September 19, 2017

10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

By Romeltea | Published: September 19, 2017

Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik
Prospek dan Lowongan Kerja Alumni Jurusan Jurnalistik.

LOWONGAN kerja di media bukan monopoli alumni jurusan jurnalistik sebagaimana almuni jurusan jurnalistik juga tidak selalu harus bekerja di bidang media.

Yang bekerja di media atau dunia pers pun bisa alumni jurusan non-jurnalistik, asalkan memiliki keterampilan jurnalistik.

Tentu saja, wartawan alumni jurusan jurnalistik akan lebih baik bagi media karena lulusan jurnalistik punya wawasan lebih mendalam tentang jurnalistik, khususnya tentang kode etik.

Baca: Haruskah Kuliah Jurnalistik untuk Jadi Wartawan?

10 Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik

Di postingan Masa Depan Jurnalistik saya sudah mencantumkan daftar lowongan kerja yang membutuhkan keterampilan jurnalistik, selain wartawan/reporter, sebagai berikut:

1. Web Content Editor.

Setiap instansi pemerintah, mulai departemen hingga kelurahan, kini punya website lembaga (corporate website), sebagai media komunikasi dan informasi, plus memenuhi kewajiban UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik). Ini pun memerlukan alumni jurnalistik atau SDM yang anda di bidang tulis-menulis.

2. Corporate Blogger.

Setiap perusahaan kini juga punya website sebahai "kantor maya" yang buka 24 jam. Di sana ada halaman khusus untuk memuat informasi aktual seputar dinamika perusahaan yang disebut BLOG. (Baca: Corporate Blogging).

3. Corporate Journalist.

Perusahaan yang menerapkan metode baru pemasaran modern bahkan mendirikan media berita sebagai sarana pengembangan sistem pemasaran dan branding. Ini pun domainnya alumni jurnalistik. (Baca: Corporate Journalism).

4. Inhouse Magazine Editor. 

Setiap instansi/perusahaan juga punya inhouse magazineatau media internal. Siapa lagi yang mengelolanya jika bukan staf atau karyawan yang "melek jurnalistik"?

5. Public Relations.

Praktisi humas atau public relations wajib bisa menulis. Banyak divisi humas di berbagai instansi, lembaga, atau perusahaan yang belum memiliki SDM atau staf yang piawai menulis. Ini pun peluang bagi para alumni jurnalistik.

6. Blogpreneur/Onlinepreneur
Blogpreneur Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, blogging is business.

Ruh blogging adalah menulis konten berkualitas. Alumni bahkan mahasiswa jurnalistik bisa menekuni dunia blogging dan make money online dengan ngeblog.

7. Professional Writer, Book Writer.

Keterampilan jurnalistik (menulis) adalah skill inti profesi penulis. Alumni jurnalistik juga bisa menjadi penulis produktif, baik menulis artikel opini ataupun buku.

8. Owner Media.

Bisnis media terus berkembang. Media-media massa baru, terutama media online, terus tumbuh dan itu domainnya alumni jurnalistik. Bahkan, sang alumni jurnalistik bisa membuat dan punya media online sendiri!

Secara teknis, membuat media online (situs berita) sangat mudah. Anda bisa gunakan CMS WordPress untuk membangun media online, setelah membeli domain dan hosting. Bisa juga membuat situs berita berbasis blogger.

Untuk mendirikan media resmi, Anda bisa cek cara mendirikan media online resmi berbadan hukum.

9. Dosen.

Semua Jurusan Ilmu Komuniksi Jurnalistik, Broadcasting, bahkan kampus yang menyediakan kelas menulis (mata kuliah menulis) tentu memerlukan dosen yang qualified di bidang jurnalistik.

Namun, untuk menjadi dosen jurnalistik, Anda harus praktik dulu menjadi wartawan agar di kelas nanti tidak hanya bicara teori, tapi juga praktik dan mudah memberikan contoh pun berbagi pengalaman.

10. Trainer.

Banyak pihak yang butuh ilmu jurnalistik. Banyak EO yang menggelar pelatihan jurnalistik atau menulis. Mereka butuh trainer, instruktur, atau pemateri yang qualified di bidang jurnalistik.

Selain ke-10 Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik tadi, alumni jurnalistik juga cocok bekerja sebagai Admin Media Sosial instansi, lembaga, atau perusahaan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *