Menulis

Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis

Memanfaatkan Media Blog untuk Dakwah dan Bisnis Online.

SEBUAH pesantren modern mengundang saya untuk jadi pembicara dalam Stadium General bagi santri tingkat akhir. Tema atau materinya diserahkan sepenuhnya kepada saya.

Karena audiensnya "santri modern", maka saya pun menentukan topiknya yang "modern" juga alias kekinian, yakni media online, dalam hal ini blogging sebagai media dakwah dan bisnis.

Posting ini adalah "draft" materi yang akan saya sampaikan di sana akhir pekan ini (7/5/2016). Saya akan mengajak para santri atau alumni pesantren aktif ngeblog untuk dakwah dan bisnis, untuk akhirat sekaligus dunia. Amin...!

Pengertian Blogging

Blogging adalah aktivitas ngeblog, yakni membuat sebuah halaman (page) berupa situs pribadi (personal website) di internet.

Tempat blogging banyak. Terpopuler Blogger dan WordPress. Dua-duanya gratis. Cara membuatnya mudah, semudah membuat akun email atau akun Facebook.

Awalnya, blog --singkatan dari Website Log atau Weblog-- adalah halaman pribadi di internet berisi link atau tautan tulisan/berita ke situs lain. Blog menjadi semacam catatan harian online (online diary).

Saat ini ada ratusan juta blog di dunia. Jumlah blog di seluruh dunia saat ini diperkirakan mencapai 200 juta blog lebih. Menurut Statista, tahun 2011 saja jumlah blog mencapai 173 juta.


Setiap hari ada jutaan tulisan atau posting baru di blog. Jumlah posting blog per hari bisa disimak secara live (real time) di Blogging Statistics WorldMeters.

Saat saya menulis posting ini, Selasa 3 Mei 2016 Pkl. 23.00 WIB, statistik menunjukkan ada 4,1 juta lebih posting baru yang dipublish blogger di seluruh dunia.

Fungsi Blog

Blog juga masuk dalam kategori media sosial, yakni media interaksi dan berbagi, juga membangun jaringan dan pertemanan.

Saat ini, blog sama dengan website pada umumnya. Ia bisa menjadi situs pribadi, CV Online, tempat berbagi wawasan dan curhat, jadi media kampanye, serta media dakwah dan lahan bisnis --toko online, promosi online, outlet online, atau online store.

Sedikitnya ada 20 keutamaan (fadilah dan faidah) blog sebagaimana sudah saya tulis di 20 Manfaat Blog, mulai dari ekspresi diri, mengasah keterampilan menulis, hingga membangun jaringan pertemanan dan bisnis.

Saya akan mengajak para santri untuk menjadi mujahid dakwah di dunia maya --menjadi jundullah pembela Islam dan kaum Muslim di dunia siber--  sekaligus menjadi blogpreneur atau onlinepreneur. Insya Allah. Amin...!


Media Dakwah

Blog bisa dimanfaatkan sebagai media dakwah. Saat ini banyak sekali blog Islam --blog berisi posting seputar masalah keislaman. Jadilah blog sebagai media dakwah.

Blog dakwah yang dibuat santri, lulusan pesantren, atau ustadz, tentu akan lebih kredibel atau dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Secara, mereka memang ahlinya (ahli ilmu agama).

User internet lebih sering menemukan informasi di blog daripada situs berita. Pengguna internet bahkan banyak yang tidak sadar alias ngeh bahwa yang halaman yang sedang dibuka dan dibacanya adalah sebuah blog pribadi dan "gratisan".

Itulah kekuatan blog di mesin pencari, khususnya Google. Apalagi blog blogger/blogspot, lebih diutamakan oleh Google karena Blogger memang milik Google.

Internet menjadi sumber informasi utama saat ini. Orang ingin tahu apa saja, mencari apa saja, lewat internet atau Google. Sebuah survei menunjukkan, kebanyakan orang membuka internet untuk mendapatkan informasi, bahkan sebelum belanja ke pasar atau mall.

Sebuah hasil survei menunjukkan mayoritas (94%) orang mengandalkan internet sebagai sumber informasi. TV dan media sosial ada di posisi dua (82%) dan tiga (81%).

survei sumber informasisurvei sumber informasi


Citra Islam yang "babak-belur" di internet akan menjadi citra Islam di masyarakat dunia. Inilah tantangan para santri, ustadz, dan/atau ulama untuk menunjukkan Islam sebenarnya di internet --dengan blogging.

Butuh Skill Menulis dan Blogging

Untuk menjadikan blog sebagai media dakwah efektif, dibutuhkan keterampilan menulis (writing skills). Kalau "mentok" di bidang tulis-menulis, posting blog bisa berupa video-audio --blogger membuat video ceramah atau komunikasi lisan.

Konten blog itu multimedia, sebagaimana konten website pada umumnya. Bisa berupa tulisan (teks), gambar (foto/grafis), audio, video, dan animasi (gambar bergerak).

Menulis itu mudah. Syaratna cuma satu: NIAT. Ada niat, ada jalan. When there is a will there is a way. Siapa sungguh-sungguh, pasti bisa atau dapat. Man jadda wajada. 

So, just... go blogging! Create a blog NOW!

Blog sebagai Media Bisnis Online

blog bisnis online
Saat ini, blogging is business. Ngeblog bisa menghasilkan uang. Banyak sekali tisp menghasilkan uang dari blog, terutama dengan program Google AdSense, toko online, dan bisnis afiliasi (affiliate marketing).

Blog bisa "disulap" menjadi toko online, juga promosi jasa/produk.

Anda punya keahlian servis apa saja, bisa dipromosikan di blog, plus dukungan media sosial --Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin, dll.

Kita bisa menjadi BLOGPRENEUR atau wirausahawan blog --menghasilkan uang dengan blog. Kita bisa menjadi ONLINEPRENEUR atau wirausahawan online --menghasilkan uang di internet.

Modal utamanya adalah sebuah blog dan keterampilan mengisi blog itu dengan konten berkualitas --tulisan atau posting apa saja yang orisinal, karya sendiri, unik, menarik, dan bermanfaat --dicari dan dibutuhkan orang.

Banyak blogger mampu menghasilkan uang mulai dari 1-2 jutaan hingga ratusan juta rupiah per bulan. Contoh blogger yang sukses Make Money Blogging bisa disimak di The Richest.

Kunci sukses bisnis online adalah banyaknya pengunjung blog. Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak (trafik), maka konten blog harus berkualitas --orisinal, karya sendiri, unik, menarik, dan bermanfaat atau dicari dan dibutuhkan orang.

Demikian "draft" atau pokok materi Blogging untuk Dakwah dan Bisnis. Jika waktu mencukupi, saya akan berikan "materi ekstra" blogging for dakwah and business dengan praktik langsung plus Teknik SEO-nya. Insya Allah. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.