Tren SEO 2021 untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog atau Website

Follow @romel_tea

Tren SEO 2021 untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog atau Website


BLOGGING
bukan sekadar membuat blog dan membuat postingan atau menulis konten. Ngeblog juga melibatkan SEO yang harus diterapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog atau website.

SEO adalah pengoptimalan mesin telusur agar blog mudah dirambah, diindeks, dan diperingkat oleh mesin pencari, khususnya Google. SEO singkatan dari Search Engine Optimization.

Berikut ini 10 Tren Penting SEO 2021 yang Harus Anda Ketahui sebagaimana dirilis SEJ. Konten masih menjadi raja. Content is still the king! Konten blog harus unik dan bermanfaat atau dicari pengguna internet.

Postingan panjang (long post) dan blog ramah seluler (mobile friendly) ada di peringkat tren SEO 2021 berikutnya. 

Karenanya, pastikan artikel Anda lengkap, detail, lengkapi dengan gambar, video, dan link, serta gunakan template blog ramah seluler.

Mari kita simak dan coba terapkan trend SEO 2021 di bawah ini, termasuk SEO bagi website bisnis atau toko online (e-commerce, online shop).

10 Tren SEO 2021 

Menurut Direktur SEO Path Interactive, Lily Ray, yang terpenting, strategi SEO yang hebat harus dimulai dengan menempatkan diri Anda pada posisi pengguna dan bertanya pada diri sendiri apakah kontennya benar-benar berharga, mereknya dapat dipercaya, dan situs webnya mudah digunakan (terutama di seluler).”

Tetapi masih banyak lagi yang harus digali ketika kita berbicara tentang SEO pada tahun 2021.

Jadi, strategi dan taktik SEO apa yang akan berhasil dan membantu Anda mendominasi di SERP dan mendapatkan lebih banyak pendapatan di tahun 2021?

Sebanyak 42 profesional SEO top membagikan tips SEO terbaiknya. SEJ meringkasnya menjadi 10 tren.

Berikut adalah 10 tren teratas yang perlu Anda ketahui pada tahun 2021, menurut para ahli.

Tren #1: Fokus pada Pengguna + Maksud Pencarian

Pada tahun 2021, saatnya untuk memfokuskan pengguna dan maksud pencarian.

Meskipun ini bukan tren atau konsep baru, setiap tahun penting untuk memfokuskan kembali karena niat dan perilaku pencari berubah setiap saat. Apalagi setelah tahun 2020 ketika begitu banyak perubahan yang begitu cepat.

“Pada intinya, Google (dan mesin pencari lainnya) adalah tempat yang dituju ketika orang ingin menjawab pertanyaan atau mempelajari lebih lanjut tentang sesuatu,” kata Jenn Mathews, Manajer SEO, GitHub. 

“Ketika kami memahami sifat mengapa orang mencari dan membantu mereka dengan konten yang memberikan jawaban yang mereka cari, maka bisnis kami mendapat manfaat darinya.”

Jadi apa artinya ini bagi upaya SEO Anda di tahun 2021?

Menurut Britney Muller, Konsultan SEO & Mahasiswa Ilmu Data, Britney Muller LLC, itu berarti para ahli SEO perlu beralih dari praktik terbaik tradisional yang akan mengurangi nilai karena algoritme menjadi lebih kuat (misalnya, mencoba menulis deskripsi meta untuk setiap halaman) dan lebih fokus pada pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi dalam SERPs/maksud pencari.

“Google menampung informasi dunia dan mereka tahu apa yang dicari oleh mayoritas orang yang mencari ‘x’,” kata Muller. 

“Memperhatikan hasil pencarian lebih dekat akan memberi para ahli SEO langkah maju dalam menciptakan konten kompetitif dengan cara yang diinginkan pencari untuk mengkonsumsinya.”

Banyak pakar SEO kami yang lain setuju dengan Muller. Ini termasuk Andrew Dennis, Spesialis Pemasaran Konten, Page One Power.

“Google sudah menunjukkan kepada Anda hasil mana yang dianggapnya melayani niat pengguna, gunakan data ini untuk strategi Anda sendiri,” kata Dennis. 

“Bagi saya, analisis SERP akan menjadi praktik penting tidak hanya pada tahun 2021, tetapi bergerak maju seiring perubahan maksud pencarian dan Google terus menjadi lebih canggih untuk mengikutinya.”

