Template blog SEO Friendly sangat banyak dan bisa didownload gratis.

Ciri utama template blog seo friendly yaitu menggunakan meta tags seo, fast loading (ringan, cepat tampil), dan mobile friendly atau responsif.

5. Gunakan Struktur Pemalink yang Baik

Gunakan  "Custom Permalink" di menu "Permalink" saat Anda menulis posting. Contoh, posting ini menggunakan Custom Pemalink yang tadinya:


http://www.romelteamedia.com/2015/08/dasar-dasar-seo-blog-untuk-blogger.html


menjadi:

http://www.romelteamedia.com/2015/08/dtips-dasar-seo-blog-blogger-pemula.html 

6. Daftarkan Sitemap
Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google. Demikian kata Google dalam Panduan SEO. "satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui laman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun!"
7. Komentar di Blog Lain
Di blogsphere hal ini dikenal dengan sebutan "blogwalking", jalan-jalan ke blog orang lain, baca, dan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Tapi jangan "nyepam", yaitu menuliskan link aktif di isi komentar, atau komentar pendek lalu "minta kunjungan balik (kunbal".

Baca juga:

8. Bangun Profil Sosial Media

Buatlah akun media sosial sebanyak mungkin. Lengkapi profilnya dengan alamat blog Anda. Ini dikenal juga dengan nama "Social Media SEO" selain share atau distribusikan posting blog ke media sosial.

Jangan abaikan Google Plu! Google+ sekarang menjadi faktor penting dalam peringkat SEO.

9. Gunakan SEO Plugins.
Ini khusus untuk blog selfhosted CMS Wordpress. Yang terkenal seo killer adalah "SEO WP Yoast" dan "All in One SEO Pack".

10. Baca, pelajari, dan gunakan SEOmoz.
Sering-seringlah buka dan baca situs SEOmoz dan tips seo blog lainnya. Pelajari dan terapkan.

Demikian sebagian Teknik Dasar SEO Blog untuk Pemula. Pengelola situs web instansi/perusahaan juga bisa mengintip trik seo ini agar situsnya ramai pengunjung. Praktisi Humas wajib paham SEO lho! Wasalam. (http://www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
7 Komentar untuk "Dasar-Dasar SEO Blog untuk Blogger Pemula"

Terima kasih tips2 yg diberikan tentang dasar2 SEO Blogger bagi pemula seperti saya, sangat bermanfaat sekali menambah wawasan saya yg masih newbie ini di dunia Blogger. Mohon bimbingannya.

Yupp.. Tips dasar diatas sangat direkomendasikan sebagai fondasi suatu blog agar siap bersaing. Infonya menarik, blognya bagus. Jabat erat, Thanks a lot

biar komentar orang masuk ke tabel new coment gmna bro...??

saya masih pemula ini web saya geo-outbound.com
makasi banyak buat info nya, sukses dan sehat selalu untuk romelteamedia

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.