Cara Menghasilkan Uang dari Podcast: 11 Cara Monetisasi Podcast

Follow @romel_tea
Cara Menghasilkan Uang dari Podcast: 11 Cara Monetisasi Podcast


Kini saya berbagi Cara Menghasilkan Uang dari Podcast. Setidaknya ada 11 Cara Monetisasi Podcast.

Podcast saat ini lagi tren di Indonesia, termasuk  video podcast (vodcast), yaitu video berisi podcasting yang diupload di Youtube. Konten Youtube kini banyak berisi talkshow, obrolan, wawancara, ya.. podcast itu!

Banyak Youtuber, terutama Youtuber dari kalangan selebritas atau pesohor, membuat channel Youtube dan mengisinya dengan vodcast. Namanya pesohor, tentu banyak subsriber dan akun Youtubenya sudah menghasilkan uang, terutama dari Google AdSense.

Ada juga yang menghasilkan uang dari podcast "asli", yaitu konten audio yang bisa diakses atau didengarkan melalui platform podcast seperti Spotify, Google Podcast, dan iTunes.

Banyaknya podcaster yang "bermain" di Youtube karena di Spotify belum sebasah di Youtube. Spotify gak ada AdSense!

Podcast yang kita bahas dalam postingan ini adalah "podcast asli", yaitu rekaman audio (suara) berisi monolog, wawancara, atau obrolan tentang topik tertentu.

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Bagaimana menghasilkan uang dari Podcast? Bagaimana monetisasi podcast? 

Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari podcast tidak jauh berbeda dengan cara monetisasi blog atau situs web (website). Intinya, podcast Anda harus populer dulu, banyak pendengar, banyak follower!

Berikut ini cara monetisasi podcast menurut laman Podcast Insight.

1. Pemasaran Afiliasi

Anda bisa bergabung dengan banyak perusahaan atau bisnis online yang membuka program afiliasi. Anda ikut memasarkan produk atau jasa mereka dan dapat komisi.

Pemasaran afiliasai (affiliate marketing atau performance marketing) adalah tempat Anda mendapatkan komisi saat merujuk orang ke perusahaan lain. Anda biasanya akan mendapatkan uang saat seseorang melakukan pembelian.

Pemasaran afiliasi berfungsi paling baik saat Anda mempromosikan produk atau layanan yang Anda gunakan atau kenal, sehingga Anda dapat mempromosikannya secara autentik.

Anda dapat membuat tempat "iklan" Anda sendiri untuk mempromosikan penawaran afiliasi jika Anda tidak memiliki ukuran audiens untuk sponsor tradisional. Atau Anda secara alami dapat memasukkan penyebutan produk atau layanan saat Anda mengirimkan konten reguler Anda.

Ada program afiliasi untuk hampir setiap produk atau layanan populer. Amazon adalah salah satu program yang lebih populer, atau Anda juga dapat bergabung dengan jaringan seperti ShareASale tempat Anda dapat mencari dan mendaftar untuk bergabung dengan program tertentu.

2. Sponsor & Periklanan

Ini sumber utama penghasilan podcaster, juga blogger dan Youtuber. Periklanan dan sponsor mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika mencari cara untuk menghasilkan uang dari podcasting.

Ada beberapa jaringan iklan podcast berbeda yang dapat menghubungkan Anda dengan pengiklan. Mereka melakukan semua pekerjaan untuk menemukan pengiklan, menegosiasikan harga, mendapatkan skrip, dan banyak lagi. 

Anda biasanya membutuhkan audiens yang lebih besar dari setidaknya 5K atau 10K pendengar per bulan untuk bekerja dengan mereka.

Salah satu jaringan iklan terbesar adalah Midroll, jaringan populer lainnya adalah Authentic, dan banyak perusahaan hosting podcast juga memiliki jaringan sendiri.

Opsi lain yang dapat berfungsi dengan baik jika Anda memiliki audiens khusus yang lebih kecil atau lebih banyak adalah menjangkau langsung perusahaan yang akan sangat cocok untuk audiens Anda.

3. Kursus

Banyak podcaster populer membuat kursus online mereka sendiri untuk mengajarkan konten yang serupa dengan apa yang mereka bicarakan di podcast mereka.

Kursus online adalah cara yang bagus untuk mengajarkan sesuatu dengan cara yang mudah diikuti di mana seseorang bisa mendapatkan hasil tertentu setelah mereka menyelesaikannya.

Ini membantu untuk memiliki daftar email sehingga Anda dapat memberi tahu audiens Anda tentang kursus Anda baik di podcast Anda maupun melalui email.

Pilihan lain untuk mempromosikan kursus adalah dengan menggunakan platform webinar untuk membantu menunjukkan nilai dari apa yang Anda tawarkan selama sekitar 45 menit dan menawarkan kursus yang Anda miliki di akhir.

Ini bekerja dengan baik karena orang-orang terlibat dan berinteraksi dengan Anda secara langsung.

4. Jasa

Anda dapat menawarkan layanan yang terkait dengan konten di podcast Anda. Seperti halnya di blog atau media sosial, Anda bisa menawarkan jasa layanan apa saja yang bisa Anda lakukan --tentu saja yang halal dan baik!

5. Pelatihan & Konsultasi

Coaching & Consulting agak mirip dengan menawarkan layanan, tetapi Anda biasanya tidak melakukan pekerjaan untuk mereka. Sebaliknya, Anda membantu atau membimbing mereka tentang cara meningkatkan diri.

