Pengertian Host dan Hosting Terkait Public Speaking dan Website

Follow @romel_tea
Pengertian Host dan Hosting Terkait Public Speaking dan Website


Satu kata berbeda makna atau arti, tergantung konteksnya. Salah satunya makna atau pengertian kata dalam bahasa Inggris: host. Berikut ini pengertian host dan hosting.

Dalam pengertian praktis, host artinya tuan rumah dan pembawa acara. Namun, host juga bermakna tempat penyimpanan data atau file website --sering disebut web host atau web hosting. Misalnya, provider web hosting murah.

Mungkin, karena memiliki dua arti, kata host belum ada padanan katanya yang tepat dalam bahasa Indonesia. Mari kita bahas apa itu host dan hosting.

Pengertian Host

Secara harfiah, dalam bahasa Inggris, host artinya "tuan rumah". 

Dalam konteks komunikasi, host adalah pemandu acara atau pembawa acara, seperti MC (Master of Ceremony), penyiar radio (announcer), pesenter acara televisi, dan presenter podcast. 

Dalam konteks teknologi, dalam hal ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya teknologi internet, kata host merujuk pada sebuah komputer yang menjadi tempat penyimpanan data atau file situs web (website) sehingga sebuah web bisa diakses secara online.

Namun, kata host dalam pengertian yang kedua lebih sering disebut web host atau hosting.

Dalam komunikasi public speaking dan komunikasi media penyiaran (broadcasting), host adalah sebutan untuk presenter dan penyiar. 

Jadi, secara praktis, host itu sama dengan presenter dan penyiar. Host juga sebutan bagi pembawa acara talkshow, termasuk dalam podcast.

Dalam bahasa Inggris, penyiar radio disebut radio host, selain radio announcer, radio personality, dan radio presenter.

Presenter dan penyiar disebut host (tuan rumah) karena merekalah yang menjadi “tuan rumah” dalam sebuah program atau acara siaran radio/TV.

Mari kita simak pengertan host secara bahasa (Inggris) di kamus Merriam-Webster:
  • Orang yang menerima, menyambut, atau menghibur orang lain yang menjadi tamu (a person who receives or entertains other people as guests);
  • Bertindak sebagai tuan rumah dalam sebuah acara televisi atau radio (act as host at [an event] or for [a television or radio program]).
  • Menyimpan (situs web atau data lain) di server atau komputer lain sehingga dapat diakses melalui internet (store [a website or other data] on a server or other computer so that it can be accessed over the internet).
Jelas ya, apa yang dimaksud dengan host secara bahasa dan istilah.

Pengertian Hosting

Kini kita bahas pengertian hosting. Pembuat website (web developer) atau webmaster dan blogger sangat familiar dengan istilah ini.

Hosting --sering disebut juga web hosting, webhosting, atau web host-- adalah ruang di sebuah komputer untuk menyimpan file atau data situs web sehingga terhubung ke internet dan bisa diakses secara online.

Jadi, fungsi utama hosting atau web hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet.

Hosting ini terkait nama domain (domain name), yaitu alamat website. Nama domain dan hostingnya bisa diklaim dan dibeli di provider web hosting murah.

Jika Anda membuat website/blog gratis di Blogger, maka hostingnya gratis di Google. Data dan file yang membangun blog juga tersimpan di hosting Blogger.

Dari hosting gratis itulah muncul istilah "blog selfhosted", yaitu blog/web dengan nama domain dan hosting sendiri (menyewa/membeli) di provider domain hosting, misalnya domainesia.com.


Demikian ulasan ringkas tentang pengertian host dan hosting. Dua istilah yang terkait komunikasi public speaking, komunikasi media, dan teknologi internet (website). Wasalam.

Thanks for reading Pengertian Host dan Hosting Terkait Public Speaking dan Website | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Host dan Hosting Terkait Public Speaking dan Website

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.