Jelas bagi Marie Haynes, CEO, Marie Haynes Consulting Inc., bahwa jika Anda ingin menang di SEO pada tahun 2021, Anda harus melakukan pekerjaan luar biasa dalam menyediakan informasi kepada pengguna.

“Google akan menjadi lebih baik dalam mengenali ketika seorang pencari mencari saran ahli dan akan memberi peringkat posting tersebut di atas artikel yang ditulis oleh penulis konten yang kurang E-A-T,” kata Haynes. 

“Pro SEO yang akan sukses pada tahun 2021 adalah mereka yang benar-benar dapat memahami bagaimana memenuhi kebutuhan pencari.”

Bagaimana?

Berikut saran dari Adam Riemer, Presiden di Pemasaran Adam Riemer:

“Merek harus melupakan diri mereka sendiri dan melayani pengunjung mereka.

Ini termasuk naskah atau tulisan yang membahas kebutuhan dan kekhawatiran pengunjung, dan bukan postingan yang berbicara tentang produk Anda, perusahaan Anda, atau mengapa produk Anda bagus.

Situs web cepat yang merender dan menstabilkan dengan cepat.

Tidak membuat orang bekerja untuk menemukan konten Anda atau menghabiskan uang dengan Anda. Tidak ada pop-up paksa, pendaftaran, dll.”

Dengan Google yang lebih berfokus pada kepuasan pengguna, Steven van Vessum, Wakil Presiden Komunitas, ContentKing, mengatakan bahwa lebih penting dari sebelumnya untuk fokus mempelajari apa yang dicari pengguna.

“Dalam hal jawaban yang sebenarnya – tetapi juga jenis konten pilihan mereka (misalnya, video, podcast, atau PDF),” kata van Vessum. 

“Karena mencari tahu maksud pengguna kueri dengan tangan sangat memakan waktu, alat penelitian kata kunci yang memungkinkan kami melakukan ini dengan cepat dalam skala besar akan menyusul yang tidak.”

Alexander Kesler, CEO, INFUSEmedia, menawarkan beberapa saran tambahan untuk memahami maksud pencarian pembeli ideal Anda dan mendorong pendapatan yang berarti bagi organisasi Anda.

“Analisis data pencarian dan perjalanan di tempat dari setiap prospek yang diperoleh secara organik – tidak hanya istilah pencarian yang mereka gunakan untuk menemukan konten Anda, tetapi juga pencarian di tempat dan kata kunci yang disorot untuk semua halaman yang mereka kunjungi,” kata Kesler. “Gabungkan data itu dan petakan ke perjalanan konten.”

Tren #2: Analisis Pelanggan, Retensi & Nilai Seumur Hidup

SEO dulu (kebanyakan) tentang mengarahkan trafik atau pengunjung. Tapi SO telah berkembang menjadi lebih banyak lagi.

Seperti dicatat oleh Miracle Inameti-Archibong, Head of SEO, Erudite, tahun 2021 Anda akan didorong makin banyak untuk membuat trafik Anda harus bekerja lebih keras untuk menutup kesenjangan pendapatan.

Jadi, pada tahun 2021, data analitik perilaku akan menjadi komoditas terpanas.

“Dengan Google berkembang lebih cepat dan lebih cepat untuk memberikan kepuasan instan, mengambil tanggung jawab di luar kunjungan, serta menggabungkan UX, konversi, dan pendapatan menjadi lebih penting,” kata Inameti-Archibong. 

“Volume kata kunci akan mengambil kursi belakang dan itu akan menjadi lebih banyak analisis perilaku – apa yang dilakukan pelanggan Anda, bagaimana mereka melakukannya, dan bagaimana kami dapat membuat mereka melakukan lebih banyak dengan lebih cepat – dan merekayasa balik itu ke konten yang Anda hasilkan .”

John McAlpin, Direktur SEO, Cardinal Digital Marketing, setuju. Dia menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah menunjukkan kepada kita bahwa penelitian kata kunci (keywords) tidak selalu membantu ketika dunia terus berubah.

“Untuk membedakan diri kami, kami akan melihat para ahli SEO melakukan riset kata kunci dan meningkatkan riset pengguna pihak pertama,” kata McAlpin. “Penelitian ini membuka peluang tersembunyi dengan penawaran layanan dan ide konten yang mungkin tidak diberitahukan oleh penelitian kata kunci kepada kami.”