Industri umum yang memiliki banyak konsultan dan pelatih adalah kebugaran, diet, bisnis, dan pengajaran, tetapi saya yakin ada konsultan di setiap industri.

Saya sendiri, admin blog yang sedang Anda baca ini, menawarkan pelatihan dan/atau menjadi pemateri pelatihan (trainer) untuk training komunikasi praktis seperti jurnalistik dan kehumasan.

6. Crowdfunding & Donasi

Anda dapat meminta donasi untuk membantu mendukung Anda dan podcast Anda. Lebih banyak podcast yang berfokus pada hiburan akan cocok untuk menghasilkan uang dengan cara ini.

Platform umum untuk menerima donasi adalah Patreon. Mereka membuatnya sangat mudah untuk menawarkan konten atau bonus tambahan tergantung pada jumlah uang yang orang-orang mendukung Anda.

Mereka bahkan memberi Anda kemampuan untuk memiliki umpan RSS khusus berbayar yang terpisah, yang terkait dengan baik dengan metode selanjutnya untuk menghasilkan uang podcasting.

7. Konten Premium

Konten premium benar-benar bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan, tetapi beberapa cara umum podcaster menawarkan konten premium adalah dengan:
  • Wawancara tambahan
  • Konten di balik layar
  • Umpan RSS bebas iklan
  • Umpan RSS akses awal
  • Tanya jawab dengan host
Bersenang-senanglah menemukan cara unik untuk memberikan nilai tambahan bagi komunitas Anda dengan beberapa dolar per bulan.

The Daily Wire adalah podcast dan situs berita yang menawarkan versi video podcast, episode langsung, gelas, dan bonus lainnya saat Anda membeli langganan tahunan. Apa pun pendapat Anda tentang konten yang mereka tawarkan, ini adalah contoh konten premium yang bagus.

8. Event

Mengadakan acara bukan hanya cara yang bagus untuk menghasilkan uang, tetapi juga mempertemukan penggemar terbaik Anda dan memberikan nilai lebih bagi mereka.

Satu contoh yang saya dengar dari Pat Flynn adalah konferensi Walker Stalker. Diawali dengan podcast yang membahas tentang acara TV The Walking Dead.

Mereka mengadakan acara di seluruh dunia dan bahkan melibatkan para aktornya. Kedengarannya luar biasa!

Contoh lain dari Sam Harris menggabungkan Patreon dan acara langsung di mana ketika Anda menjadi Pelindung, Anda dapat mengakses lebih awal tiket ke acara langsungnya.

9. Produk Fisik

Produk fisik adalah barang-barang seperti kaos, mug, dan barang lainnya.

Generation Why Podcast menawarkan banyak produk berbeda, ditambah konten premium, dan halaman Patreon yang sangat aktif.

Anda dapat menggunakan situs seperti Teespring untuk memastikan Anda mendapatkan cukup penjualan sebelum dicetak - dengan begitu Anda tidak terjebak dengan banyak produk.

10. Buku

Memanfaatkan podcast populer ke dalam penjualan buku adalah cara terbaik lainnya untuk menghasilkan uang dan meningkatkan otoritas Anda.

Anda dapat menggunakan audiens podcast Anda untuk mendapatkan penjualan dan ulasan awal yang akan membantu buku Anda menonjol juga.

Anda juga dapat menjadi tamu di podcast lain untuk membantu mempromosikan buku Anda saat diluncurkan.

11. Public Speaking

Banyak podcaster didekati untuk pertunjukan pidato di industri mereka. Masuk akal jika seseorang menyukai apa yang mereka dengar di podcast Anda, kemungkinan besar Anda akan cocok untuk berbicara di konferensi dan acara langsung (dan dibayar untuk melakukannya).

Honor sebagai pembicara dapat berkisar dari beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah.

Berbicara adalah cara hebat lainnya untuk meningkatkan otoritas Anda serta terpapar ke audiens baru yang diharapkan akan menjadi pendengar podcast di masa depan.

Gabungkan Metode

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara berbeda untuk menghasilkan uang dari podcasting. 

Menggabungkan beberapa cara berbeda adalah pendekatan yang populer dan Anda selalu dapat mengubah dan menyesuaikan metode monetisasi Anda dari waktu ke waktu.

Tidak ada cara yang "tepat" untuk mengubah podcast Anda menjadi bisnis, hanya cara yang tepat untuk Anda.

Berapa Banyak Uang yang Dihasilkan Podcast?

Apakah podcast menghasilkan uang? Tentu saja!

Nama-nama besar mendapatkan pendengar dalam jumlah besar dan pendapatan iklan dalam jumlah besar sebagai imbalannya.

Menurut AdvertiseCast, tarif CPM rata-rata 30 detik (biaya per 1K pendengar) adalah $ 18, sedangkan CPM 60 detik adalah $ 25.

The Ringer memiliki sekitar 420 juta unduhan pada tahun 2018, menghasilkan $ 15 juta dalam pendapatan iklan (paywall). Amy Schumer mendapat bayaran $ 1 juta hanya untuk membuat pertunjukan untuk Spotify.

Itu dia cara menghasilkan uang dari podcast. Anda bisa ikut kursus penyiar radio RBS untuk menjadi penyiar, MC, dan Podacster. Anda juga bisa Sewa Studio Podcast dan Jasa Edit Audio Katalisnet untuk mengedit podcast Anda.*

Thanks for reading Cara Menghasilkan Uang dari Podcast: 11 Cara Monetisasi Podcast | Tags: | Follow @Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Cara Menghasilkan Uang dari Podcast: 11 Cara Monetisasi Podcast

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.