Menulis

Internet Marketing untuk Pengembangan Bisnis

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Internet Marketing untuk Pengembangan Bisnis
Internet Marketing untuk Pengembangan Bisnis atau Pemasaran Online untuk Pengembangan Usaha Demikian topik yang disodorkan sebuah panitia seminar kepada saya pekan lalu (12/9/2015).

Mengapa saya? Mengapa Internet Marketing atau Pemasaran Online?

Menurut panitia, sebagai praktisi media online, blogger, dan sering posting tentang Humas Online (Digital PR), saya berkompeten untuk berbagi wawasan soal internet marketing dalam seminar yang hampir semua pesertanya pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu.

Saya sanggupi. Untuk pertama kalinya saya menyampaikan materi soal "bisnis", tentang pemasaran, padahal saya bukan pakar internet marketing, "hanya tahu" sedikit, dan punya pengalaman 6 tahun jadi Marketing Communication Manager, dengan fokus Humas Online, di sebuah lembaga nirlaba.

Saya mengawali presentasi dengan bertanya: apakah semua peserta sudah mempunya website atau blog sebagai "hub" internet marketing?

Saya lanjut dengan menunjukkan data hasil studi yang menunjukkan 85% pembeli saat ini membuka internet lebih dulu sebelum belanja atau membeli sesuatu.

Saya contohkan "kisah nyata". Ketika saya butuh bilik motif, saya ke internet. Ketika saya butuh burung kenari, saya ke internet. Ketika butuh pulsa, saya juga ke internet. 

Intinya, penting banget bagi pelaku UKM untuk mempromosikan, mengenalkan, atau menawarkan produknya di internet (online store) untuk pengembangan bisnis dengan membuat situs web atau blogging.

Saya juga sampaikan "strategi" manajemen media sosial yang harus "give", "share", baru "promote" dan "earn" pun akan tiba. Saya kutip ungkapan Dave Thomas yang mengatakan "the more you give the more you get in return".

Sebelum sempat menyampaikan tips Search Engine Optimization (SEO) atau pengoptimalan mesin pencari sebagai salah satu kuncu sukses internet marketing, waktu keburu habis.

Saya juga tidak sempat membahas website/blog sebagai pusat konten pemasaran yang saya sadur dari Content Marketing Institute. Gambarnya sebagai berikut:

web blog sebagai hub online marketing


Bahasan soal Corporate Journalism dan Business Blogging pun tidak sempat saya sampaikan. Maybe next time... :)

Demikian sekadar berbagi pengalaman seputar Internet Marketing untuk Pengembangann Bisnis. Saya juga pelaku bisnis online, sebagai Publisher Google Adsense, dan pelaku Internet Marketing dengan "self-promotion" sebagai trainer pelatihan komunikasi praktis. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Credit Foto: lemonadestand.org, www.modernghana.com

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Internet Marketing untuk Pengembangan Bisnis"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.