Dengan lebih sedikit dolar untuk digunakan, bisnis perlu lebih fokus pada retensi pelanggan dan meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan (LTV) daripada sebelumnya, kata Stephan Bajaio, Chief Evangelist dan Co-Founder, Conductor.

“Konten pasca-akuisisi Anda harus menjawab pertanyaan, kekhawatiran, dan kebutuhan yang diungkapkan pelanggan Anda dalam pencarian dan Anda harus menunjukkan istilah tersebut. Jika tidak, Anda akan mengambil risiko orang lain mempengaruhi mereka dari merek Anda, ”kata Bajaio. 

“Ini tentang memahami pelanggan Anda dengan sebaik-baiknya dan memberi mereka konten yang berharga, atau berisiko kehilangan mereka kepada seseorang yang lebih memahami mereka… diperkenalkan kepada mereka oleh teman tepercaya mereka, Google.”

Izzi Smith, Analis Teknis SEO, Ryte, memperluas ide ini. Dia mendorong perusahaan untuk menyediakan layanan pelanggan dan swadaya yang lebih kuat secara online.

“Pertama-tama, buat proses dengan staf penjualan dan dukungan untuk memastikan bahwa Anda mengetahui pertanyaan atau permintaan penting dan masuk yang dapat diselesaikan dengan artikel bantuan,” kata Smith.

“Gali data kata kunci Google Search Console Anda dengan pengubah pertanyaan umum untuk menemukan topik relevan yang sudah ada yang harus dipenuhi. Pastikan ini dijawab secara ringkas dan faktual dan dipublikasikan ke halaman topik FAQ terkait, ”tambahnya.

Intinya, menurut Smith: “Pusat bantuan dan bagian FAQ harus dibuat dengan UX di bagian paling depan, dan tidak boleh menjadi satu halaman pertanyaan yang tidak dapat digerakkan.”

Salah satu kunci untuk menarik dan mempertahankan pelanggan bermuara pada satu kata: nilai (value).

Itu sebabnya Julia McCoy, CEO, Express Writers / Educator, Content Hacker, mengatakan Anda harus menjadikan nilai sebagai fokus utama pada tahun 2021. Sebagian besar berasal dari konten Anda.

"Lebih mudah dari sebelumnya untuk kehilangan pemahaman tentang alasan sebenarnya kami mempertahankan kepercayaan dan perhatian audiens kami: dengan memberi mereka nilai," kata McCoy. 

“Kami mempertahankan minat dan membangun kepercayaan dengan pembaca kami ketika konten kami adalah bagian paling komprehensif, praktis, dan berguna yang pernah mereka gunakan untuk berinteraksi saat menelusuri Google. Konten semacam itu membutuhkan fokus, waktu, komitmen, investasi, untuk dibuat.”

Tren #3: Optimasi SERP Merek, Grafik Pengetahuan & Entitas

Pada tahun 2021, pelacakan SERP merek dan panel pengetahuan akan menjadi norma, menurut Jason Barnard, The Brand SERP Guy, Kalicube.pro.

“Pada tahun 2021, kenyataan bahwa pencarian berbasis entitas dimulai dengan pemahaman Google yang percaya diri tentang siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan audiens apa yang Anda layani akan mendapatkan daya tarik yang sangat besar,” kata Barnard. 

“Pemasar yang cerdas akan benar-benar memahami dengan melihat merek mereka sebagai suatu entitas dan mulai bekerja dengan sungguh-sungguh untuk memahami pemahaman Google tentang bagian 'siapa Anda' dari trio itu dengan membuat atau meningkatkan kehadiran mereka di Grafik Pengetahuan.

Faktanya, Nik Ranger, Pakar SEO, berpikir bahwa kita mungkin mulai melihat grafik pengetahuan yang dipersonalisasi mulai tahun 2021.

“Google memiliki akses ke begitu banyak informasi tentang Anda, riwayat pencarian Anda, email, media sosial, dan jenis informasi pengguna lainnya sehingga mereka memiliki kemampuan dan sarana untuk mengukur grafik pengetahuan yang dipersonalisasi,” kata Ranger. 

“Kualifikasi hubungan antara legitimasi kredensial penulis dengan konten, selain cara Google memandang nilai dari konten, akan semakin penting.”

