Vlogging Dapat Meningkatkan Kelancaran Berbicara Anda

Follow @romel_tea
Vlogging Dapat Meningkatkan Kelancaran Berbicara Anda

BLOGGING meningkatkan keterampilan menulis (speaking skills) karena umumnya blog berisi konten tulisan. Blogger itu content creator tulisan.

Bagaimana dengan keterampilan berbicara (speaking skills). Kelancaran berbicara bisa dilatih dengan vlogging! 

Ya, benar! Ngevlog bisa melatih keterampilan berbicara, sebagaimana podcasting, dan sebagaimana blogging melatih keterampilan menulis. 

Vlogging adalah membuat konten video. Vlogging artinya video blogging. Ngeblog dengan konten video. Vlogger artinya orang yang membuat konten video.

Jika video Anda diupload di Youtube, maka Anda jadi Youtuber. Contoh kanal YouTube: Romeltea Media. Punya saya.

Postingan ini saya buat setelah berpikir, jika blogging melatih kemampuan menulis (artikel), maka vlogging harusnya melatih kemampuan berbicara dong?

Benar saja. Hasil Googling, banyak hasil studi menunjukkan, vlog bisa meningkatkan kemampuan berbicara, melatih speaking skills.

Vlogging Meningkatkan Kelancaran Berbicara 

Berikut ini salah satu postingan tentang bagaimana vlog dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Ada di laman Kaplan International. Berikut ini sadurannya.

Situs seperti YouTube penuh dengan vlog – video yang dibuat oleh orang-orang (kreator konten video) yang ingin membicarakan hobi atau minat mereka secara online. 

Jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan dan dinikmati audiens, itu adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri Anda – dan ini dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan berbicara Anda juga! 

Dengan vlogging, kita juga melatih kefasihan sekaligus keberanian berbicara di depan umum (public speaking).

Berbagi passion

Tidak ada gunanya duduk di depan kamera dan berharap Anda akan mengatakan sesuatu yang menarik! 

Pilih subjek yang Anda sukai – mungkin Anda punya banyak hal untuk dikatakan tentang berita, peristiwa terkini, atau olahraga? Atau mungkin Anda lebih suka berbicara tentang pengalaman Anda sendiri, misalnya tentang perjalanan atau belajar bahasa? 

Anda dapat memberikan tutorial tentang cara melakukan sesuatu yang Anda kuasai, seperti memainkan lagu atau mengambil foto. Jika Anda terjebak untuk mendapatkan inspirasi, lihat di YouTube dan lihat apa yang dibicarakan orang lain. Ini mungkin memicu beberapa ide.

Bahkan, jika Anda mengetahui subjek Anda dengan baik, luangkan waktu untuk menelitinya. Ini tidak hanya akan membantu Anda menjadi lebih berpengetahuan dan percaya diri di depan kamera, tetapi juga membantu Anda mempelajari kosakata dan idiom baru. 

Mendapatkan kepercayaan diri

Penting untuk terdengar percaya diri dan alami saat Anda vlogging. Ini bisa membutuhkan banyak latihan, tetapi jangan khawatir – ini akan menjadi lebih mudah jika Anda melakukannya lebih sering. 

Alih-alih mencoba mengingat apa yang akan Anda katakan, gunakan daftar ide yang bisa Anda lihat untuk menggerakkan ingatan Anda. Ketahui fakta dan opini Anda, lalu bicaralah dengan kamera seolah-olah itu adalah teman.

Ingat, Anda perlu berbicara sendiri sebentar di bagian Berbicara dalam ujian Anda. Satu menit bisa terasa seperti waktu yang sangat lama pada awalnya. Jenis latihan ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kefasihan Anda dan benar-benar akan membangun kepercayaan diri Anda.

Menjelajahi topik Anda

Buatlah video yang informatif dan menyenangkan yang berdurasi sekitar lima menit. Jangan mencoba membahas terlalu banyak topik yang berbeda – cerita yang terfokus membuat video menjadi lebih menarik. 

Lima menit mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi cukup banyak waktu untuk menggali detail satu atau dua subjek. 

Menjelaskan pemikiran Anda secara mendalam berarti Anda akan dapat menggunakan lebih banyak kosa kata dan mengembangkan keterampilan bahasa Anda saat Anda berlatih dan mempresentasikan. 

Berlatihlah memberikan pemikiran Anda tentang berbagai topik yang Anda minati atau Anda dengar.

Mengenal audiens Anda

Sebagian besar vlog direkam terlebih dahulu dan diunggah ke Internet, tetapi beberapa di antaranya sebenarnya direkam secara langsung dan dialirkan langsung ke pemirsa di platform seperti Instagram dan Facebook Live.

Apakah Anda lebih suka merekamnya atau melakukannya secara langsung, orang-orang yang menonton video Anda dapat memberi Anda komentar dan umpan balik. Ini berarti Anda dapat memulai percakapan nyata – dan mungkin mendapatkan beberapa teman internasional! 

Anda dapat menjawab pertanyaan pemirsa Anda di bagian komentar di YouTube atau Facebook.

Itu dia ulasan tentang vlogging dapat meningkatkan kelancaran berbicara. Anda bisa ngevlog menggunakan kamera ponsel atau kamera bawaan laptop. Tidak selalu harus memiliki alat lengkap content creator.

Usai rekaman, lakukan editing. Simak video Anda sendiri. Jika terlalu banyak bagian yang harus diedit, rekam ulang aja!

Keterampilan komunikasi seperti menulis dan berbicara itu bisa didapat dengan latihan. Blogging merupakan media latihan menulis. Vlog atau "video log" menjadi media latihan meningkatkan kelancaran berbicara.

Blogging dan vlogging sangat bagus jadi media pembelajaran di sekolah atau kampus. Siswa atau mahasiswa berlatih untuk mengasah keterampilan menulis dan berbicara.

Simak Video Podcast tentang Content Creator berikut ini:
 

Thanks for reading Vlogging Dapat Meningkatkan Kelancaran Berbicara Anda | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Vlogging Dapat Meningkatkan Kelancaran Berbicara Anda

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.