November 4, 2021

Perbedaan Informasi dan Berita

By Romeltea | Published: November 4, 2021

Perbedaan Informasi dan Berita

Informasi (information) dan berita (news) terkait erat dengan komunikasi, jurnalistik, dan media. Berikut ini pengertian serta perbedaan informasi dan berita.

Salah satu pengertian jurnalistik menyebutkan, jurnalisme adalah kegiatan mengumpulkan, menilai, menciptakan, dan menyajikan berita dan informasi. (Journalism is the activity of gathering, assessing, creating, and presenting news and information

Pengertian jurnalistik dari American Press Institute itu menyebutkan "berita dan informasi" sebagai produk jurnalisme.

Perbedaan Informasi dan Berita

Secara bahasa (Indonesia), pengertaian informasi dan berita tampak sama. Berikut ini pengertian informasi dan berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Informasi artinya: 

  • penerangan
  • pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu
  • keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu

Berita artinya:

  • cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar.
  • laporan
  • pemberitahuan; pengumuman.

Berikut ini perbedaan informasi dan berita menurut Collins Dictionary:

  • berita: peristiwa terkini di surat kabar atau di televisi atau radio
  • informasi: fakta yang Anda pelajari atau temukan.
Menurut WikiDiff:
  • berita: informasi baru yang menarik; laporan peristiwa terkini yang disiarkan melalui media seperti surat kabar atau televisi.
  • informasi: hal-hal yang diketahui atau dapat diketahui tentang topik tertentu; pengetahuan yang dapat dikomunikasikan tentang sesuatu; tindakan menginformasikan atau memberikan pengetahuan; pemberitahuan.

Dalam jurnalistik, berita didefinisikan sebaga laporan tentang peristiwa, situasi, atau kondisi yang terjadi pada saat itu dan harus disampaikan secepatnya kepada masyarakat. Berita adalah informasi yang kebenarannya sudah divertifikasi dan dicek oleh wartawan.

Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran dan pengalaman. Sekumpulan fakta yang telah diolah menjadi bentuk data untuk diberitahukan kepada orang lain guna memberikan pengetahuan atau keterangan. Informasi itu belum tentu benar keberadaannya.

Kesimpulan, informasi adalah kabar, keterangan, atau pemberitahuan. Berita adalah informasi tentang sebah peristiwa yang dipublikasikan di media massa. 

Jadi, berita merupakan bagian dari informasi. Semua berita adalah informasi, tapi tidak semua informasi merupakan berita.*


Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Perbedaan Informasi dan Berita

Contact Form

Name

Email *

Message *