Apa artinya semua ini untuk SEO Pada tahun 2021?

Ini berarti mengoptimalkan seluruh keberadaan digital merek Anda (misalnya, saluran YouTube Anda, gambar) dan bagaimana Google menampilkannya, kata Patrick Reinhart, VP Digital Strategies, Conductor.

“Saat ini bukan hanya tentang situs web Anda, ini tentang semua properti yang Anda miliki dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain di SERP,” kata Reinhart. “Jika mereka semua bersatu melalui berbagai cuplikan, apakah itu menceritakan kisah yang bagus tentang merek Anda?”

Tren #4: Data Web Inti & Pengoptimalan Pengalaman Halaman

Dengan Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai faktor peringkat pada tahun 2021, metrik pengalaman halaman tidak lagi dapat diabaikan, menurut Areej AbuAli, Manajer SEO, Zoopla.

“Situs web dan bisnis perlu diprioritaskan untuk memastikan mereka tidak tertinggal dari pesaing mereka,” kata AbuAli. 

“Manfaatkan wawasan yang diberikan melalui alat seperti Lighthouse dan Crux API. Semuanya, mulai dari kecepatan halaman, keramahan seluler, rendering, pengoptimalan gambar, dan protokol keamanan perlu dioptimalkan.”

Selain itu, Rachel Costello, Konsultan SEO Teknis, Builtvisible, mengatakan kita harus melihat bagaimana sebuah halaman membuat pengguna merasa, bukan hanya apakah halaman tersebut dapat diakses dan dipahami oleh crawler mesin pencari.

“Ini akan melibatkan kami mengambil pendekatan yang berpusat pada pengguna dengan upaya pengoptimalan kami, termasuk fokus yang tajam pada:

  • Seberapa cepat dan lancar halaman dimuat.
  • Seberapa cepat halaman menjadi responsif terhadap interaksi pengguna.
  • Betapa mudahnya situs web digunakan dan dinavigasi di perangkat seluler.
  • Keamanan dan keamanan koneksi situs saat pengguna menjelajahinya.

“Memasukkan pengalaman halaman ke dalam alur kerja SEO Anda tidak hanya akan membantu membuktikan kinerja dan peringkat situs web Anda di masa depan sebelum pembaruan algoritme yang akan datang, tetapi juga dapat membantu meningkatkan UX dan konversi sekarang,” kata Costello.

Anda juga perlu memastikan bahwa Google dapat mengakses konten terbaik di situs Anda dari mana saja – dan memastikan situs Anda memiliki antarmuka pengguna yang jauh lebih baik daripada pesaing Anda, kata Jess Peck, Konsultan Analisis Senior, CVS.

“Ukur, uji, dan gunakan pembelajaran mesin untuk melihat konten Anda – ini akan memberi Anda keuntungan besar,” kata Peck. “Fokus Google pada Core Web Vitals menunjukkan bahwa mereka mulai mengukur seberapa mengganggu situs, jadi berikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna Anda dan Google akan melakukan hal yang sama untuk Anda.”

Tren #5: Semua SEO Adalah SEO Seluler

Memastikan konten/situs web Anda berkinerja baik dari perspektif seluler juga harus terus menjadi titik fokus karena di sinilah sebagian besar pencarian dilakukan, kata Jeff Riddall, VP Product and Customer Success, Mintent.

“Jenis pengalaman apa yang dimiliki pengguna Anda saat mengakses konten Anda dan mencoba menemukan jawaban di perangkat seluler mereka?” dia berkata.

Itu sebabnya Brock Murray, Co-founder, seoplus+, mengatakan bahwa fokus besar SEO pada tahun 2021 haruslah pengalaman pengguna perangkat seluler (UX)

“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika datang ke UX seluler adalah memikirkan pengguna terlebih dahulu,” kata Murray. “Kesederhanaan dalam desain Anda adalah kuncinya. Juga, pastikan untuk mempersonalisasi konten dan elemen situs web berdasarkan pengguna Anda.”

Tetapi ada banyak lagi alasan mengapa semua SEO sekarang menjadi SEO seluler, seperti yang dijelaskan oleh Shelly Fagin, Direktur dan Pendiri SEO, Sangat Dicari, Inc.

“Google pada dasarnya akan mengabaikan situs desktop Anda. Situs seluler Anda akan menentukan peringkat Anda,” kata Fagin.

