Zaman Now - Pengertian, Asal-Usul, dan Penulisan yang Benar - Romeltea Media

Zaman Now - Pengertian, Asal-Usul, dan Penulisan yang Benar

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Pengertian dan Asal-Usul Zaman Now
Pengertian dan Asal-Usul Zaman Now yang Lagi Trending dan Viral.

Istilah Zaman Now atau Jaman Now sedang trending dan viral. Menurut "riset online", istilah ini awalnya diunggah oleh akun palsu dengan nama Seto Mulyadi.

Istilah lengkapnya Kids Jaman Now.


Postingannya berjudul "Kelakuan nyeleneh kids jaman now" berupa anak kecil sedang berpacaran dengan caption "Kids Jaman Now".

Zaman Now

Bermunculanlah meme dan update status di media sosial dengan menggunakan istilah zaman now.

Penyiar radio hingga presenter televisi pun "latah" alias ikut-kutan ngetrend dengan mengucapkan kata Zaman Now.

Belakanga, Zaman Now juga menjadi judul berita situs-situs berita ternama:

Istilah Zaman Now sebenarnya merupakan guyonan sekaligus sindiran (satire) merujuk pada kelakuan "aneh" atau tidak wajar dari anak-anak zaman sekarang.

Secara bahasa, Kids Zaman Now artinya anak-anak zaman sekarang. Zaman Now gabungan bahasa Indonesia, Zaman, dan bahasa Inggris, Now (sekarang).

Penulisan yang Benar
Yang saya maksud penulisan yang benar adalah penulisan kata baku zaman, bukan jaman.

Mari kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai rujukan kata baku dan tidak baku. Ketika memasukkan kata jaman, maka kita diarahkan ke laman berisi pengertian kata zaman:

za.man
bentuk tidak baku: jaman
    n jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu; masa: -- kekuasaan Nazi di Jerman
    n ki kala; waktu: akhir -- penghabisan masa kehidupan kita; -- sudah tua peristiwa yang aneh-aneh banyak terjadi; ketinggalan -- sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan; sampai akhir -- selama-lamanya; sudah dimakan --; tidak cocok dengan kemauan -- tidak cocok dengan keadaan zaman sekarang

Jadi, penulisan kata zaman yang benar (baku) adalah zaman, pake z, bukan pake j (jaman).

Lihat Juga: Daftar Kata Baku-Tidak Baku Bahasa Indonesia

Kembali ke soal istilah Zaman Now. Sindiran atau kritik terhadap perilaku anak-anak muda sebenarnya bukan hal baru. Sudah lama.

Bahkan sejak zaman Koes Plus, yaitu era 1970-an sudah ada lagu "Muda Mudi" yang menggambarkan perlaku anak muda "zaman now" saat itu.

Simak lagunya:



Itu dia sekilas pengertian dan asal-usul istilah Zaman Now. Posting ini saya buat setelah baru saja mendengar presenter televisi mengucapkan istilah "zaman now".

Penasaran, lalu Googling, dan jadilah posting Pengertian dan Asal-Usul Zaman Now yang Lagi Trending dan Viral ini.Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

1 Komentar untuk "Zaman Now - Pengertian, Asal-Usul, dan Penulisan yang Benar"

banyak banget bahasa kekinian yg diluar nalarku. aku tahu kayak gini juga dari twitter. kids zaman now atau teercengang, tercyduk, duh, malah bikin ketawa yaak? niatnya memang mau bikin guyonan.

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.