Cara Daftar Google AdSense

Follow @romel_tea
Salah satu cara menghasilkan uang dari blog atau internet adalah dengan menjadi penayang iklan Google (Google AdSense). Berikut ini Cara Daftar Google AdSense.

Cara Daftar Google AdSense

GOOGLE AdSense merupakan sumber utama penghasilan bloger dan situs-situs berita (media online).

"Dengan Google AdSense, Anda dapat memperoleh uang dari konten online Anda," demikian tulis laman depan AdSense.

"Ubah hobi Anda menjadi penghasilan. AdSense adalah cara sederhana yang gratis untuk memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web Anda."

Google juga memuat kisah sukses AdSense, mulai dari blog pribadi hingga WikiHow dan Japan Times. Artinya, Google AdSense terbukti menjadi sumber penghasilan blog atau website jenis apa pun.

Pengertian Google AdSense

Mengutip Wikipedia,  AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui dibolehkan memasang iklan.

Bentuk dan materi iklannya telah ditentukan oleh Google. Kita tinggal memilih jenis dan format iklan, lalu menyalin kodenya di blog/web.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan (komisi) dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik.

Iklan yang tampil biasanya berupa teks, gambar, video, atau gabungan ketiganya (multimedia) yang yang tertarget sesuai dengan minat pengunjung website.

Contoh iklan Google bisa Anda lihat di bagian atas, tengah, dan bawah postingan blog ini, juga di sidebar kanan.

Syarat Daftar Google AdSense

Sebelum ke Cara Daftar Google AdSense, kita bahas dulu syarat daftar atau syarat sebuah blog/web diterima menjadi penayang iklan Google, baik dari sisi bloger, desain, maupun kontennya.

1. Umur 18 tahun

Untuk membuat akun Google AdSense, Anda harus berusia di atas 18 tahun. Ini terkait teknis pembayaran nantinya yang memerlukan KTP atau kartu identitas.

Jika Anda belum 18 tahun, Anda bisa menggunakan data diri orang lain, misalnya kakak atau saudara yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Data umur ini juga terkait pengiriman kode pin akun AdSense untuk aktivasi. Untuk alamat pembayaran, Anda bisa memasukan nama dan alamat sendiri, tidak harus sesuai dengan identitas yang ada di akun AdSense.

2. Website sudah terindeks Google

Pastikan website dan konten yang ada sudah terindeks oleh Google. Untuk cepat terindeks Google, pastikan blog/web Anda didaftarkan ke Google Console, mendaftarkan sitemap, dan lengkapi dengan Google Analytic dan Feedburner.

Baca: Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google

3. Umur website

Tidak ada ketentuan baku tentang usia blog/web yang layak didaftarkan ke AdSense. Namun, terkait indeks dan pengunjung, biasanya sebuah web membutuhkan waktu seminggu hingga sebulan untuk terindeks dengan baik dan banyak pengunjung.

Ada yang menyarankan setelah 6 bulan baru ideal untuk didaftarkan AdSense dan peluang diterimanya lebih besar dibandingkan blog yang baru berusia di bawah enam bulan.

4. Kualitas dan jumlah konten

Isi blog/web menjadi perhatian utama Google AdSense. Pastikan jumlah konten (artikel, posting) sudah cukup banyak, minimal 10-20 postingan, dan berkualitas.

Kualitas konten terkait keaslian (bukan konten salinan atah copy paste), keunikan, panjang artikel (minimal 800-1000 karakter). Blog yang didominasi hasil copas biasanya tidak diterima AdSense, apalagi jika copas tanpa menyebutkan sumber alias plagiarisme.

Kualitas konten


5. Sudah memiliki pengunjung

Traffik Website juga menjadi penentu diterima AdSense. Jumlah pengunjung terkait umur dan isi blog.

Website Anda harus sudah memiliki pengunjung cukup banyak per hari, minilai 100-300 pengunjung unik (unique visitors). 

Jumlah pengunjung ini akan terkait dengan jumlah pendapatan yang akan Anda dapatkan. Makin banyak pengunjung, maka kian besar pula potensi penghasilan AdSense.

Baca: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog/Web

6. Navigasi website

Navigasi web atau blog yaitu menu atau link ke konten blog. Biasanya ada di bawah header, sidebar, dan footer.

Google menyarankan agar konten web kita mudah dieksplorasi oleh pengunjung. Pastikan navigasi menu berisi tautan ke konten. Pastikan juga ada widget atau elemen Posting Terbaru, Posting Populer, Label List, dan Related Post.

Lihat: Koleksi Template Blogger SEO Friendly

7. Buat Halaman About, Contact, dan Privacy Policy (Disclaimer)

Halaman About, Contact, dan Privacy Police untuk menunjukkan "keseriusan" bloger dalam mengelola blognya.

Halaman About (Tentang) berisi deskripsi bloger dan/atau konten blog, juga bisa berisi profil admin atau author. Halaman kontak minimal berisi email yang bisa dihubungi. Halaman Disclaimer bisa dibuat melalui Online Disclaimer.

Jika ketujuh poin syarat di atas sudah terpenuhi, saatnya Anda daftar Google AdSense.

Cara Daftar AdSense

1. Buka laman Google AdSense dengan url https://www.google.com/adsense/start/
2. Klik menu "Daftar Sekarang"

Anda akan dihadapkan dashboard pendaftaran, Anda diminta memasukan alamat website, alamat email, dan persetujuan notifikasi info AdSense.

Daftar AdSense


Pada info AdSense yang bermanfaat silahkan pilih ‘Ya’ untuk mendapat kiriman saran bantuan dan performa yang disesuaikan terhadap perkembangan AdSense selanjutnya.

Klik Simpan dan Lanjutkan. Ikuti panduan daftar AdSense berikutnya dengan teliti.

Jika proses pendaftaran Google AdSense sudah selesai, Anda tinggal menunggu pemberitahuan tentang diterima-tidaknya sebagai publisher AdSense.

Kode PIN Google AdSense akan dikirimkan saat akun AdSense Anda sudah menyentuh angka US$10. Pembayaran AdSense biasanya dilakukan tanggal antara tanggal 21 - 26 setiap bulan.

Cara Daftar Google AdSense di Blogger

Blog di Blogger lebih mudah dalam daftar AdSense. Jika sudah muncul menu Penghasilan (Earning) di dashboard Blogger, Anda tinggal klik menu tersebut dan ikuti langkah selanjutnya.

Daftar Google AdSense di Blogger


Jika Akun Adsense Anda sudah aktif, maka Anda harus mengaktifkannya.

Setelah proses registrasi, Anda akan masuk ke dalam dashboard Google AdSense. Kemudian isi beberapa informasi yang diminta.

Jika sudah diterima, Anda bisa memasang AdSense di 500 blog milik Anda. Info lengkapnya bisa disimak di laman resmi Google AdSense atau di akun Adsense Anda.

Demikian Cara Daftar Google AdSense. Bagi yang belum diterima, umumnya Anda harus memperbaiki konten blog, mungkin juga harus ganti template yang navigasi menunya dan loadingnya cepat. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Daftar Google AdSense | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

1 komentar on Cara Daftar Google AdSense

  1. Terima kasih informasi yang dapat membantu blogger pemula agar bisa menjadi penayang adsense

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.