Jadi, jika Anda berfokus untuk memenuhi persyaratan minimum agar dianggap sebagai yang mengutamakan seluler, tahun 2021 adalah tahun untuk mengalihkan fokus Anda untuk meningkatkan pengalaman itu bagi pengguna Anda.

“Jangan hanya puas dengan mendapatkan skor kelulusan dan menganggapnya sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan baik,” kata Fagin. 

“Saatnya untuk meninjau halaman Anda dengan cermat dan memastikannya intuitif bagi pengguna Anda, mudah dinavigasi, dan Anda tidak menyembunyikan konten dan gambar berharga di perangkat mobile."

“Tidak apa-apa untuk memiliki pengalaman yang berbeda antara desktop dan seluler, tetapi penting untuk diketahui bahwa Google tidak akan lagi memberi peringkat pengalaman desktop dan seluler Anda secara berbeda,” tambahnya. 

“Jika Anda masih memiliki situs seluler yang terpisah, sekarang mungkin saatnya untuk mempertimbangkan kembali untuk bermigrasi ke situs yang responsif seluler.”

Tren #6: Nilai, Adopsi & Jalankan Ex

Pada tahun 2021, bersiap untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk menilai, mengadopsi, dan melaksanakan, menurut Motoko Hunt, Presiden & Konsultan Pemasaran Penelusuran Internasional, AJPR.

Sementara keterampilan dan pengetahuan dasar masih penting, otak Anda harus fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat.

“Berpikir di luar kotak akan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Peluang bisnis masih terbuka. Jika tidak seperti biasanya, Anda hanya perlu menemukan ke mana mereka pergi,” kata Hunt.

Penting juga untuk proaktif pada tahun 2021, kata Corey Morris, Chief Strategy Officer, Voltage.

“Mungkin ini lebih merupakan tema atau pola pikir daripada tren – tetapi melihatnya sebagai kebutuhan yang diakui dan sesuatu yang dicapai banyak orang menjadikannya tren bagi saya,” kata Morris. “Sekarang adalah waktunya untuk mengatur, membangun rencana, mengembangkan proses, dan maju.”

Pergeseran ke SEO yang lebih strategis akan sangat penting untuk tetap relevan dan tetap menjadi perhatian konsumen pada tahun 2021, kata Andy Betts, Penasihat & Konsultan Penelusuran dan Digital. Dia merekomendasikan untuk mengubah pendekatan Anda dari fokus tunggal pada perilaku konsumen saja ke proses ganda yang melibatkan pemahaman pasar di mana konsumen ini beroperasi terlebih dahulu.

“Ambil pendekatan yang lebih strategis dan terpadu untuk memahami apa yang terjadi di pasar, di mana permintaan telah berubah secara historis, dan di mana ia berubah secara real-time,” kata Betts. 

“Ambil pendekatan konsultatif untuk memahami bagaimana faktor ekonomi, sosiologis, dan psikologis memengaruhi permintaan pencarian dan kemudian melihat pemahaman perilaku dan niat konsumen pada tingkat yang terperinci. Manfaatkan semua alat, platform, dan sumber intelijen bisnis yang Anda inginkan.”

Tren #7: Lebih Banyak Otomatisasi

Jika kita melihat kembali meningkatnya jumlah tugas SEO yang dapat kita otomatisasi pada tahun 2020 (pembuatan data terstruktur, konten berkualitas, dll.), kemungkinan untuk tahun 2021 akan membingungkan, kata Hamlet Batista, CEO, RankSense

“Harapannya kualitas dan kuantitas konten yang dihasilkan AI meningkat secara dramatis. Ini pasti akan menciptakan tantangan yang lebih besar bagi mesin pencari untuk menjauhkan spam dari indeks,” kata Batista. 

“Otomasi human-in-the-loop untuk memastikan nilai tinggi bagi pengguna pencarian akan menjadi fokus utama untuk menghindari penalti dan tetap kompetitif.”

Jesse McDonald, Ahli Strategi SEO Global | Optimasi Lead, IBM, percaya salah satu tren terbesar dalam SEO untuk tahun 2021, terutama dalam peran internal, adalah fokus berkelanjutan untuk menciptakan solusi yang lebih skalabel untuk pengoptimalan yang memanfaatkan otomatisasi.

“Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak alat industri terkemuka yang digunakan banyak praktisi SEO dalam pekerjaan sehari-hari mereka telah merilis fungsionalitas otomatis untuk meluncurkan perubahan situs. Ini hampir seperti menambahkan anggota lain dari bagian eksekusi tim, ”kata McDonald.

“Implikasi dari ini sangat menarik untuk peran in-house karena dapat membantu menerapkan elemen buah yang menggantung rendah tanpa harus membenarkan pentingnya perubahan untuk pindah ke puncak jadwal sprint,” tambahnya. 

“Dengan demikian, membebaskan SEO untuk fokus pada elemen strategis tambahan untuk meningkatkan kinerja situs.”

Tren #8: Perubahan Tata Letak & Fungsionalitas SERP

Dave Davies, Duke of URL, Beanstalk Internet Marketing, mengharapkan untuk melihat perubahan besar pada seluruh cara konten dilihat dan ditata di situs web berubah – berkat Google Passage Ranking.

“Mengapa memiliki halaman pada topik umum, dan sub-halaman pada spesifik, ketika Anda dapat memiliki satu halaman panjang untuk itu semua dan mengetahui bahwa Google akan mengarahkan pengguna ke mana mereka harus pergi? Bukankah itu yang terbaik dari kedua dunia? Dan mereka melakukan hal serupa di video.

Cindy Krum, CEO & Pendiri, MobileMoxie, telah membicarakan hal ini – yang dia sebut sebagai pengoptimalan Fraggle – untuk sementara waktu sekarang. Dan dia mengatakan melakukan sesuatu untuk membantu Google mengidentifikasi dan memberi peringkat pada bagian akan menjadi tren SEO baru yang besar pada tahun 2021.

“Fraggles (atau bagian) penting karena mereka benar-benar meningkatkan kemampuan Google untuk menemukan dan mengangkat dengan tepat informasi yang dicari pengguna,” kata Krum. “Halaman yang kuat dan struktur skema membantu pengoptimalan Fraggle/bagian, tetapi kemungkinan juga penting untuk memiliki teks yang mudah dievaluasi oleh pemrosesan bahasa alami dan memiliki skor keterbacaan yang tinggi.”

Tren #9: Konten Panjang

Ron Lieback, CEO/Pendiri, ContentMender, mengatakan salah satu tren untuk membantu Anda mengungguli pesaing Anda akan secara konsisten menerbitkan konten atau tulisan panjang yang menarik bagi pedoman E-A-T Google, serta emosi.

“Sepanjang tahun 2020, saya secara konsisten menyaksikan blog lebih dari 2.000 kata secara dramatis mengungguli blog dengan 1.000 kata atau kurang,” kata Lieback.

“Berharap tren konten bentuk panjang ini berlanjut pada tahun 2021, dan karena semakin banyak situs web mengikuti tren ini, panjangnya akan semakin besar – bahkan mungkin menuju angka 2.500-3.000 untuk sebuah blog berperingkat lebih baik dari yang lain.”

Tren #10: Skalabilitas SEO

2021 harus menjadi tahun Anda untuk membangun skalabilitas ke dalam SEO Anda jika Anda ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan, menurut Mark Traphagen, Wakil Presiden Pemasaran dan Pelatihan Produk, seoClarity.

Bagaimana? Traphagen membagikan tiga tips ini:

Buat daftar semua tugas, proses, dan alur kerja yang Anda lakukan secara rutin. Tentukan langkah mana yang dapat diotomatisasi atau ditangani lebih baik dengan menggunakan alat.

Siapkan sistem peringatan yang memantau perubahan signifikan pada hal-hal seperti peringkat kata kunci penting Anda, membalik peringkat URL untuk kata kunci yang sama (kanibalisasi URL, memakai keyword yang sama pada dua atau lebih halaman website), perubahan konten halaman, perubahan URL, dll.

Tetapkan SoP (Standard Operating Procedures) untuk tugas rutin apa pun yang tidak dapat Anda otomatisasi sehingga tim Anda tidak membuang waktu untuk menemukan kembali cara melakukannya setiap kali tugas tersebut perlu dilakukan.

Itu dia trend SEO 2021. Jangan abaikan dasar SEO seperti link internal dan eksternal dalam postingan dan SEO gambar --nama file, alt text, dan ukuran gambar.*


Thanks for reading Tren SEO 2021 untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog atau Website | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Tren SEO 2021 untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog atau Website

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.